Home / Kalimantan / Kalimantan Selatan / Banjarmasin / Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin-Sensasi Mendebarkan Saat Berbelanja Di Atas Kapal

Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin-Sensasi Mendebarkan Saat Berbelanja Di Atas Kapal

Pasar Terapung Muara Kuin adalah obyek wisata alam yang memiliki keindahan alam serta terdapat aktivitas warga yang cukup unik dan layak untuk dikunjungi. Tempat wisata ini berada di Muara Sungai Kuin di atas Sungai Barito Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.



Pada tahun 1526 di daerah antara Muara Kuin dan Sungai Barito berdiri sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Sultan Suriansyah. Pada masa inilah awalnya pusat perdagangan tradisional di muara kuin berkembang. Para pedagang dalam menjual dagangannya menggunakan perahu kecil yang terbuat dari kayu. Para pedagang kebanyakan Perempuan, mereka biasanya memakai pakaian tanggui dan caping lebar khas kota Banjar yang terbuat dari daun rumbia.

Untuk menuju lokasi Pasar Terapung ini dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Pusat Kota Banjarmasin. Aktifitas Pasar Terapung Muara Kuin berada di atas sungai Barito yang memiliki panjang sekitar 900 km, dan merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Selatan.

Bila kita ingin ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Banjarmasin keta telusuri Jalan Veteran kea rah luar kota, selanjutnya perjalanan terus kita susuri sampai ujung dan mengikuti petunjuk arah yang terdapat di pinggir jalan. Namun 2 km sebelum Muara Kuin kita akan melalui jalan yang tidak beraspal dan di sisi jalan terdapat beberapa sawah. Selain kendaraan bermotor kita juga dapat menggunakan perahu motor atau disebut juga kelotok. Untuk naik Kelotok ini kita dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,- sampai dengan Rp. 70.000,- . Dari kota Banjarmasin kita membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke tempat ini.




Untuk ke tempat wisata ini kita tidak perlu membeli tiket masuk dikarenakan tempatnya yang berada di kawasan yang terbuka namun bila ingin ke pasar terapung ini kita harus datang sebelum jam 09.00 karena aktifitas pasar terapung ini dimulai dari jam 07.00 sampai dengan 09.00 waktu setempat.

Pasar Tradisional Muara Kuin adalah pasar yang berada di atas Sungai Barito, Muara Kuin. Di sini kita dapat melihat berbagai aktifitas pasar yang menggunakan perahu kayu atau bila di Banjarmasin disebut juga dengan jukung. Untuk pembeli dan pedagang di pasar terapung ini diharuskan menggunakan jukung, biasanya para wisatawan banyak berada di jukung tersebut dikarenakan ingin juga larut dalam aktifitas pasar. Pembeli yang berbelanja akan diserbu oleh jukung-jukung yang berada di tempat ini dan terkadang jukung tersebut seperti ingin terbalik. Hal ini merupakan salah satu pemandangan yang unik dan seru serta jarang kita temui di tempat lain.

Bagi wisatawan yang ingin berkuliner disini kita juga dapat menemukan warung-warung makan yang berada di atas jukung, sambil melihat perahu yang hilir mudik serta pemandangan sekitar yang cukup indah kita dapat sekalian merasakan makanan khas Kota Banjarmasin yaitu Soto Banjar yang sangatlah enak bila dimakan dengan lontong.

Setelah bekuliner kita juga dapat berbelanja oleh-oleh, biasanya para wisatawan membeli kain khas Banjar yang merupakan hasil kerajinan tangan yaitu kain sasirangan. Kain ini dulunya digunakan sebagai ikat kepala (laung), juga sebagai sabuk yang dipakai lelaki atau sebagai selendang, kerudung, juga udat (kemben) wanita. Kain ini dibuat dengan menggunakan bahan kain mori, polyester yang dijahit dengan cara tertentu.







Bagi pengunjung yang ingin menginap cukup banyak hotel yang berada di sekitaran Kota Banjarmasin, mulai dari Hotel berbintang sampai dengan Hotel kelas melati.

Bila telah puas menikmati suasana Pasar Terapung, kita juga dapat berkunjung ke salah satu obyek wisata di daerah ini yaitu Mesjid Sultan Suriansyah yang merupakan obyek wisata religi.

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat