Home / Tempat Wisata / PANTAI TANJUNG BIRA-PESONA PASIR PUTIH HALUS DAN LAUT BIRU

PANTAI TANJUNG BIRA-PESONA PASIR PUTIH HALUS DAN LAUT BIRU

Pantai Tanjung Bira merupakan sebuah obyek wisata yang cukup terkenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Obyek wisata Pantai Tanjung Bira adalah sebuah pantai yang mempunyai pemandangan yang cukup indah dengan pasir putih yang halus bak tepung serta lautnya yang tenang dan kelihatan biru membentang

bira-indah

LOKASI PANTAI TANJUNG BIRA

Letak obyek wisata ini terletak di ujung selatan pulau Sulawesi tepatnya berada di Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan.

RUTE PERJALANAN MENUJU PANTAI TANJUNG BIRA

Untuk menuju lokasi ini kita membutuhkan waktu sekitar 3 – 3,5 jam dari Kota Makassar, atau sekitar 45 menit dari kota Bulukumba.

bira-gerbang

Jarak tempat wisata ini dari kota bulukumba sekitar 40 Km bila ditempuh dari Makassar jarak yang harus kita lalui sepanjang 200 Km. Menuju tempat ini bila kita dari Kota Bulukumba dapat dilakukan dengan menggunakan Angkutan Umum Mikrolet dengan biaya Rp. 8.000,- sampai dengan Rp.10.000,- namun bila kita dari Kota Makassar kita dapat menggunakan Angkutan Umum Panther, Kijang atau Innova yang mempunyai tujuan ke Kota Bulukumba dari terminal Mallengkeri – Makassar, adapun biaya angkutan umum tersebut adalah sebesar Rp. 35.000,- per orang. Sesampai di Bulukumba barulah kita menggunakan angkutan umum Mikrolet menuju Pantai Tanjung Bira.

HARGA TIKET MASUK KAWASAN WISATA PANTAI TANJUNG BIRA

Memasuki  Tempat wisata ini kita akan melalui sebuah loket untuk tiket masuk, harga tiketnya adalah Rp. 5.000,-. Tempat ini dibuka setiap hari dari jam 08.00 – 17.00 Wita.

FASILITAS YANG TERSEDIA DI KAWASAN PANTAI

Setelah kita melewati Pintu Gerbang, bila dilihat suasana tempat ini seperti kita memasuki sebuah perkampungan dikarenakan didalamnya masih terdapat sekelompok penduduk yang tinggal menetap di kawasan obyek wisata Pantai Tanjung Bira. Mendekati Pantai kita akan menemukan banyaknya berdiri tempat penginapan yang berbentuk bungalow berjejer sampai dengan Pantai. Pantai Tanjung Bira ini memiliki pemandangan laut yang cukup indah, bila kita lihat hampir sama dengan Bunaken di Kota Manado. Hal ini membuat banyak turis mancanegara yang mengunjungi tempat ini.

bira

Di samping Warung yang berjejer rapi di pinggir pantai, tempat ini juga memiliki fasilitas seperti restoran, penginapan berupa villa dan bungalow dengan  tariff sekitar Rp. 100.000,-  sampai  dengan  Rp. 600.000,- per hari.

bira-resort

bira-resort2

 

Bila kita ingin menikmati langsung pemandangan alam laut Pantai Tanjung Bira, terdapat tempat untuk menyewakan berbagai alat selam diving dan snorkeling dengan biaya Rp. 45.000,-, namun bila kita ingin menikmati pemandangan di sekitar pantai, disediakan tempat untuk menyewa motor boat dengan biaya Rp. 100.000,-. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil disediakan tempat penyewaan ban dengan harga Rp. 3.000,- sampai dengan Rp. 5.000,- per jam.

birarame

PESONA PANTAI TANJUNG BIRA

Menuju Pantai kita akan menuruni beberapa anak tangga dikarenakan posisi Pantai Tanjung Bira yang berada dibawah, pada samping kanan berjejer warung atau kios yang menjajakan berbagai souvenir dan tempat penyewaan alat selam. Pantai ini membentang luas dengan hamparan pasir yang putih dan halus di bibir pantai. Di tempat ini kita banyak melihat  pengunjung khususnya dari mancanegara yang ingin menikmati langsung keindahan Pantai Tanjung Bira, disamping itu mereka juga biasanya menyewa kapal untuk dapat menyeberang ke pulau terdekatnya.

Pantai Tanjung Bira juga merupakan tempat penyeberangan bagi penduduk yang tinggal di seberang Pulau dimana bila di lihat terdapat dua Pulau yaitu Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Mereka biasanya membeli bahan-bahan makanan di Kota Bulukumba untuk kemudian dijual kembali di kedua Pulau tersebut. Kesibukan penduduk tersebut yang hilir mudik adalah salah satu bagian dari pemandangan unik buat kita.

bira-pagi

bira2

Di dekat Pantai Tanjung Bira yaitu 2 Km sebelum obyek wisata tersebut, kita dapat melihat Pelabuhan Bira yang akan mengantar kita untuk menyeberang ke Pulau Selayar yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Di Pulau ini kita akan banyak menemui berbagai obyek wisata lainnya selain Pantai Tanjung Bira, jarak tempuh menuju ke tempat tersebut sekitar 2 jam dengan menaiki Kapal ferry yang waktu seberangnya hanya 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore hari.

bira-pelabuhan

Selamat berwisata…

 

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.