Home / Indonesia / Pantai Sembukan Paranggupito-Menyusuri Bukit Kapur Pesisir Selatan Wonogiri

Pantai Sembukan Paranggupito-Menyusuri Bukit Kapur Pesisir Selatan Wonogiri

Wonogiri atau yang lebih terkenal dengan kota gaplek lantaran banyaknya lahan penghasil singkong. Dulu, bagi masyarakat Wonogiri gaplek dijadikan sebagi bahan pangan bahkan kini beberapa orang juga masih menggunakannya. Tidak hanya memiliki kekayaan bahan pangan saja, Wonogiri juga mempunyai destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Jika, di tengah kota kita menemukan Waduk Gajah Mungkur maka, di pesisir selatan kita akan menemukan pantai cantik yang dianggap mistis. Pantai tersebut adalah Pantai Sembukan.

Konon, Pantai Sembukan dianggap sebagai salah satu pintu Nyi Roro Kidul untuk menuju kerajaannya yang berada di Laut Selatan. Pintu ini biasa digunakan untuk menghadiri pertemuan bersama raja-raja Kasunanan Surakarta (Paku Buwono). Hingga kini, Pantai Sembukan masih sering dijadika tempat untuk melakukan ritual-ritual tertentu. Salah satunya adalah ritual Larung Ageng yang digelar setiap malam 1 Suro dalam penanggalan Jawa untuk menghormati Sang Ratu Kidul. Ritual tersebut diadakan oleh pihak Kasunanan Surakarta bersama Pemkab Wonogiri dan masyarakat sekitar.

Suasana sejuk dengan pemandangan alam yang indah akan menyambut kita dengan ramahnya. Lautan biru dengan ombak besar yang saling berebut menyentuh pantai juga bukit hijau yang dibawahnya terdapat batu karang yang indah menawan. Kita bisa bermain pasir dan air sepuasnya. Namun, kita tidak diperbol;ehkan berenang lantaran banyak karang yang tajam dan ombak besar. Meski begitu, kita tetap bisa menikmati keindahannya dengan cara lain. Siapa saja akan terpukau dengan keindahan pantai yang diapit 2 buah bukit ini. Selain menyajikan pemandangan yang indah, pantai ini juga menyajikan pasir putih yang bersih. Sebelum turun ke area pantai, kita bisa menyusuri setiap bukitnya. Dari masing-masing sudut kita bisa melihat pemandangan Pantai Sembukan yang berbeda.

Untuk mencapai bukit sudah tersedia jalan yang memadai. Di setiap tempat juga terdapat gazebo dan gardu pandang. Kita bisa melihat birunya laut dan ombak yang berpadu dengan bukit kapur. Semilir angin pantai yang menyejukkan juga akan membuat kita betah berlama-lama di pantai cantik ini. Terutama jika menjelang sore, kita akan dimanjakan dengan keindahan panorama sunset diantara bukit karang. Moment inilah yang biasanya dicari oleh banyak wisatawan.

Berbagai fasilitas sudah tersedia demi memberi kenyamanan kepada para wisatawan. Terdapat area parkir yang luas, toilet berbayar, mushola, gazebo yang bisa untuk beristirahat melepas lelah, gardu pandang yang cukup tinggi untuk melihat keindahan sekitar pantai dari ketinggian, warung kecil dan warung makan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, juga berbagai peginapan dengan harga dan fasilitas yang beragam. Sehingga, jika kita berkunjung kita tidak perlu khawatir akan kenyamanannya.

Pantai Sembukan berjarak sekitar 64 km ke arah selatan dari Kota Wonogiri. Kita bisa menempuhnya melalui jalur Baturetno, Pacitan, Gunung Kidul, Pracimantoro maupun Wonogiri. Akses jalannya sudah beraspal dengan medan jalan berliku, tanjakan dan turunan. Berbagai jenis kendaraan bisa untuk menempuhnya.

 

HTM pada 29 April 2017:

-Rp5.000,- per orang

-Parkir motor Rp2.000,- dan mobil Rp5.000,-

 

Fasilitas: toilet, area parkir, mushola, gazebo, gardu pandang, warung kecil, warung makan, penginapan.

 

Tips Saat Berwisata Pantai Sembukan:

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan.

-Jika membawa kendaraan sendiri, pastikan dalam keadaan baik dan bahan bakar tercukupi.

-Bawa uang tunai yang cukup.

-Bawa pakaian bersih dan perlengkapan mandi (sekedar antisipasi jika kita bermain air).

-Jangan berenang di pantai.

-Jangan bermain air terlalu jauh dari pantai.

 

Lokasi: Pantai Sembukan

Dusun Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia.

Rute:

-Dari Baturetno (43 km, 1 jam 10 menit)>Jl. Raya Solo – Pacitan>Jl. Nasional III>Jl. Duwet – Giriwoyo/Jl. Giritontro – Giriwoyo/Jlgiriwoyo-Giritontro-Woryantoro/Jl. Raya Giritontro – Baturetno>Jl. Paranggupito>Pantai Sembukan, Paranggupito.

-Dari Wonogiri (64 km, 2 jam)>Kabupaten Wonogiri>Jl. Raya Solo – Pacitan>Jl. Nasional III>Jl. Duwet – Giriwoyo/Jl. Giritontro – Giriwoyo/Jlgiriwoyo-Giritontro-Woryantoro/Jl. Raya Giritontro – Baturetno>Jl. Paranggupito>Pantai Sembukan, Paranggupito.

-Dari Pacitan (54 km, 1 jam 30 menit)>Kabupaten Pacitan>Jalan Patrem>Jalan Mlati>Jalan Puk>Jl. Punung-Gondosari>Jl. Pacitan Donorojo>Jl. Nasional III>Jl. Duwet – Giriwoyo/Jl. Giritontro – Giriwoyo/Jlgiriwoyo-Giritontro-Woryantoro/Jl. Raya Giritontro – Baturetno>Jl. Paranggupito>Pantai Sembukan, Paranggupito.

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat