Home / Indonesia / Pantai Sigandu Semarang-Pantai Cantik Dengan Laut Biru Yang Menawan
Foto: dholan.com

Pantai Sigandu Semarang-Pantai Cantik Dengan Laut Biru Yang Menawan

Pantai Sigandu merupakan obyek wisata yang berada di kawasan pantai utara serta memiliki pemandangan indah dan tergolong sebagai pantai yang landai dengan ombak yang tidak terlalu tinggi. Pantai ini berada di Desa Klidang Lor Kecamatan Batang Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah.

Foto: pariwisata.batangkab.go.id

Dahulu tempat wisata ini merupakan pantai dengan kondisi lingkungannya yang penuh dengan semak belukar dan terkesan tidak terawat. Pada tahun 2002 Pemerintah Kabupaten mulai serius mengelola tempat ini menjadi sebuah tempat wisata dengan pembangunan berbagai fasilitas wisata serta akses jalan menuju ke pantai ini telah diperlebar dan diaspal, selanjutnya Pantai ini terus dilakukan pengembangan pariwisata dan diatur melalui Perda No. 14 Tahun 2004 tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata.

Untuk menuju ke tempat wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat Kota Batang yang berjarak sekitar 4 km dengan luas wilayah wisatanya sekitar 6,57 hektar. Bila ingin menuju ke tempat ini dari pusat kota Batang yaitu di alun-alun kota kita mengambil jalan menuju arah utara, selanjutnya kita terus mengikuti arah jalan menuju tempat wisata Pantai Sigandu. Di sepanjang jalan menuju pantai, kita akan melewati hamparan sawah dan tiupan angin yang berhembus membuat perjalanan kita tidak terasa.




Tempat wisata ini dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai dari jam 08.00 Wib sampai dengan 18.00 Wib. Memasuki pantai kita dapat berjalan kaki di pesisir pantai dengan menikmati angin  laut yang berhembus sepoi-sepoi serta kita  dapat juga berenang di lautmya yang berwarna kebiruan.

Foto: dholan.com

Pantai Sigandu ini memiliki pesona alam yang memukau dengan panorama yang eksotik serta sangat menawan di pagi dan siang hari. Karena keindahannya inilah membuat tempat ini menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi dan menjadi tempat wisata favorit di daerah Batang. Selain keindahan pantainya di tempat wisata ini juga memiliki berbagai fasilitas wisata yang cocok bagi keluarga. Untuk pengunjung yang malas berjalan kaki di sepanjang pantai, kita dapat menggunakan penyewaan kuda tunggang, delman atau onta tunggang yang terdapat di tempat ini.

Bagi pengunjung yang ingin bermain olahraga voli pantai, di sini juga telah disediakan tempatnya, sedangkan untuk anak-anak, oleh pengelola pantai disediakan juga sarana berupa playground yang aman dan bersih. Olahraga yang memacu adrenalin pun ada di tempat wisata ini yaitu flying fox serta motor ATV Tour.




Bila kita hobi olahraga mancing, di tempat ini juga telah disediakan kolam pemancingan, kita telah perlu membawa peralatan mancing dari rumah karena di tempat ini telah disediakan penyewaan alat pancing. Selain itu kita juga dapat berkeliling menikmati keindahan laut dengan menggunakan kapal yang telah tersedia di tempat ini. Jumlah kapal di tempat ini masih terbatas yaitu sekitar 5 buah.

Tempat wisata Pantai Sigandu akan terus berbenah dan mengembangkan tempatnya sebagai sarana wisata yang memiliki fasilitas lengkap. Saat ini pihak Pemerintah Kabupaten Batang telah bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia untuk menyediakan fasilitas wisata sea world, yaitu kolam penangkaran lumba-lumba serta berbagai arena rekreasi modern.

Foto: wisatajateng.com

Selain arena permainan, di pantai ini pun telah berdiri warung-warung dengan struktur bangunan tradisional dan berjejer rapi di sekitar pantai. Di warung ini kita dapat menikmati berbagai menu khas daerah namun kebanyakan menu yang disediakan yaitu menu makanan seafood.

Pengelola Wisata Pantai Sigandu juga sering melakukan upacara adat di tempat ini, upacara yang sering diselenggarakan yaitu Upacara Selamatan Pantai (Nyadran) dengan arak-arakan dan diikuti lomba perahu dayung tradisional yang melibatkan seluruh nelayan yang ada di Kota Batang. Biasanya upacara tersebut diadakan pada waktu Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang dilimpahkan.




Selesai menikmati suasana di Pantai Sigandu kita juga dapat menikmati obyek wisata lain yang terdapat tidak jauh dari tempat ini, yaitu obyek wisata Pantai Ujung Negoro yang memiliki wisata yang unik berupa goa-goa.

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat