Home / Indonesia / Pemandian Air Panas Sariater Subang-Menikmati Sensasi Mandi Air Panas di Puncak

Pemandian Air Panas Sariater Subang-Menikmati Sensasi Mandi Air Panas di Puncak

Pemandian Air Panas Sari Ater merupakan obyek wisata pemandian air panas dengan suasana alamnya yang cukup indah dan sejuk. Obyek wisata ini terletak di daerah kawasan pegunungan Subang tepatnya di Desa Ciater, Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.

Pada awalnya tempat wisata ini adalah sebuah tempat pemandian biasa yang digunakan oleh masyarakat sekitar yaitu dari Desa Ciater, Palasari dan Nagrek. Oleh seorang peneliti berkebangsaan dari Belanda pada waktu itu yaitu Mr. Hack Bessel menemukan khasiat dari air pemandian tersebut yaitu dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit. Khasiat air pemandian tersebut lama-kelamaan santer di dengar oleh warga, maka lama kelamaan tempat ini ramai dikunjungi oleh warga dari berbagai tempat yang penasaran akan kebenaran berita tersebut. Mr. Hack Bassel sendiri membangun rumah tinggal di dekat pemandian ini.

Karena potensi alam di desa ini yang cukup baik dan telah banyak dikenal oleh warga, maka pada tahun 1968 oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pendapatan Daerah mulai membangun tempat ini sebagai obyek wisata.



Pada tanggal 20 Maret 1974 Pemda Kabupaten Subang menyerahkan pengelolaan Obyek Wisata ini kepada pihak swasta yaitu PT. Sari Ater yang saat itu dipimpin oleh Bapak H.A. Soewarna. Pada tahun 1980 pembangunan sarana prasarana obyek wisata ini dibangun secara besar-besaran guna meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini.

Untuk menuju ke tempat wisata Pemandian Air Panas Sari Ater ini dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi roda 2 ataupun roda 4. Bila kita dari daerah Bandung dapat menempuh jarak sekitar 32 Km, dari Lembang menempuh jarak sekitar 15 Km, dari Subang jaraknya sekitar 30 Km, sedangkan dari Jakarta melalui Tol Cikampek membutuhkan waktu sekitar 185 Km atau sekitar 2.5 jam perjalanan.
Selama dalam perjalanan ke tempat wisata ini kita akan melalui pemandangan pegunungan yang cukup indah dan di antaranya terdapat berbagai tempat wisata. Obyek wisata Pemandaian Air Panas ini memiliki daerah yang cukup luas, yaitu sekitar 30 Ha. Oleh karena itu tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau rombongan.

Untuk masuk ke tempat ini kita harus membeli tiket masuk seharga Rp. 12.000,- per orang. Tempat wisata ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan, adapun waktu bukanya yaitu setiap hari.
Suhu air panas yang terdapat pada pemandian di tempat wisata ini yaitu sekitar 43 derajat celcius sampai dengan 46 Derajat celcius. Di tempat ini pula terdapat berbagai kolam air yang digunakan pengunjung untuk berendam dan memiliki suhu air sekitar 37 sampai dengan 42 derajat celcius. Kolam yang ada memiliki nama antara lain Kolam Mayang Sari harga tiket masuknya yaitu Rp. 20.000,-, Kolam Wangsa Dipa tiket masuknya yaitu Rp. 12.500,- Kolam Wulan Sari tiket masuknya yaitu Rp. 8.500,-.

Selain Pemandian air serta Kolam rendam, di tempat ini juga memiliki fasilitas olah raga seperti Basket,Volley, Wahana anak-anak, tea walk, paint ball games, serta Gokart off Road, sedangkan fasilitas rekreasinya yaitu perahu dayung, lahan perkemahan serta area Piknik.




Bila kita ingin bermalam, ditempat ini juga disediakan fasilitas resort yang mempunyai tempat sekitar 103 kamar dan bungalow dengan berbagai tipe dan harga, disamping itu terdapat juga fasilitas restaurant dan bar bila kita ingin bersantai sambil menikmati suasana alam yang indah dan cukup dingin ini.
Pemandaian air panas Sari Ater ini mempunyai pemandangan alam yang didalamnya banyak tumbuh berbagai pepohonan yang tinggi dan rindang, serta air terjun yang berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Di samping pemandangan alamnya Disekitar tempat wisata ini kita juga akan melihat pemandangan pegunungan yang tinggi menjulang terutama Gunung Tangkuban Perahu yang letaknya tidak jauh dari tempat ini.

Bila kita puas dengan Pemandian Air Panas Sari Ater, kita dapat juga mengunjungi obyek wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Kawah Tangkuban Perahu. Jarak menuju ke tempat ini yaitu sekitar 7 Km atau memerlukan waktu sekitar 15 menit dari Sari Ater ini.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat