Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Pantai Samas Yogyakarta-Pesona Keindahan Yang Selalu Membekas

Pantai Samas Yogyakarta-Pesona Keindahan Yang Selalu Membekas

Yogyakarta memang tidak ada habisnya untuk dibahas terutama pariwisatanya. Kota yang dikenal sebagai kota pelajar ini mempunyai banyak destinasi mulai dari wisata bermain, wisata alam hingga wisata edukasi. Tidak hanya memfasilitasi liburan masyarakat lokal namun juga memfasilitas wisatawan dari berbagai penjuru kota bahkan dunia. Wisatawan berbondong-bondong ke Yogyakarta hanya untuk menikmati pesona-pesona tempat wisata yang mempunyai panorama berbeda dengan wisata lainnya. Seperti objek wisata pantai, Pantai Samas yang merangkap sebagai laguna dan tempat penangkaran penyu.



Pantai Samas merupakan salah satu pantai yangberada di Desa Sridading, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Pantai Samas terkenal sebagai pusat penagkaran ikan, penyu dan udang galah. Pantai Samas juga menjadi sentral memancing beragam jenis ikan. Pantai SamasĀ  mempunyai laguna atau pangklik, sebuah danau alami yang terbentuk dari adanya pertemuan dua sungai. Laguna digumakan sebagai pusat wisata kuliner, pusat memancing dan pusat berkumpulnya perahu nelayan. Di mana laguna juga terdapat berbagai wahana, bermain, gardu pandang, tambak udang, dan berbagai macam tempat makan olahan hasil laut.

Ombak besar Pantai Samas mampu menarik perhatian para pecinta selancar. Delta sungai dan kesejukan danau air tawar juga tak kalah menariknya untuk dinikmati sambil menghirup udara pantainya yang segar. Kita bisa menghabiskan waktu di sepanjang laguna maupun di area bibir pantai yang berpasir hitam. Atau bisa juga berkeliling laguna dan laut dengan naik kapal. Dari kejauhan tampak terlihat pegunungan gunung kidul yang berderet rapi. Di tambah dengan hamparan sawah dan juga perumahan warga semakin menambah pemandangan semakin serasi. Lebih indah lagi pada waktu sore, kita bisa melihat keindahan lukisan senja dengan deburan ombak yang memeriahkan suasana.



Kemudian kita bisa beranjak ke penangkaran penyu, tempat dimana penyu-penyu dirawat selama 3 bulan kemudian dilepaskan ke laut lagi. Pada waktu tertentu induk penyu akan ke pantai, bertelur dan meninggalkan telurnya. Telur tersebut lalu diambil oleh pihak penangkaran, dipindahkan ke sarang buatan sampai telur penyu menetas. Kemudian setelah menetas, penyu dipindah lagi ke kolam perawatan dan diberi asupan makanan yang bergizi seperti ikan cacah dan telur semut (kroto). Setelah 3 bulan, penyu sudah beranjak besar dan kemungkinan juga sudah mampu menghadapi berbagai cobaan di laut. Penyu kemudian dibawa ke pantai untuk dilepaskan ke laut. Adapun jenis penyu yang singgah di Pantai Samas yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu blimbing, dan penyu lekang. Sebelum ada penangkaran, dulu telur penyu bahkan penyu juga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk dijual. Namun, begitu ada penangkaran hal tersebut sudah berkurang bahkan sudah menghilang.

Pantai Samas masih menjunjung tinggi adat istiadatnya, pada hari-hari tertentu sering diadakan upacara adat seperti Labuhan Sedekah Laut dan Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro. Pada saat itulah Pantai Samas dibanjiri wisatawan dan juga masyarakat setempat yang sedang menjalankan upacara adat.




Pantai Samas bersebelahan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Patehan. Tempatnya strategis dan akses jalannya pun juga sudah baik. Mudah ditempuh dengan berbagai macam kendaraan hingga sampai di kawsan pantai. Berbagai fasilitas sudah tersedia dengan baik termasuk area parkir yang luas, toilet, tempat ganti, mushola, warung kecil, gazebo, kapal dan wahana bermain.

HTM pada Januari 2017:

Rp4.000,- per orang

Parkir Rp5.000,- per mobil dan Rp2.000,- per motor

Sewa kapal Rp10.000,-

 

Fasilitas: area parkir, toilet, tempat ganyi, mushola, warung, kecil, gazebo, gardu pandang, kapal wahana bermain dan wisata pangklik (laguna).

 

Lokasi: Pantai Samas

Srigading, Sanden, Srigading, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763, Indonesia

Rute:

-Dari Yogyakarta (27 km, 50 menit)>Yogyakarta>Jl. Mataram>Jl. Mayor Suryotomo>Jl. Brigadir Jenderal Katamso>Jl. Parangtritis>Jl. Cepit-Tembi>Jl. Bantul>Jl. Jend. Sudirman>Jl. Kh. Ahmad Dahlan>Jl. Kh. Wahid Hasyim>Jl. Samas>Pantai Samas, Srigading, Sanden, Srigading, Bantul.

 

 

Selamat Berwisata…

 




Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat