Home / Tempat Wisata / PESONA OBJEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR WONOGIRI
Ojek Wisata Waduk Gajah Mungkur

PESONA OBJEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR WONOGIRI

 

Anda mencari lokasi wisata air yang lengkap fasilitasnya?

Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Jawa Tengah, tempatnya.

Objek wisata ini terletak kurang lebih 32 kilometer di selatan Kota Solo. Dari Wonogiri ke selatan sekitar 3 kilometer, WGM berada di timur jalan.

waduk-gajah-mungkur

Dalam komplek waduk gajah mungkur terdapat Obyek Wisata Air yang bisa anda nikmati seperti Perahu menuju ke Karamba, Banana boat, Parasailing, Jet sky, dan yang paling baru perjalanan mengelilingi waduk dengan kapal Pesiar berukuran kecil. Di dalam kompleks obyek wisata dapat ditemukan Kebun Binatang yang menampung berbagai jenis satwa. Ada Kereta Kelinci yang mengelilingi kompleks, Pusat kuliner ikan bakar dan ikan goreng hasil dari waduk, dan ada pula Water Boom di dalam komplek wisata gajah mungkur. Dan yang tidak kalah seru, di sana anda juga dapat melihat keindahan waduk dari atas dengan paralayang dari bukit gantole, menikmati panorama sunset di sore hari.

paralayang

 

Di sekitar WGM terdapat lapangan WGM yang digunakan untuk acara hiburan setiap akhir pekan. Setiap Hari Raya Idul Fitri, rutin diadakan event pariwisata Gebyar Gajah Mungkur selama dua minggu di Obyek Wisata/Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur. Pada event ini diadakan pentas kesenian selama dua minggu berupa pentas orkes melayu, campur sari dll dengan tujuan untuk menghibur masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Event pariwisata ini dikunjungi oleh 100.000 pengunjung. Puncak Gebyar Gajah Mungkur dengan atraksi budaya Sedekah Bumi yaitu berupa pelaksanaan upacara ritual oleh Bupati Wonogiri dengan menyebar ketupat kepada pengunjung yang ada, setelah penyebaran ketupat dilanjutkan dengan atraksi tari-tari tradisional di Obyek Wisata Sendang Asri.

Event pariwisata Gelar wisata budaya dilaksanakan juga di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, pada bulan Sura setiap tahunnya, dengan menampilkan berbagai atraksi budaya adat Kabupaten Wonogiri antara lain :

  • Kegiatan ruwatan masal, yang setiap tahun diminati oleh kurang lebih 200 orang, baik masyarakat sekitar maupun masyarakat luar Wonogiri.
  • Jamasan Pusaka Milik Mangkunegara I
  • Tari Tradisional khas Wonogiri

Nah, demikian sedikit ulasan mengenai objek wisata Waduk Gajah Mungkur. Datang dan buktikan langsung keindahan pesona kota Gaplek ini.

 

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.