Home / Indonesia / Pulau Cemara Kecil-Keindahan Pulau Tak Berpenghuni Di Dekat Pulau Karimunjawa

Pulau Cemara Kecil-Keindahan Pulau Tak Berpenghuni Di Dekat Pulau Karimunjawa

Karimunjawa, pulau indah yang berada di pesisir Laut Utara Jawa tepatnya di Kabupaten Jepara ini mempunyai pesona dan panorama yang menawan. Lautnya yang jernih memancarkan apa yang ada di dalamnya. Terumbu karang dan ikan-ikan berenang pun bisa kita lihat dengan mata telanjang. Pemandangan alam disekitarnya pun juga tak kalah menawan. Di Karimunjawa sendiri mempunyai banyak destinasi pantai yang indah. Begitu juga dengan 27 pulau disekitar Karimunjawa seperti Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, Pulau Parang, Pulau Genting, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Kembar, Pulau Seruni dan masih banyak lagi. Diantara pulau-pulau tersebut ada yang berpenghuni dan dominan tidak berpenghuni.

Pulau Cemara Kecil menjadi salah satu contoh pulau yang tidak berpenghuni, pulau ini memiliki destinasi wisata pantai yang indah. Kita bisa menempuhnya dengan menggunakan kapal dari Pulau Karimunjawa. Dinamakan Cemara Kecil lantaran di kawasan pulaunnya terdapat banyak pohon cemara yang sangat rindang. Sama-sama memiliki hutan cemara namun, hutan cemara di Pulau Cemara Kecil lebih kecil/sedikit dibandingkan dengan Pulau Cemara Besar. Itulah mengapa pulau cantik ini diberi nama Pulau Cemara Kecil.

Selain mempunyai hutan cemara, pulau ini juga memiliki pantai dengan pasir putih yang lembut. Air lautnya jernih sehingga, akan tampak pemandangan bawah laut dari atas perairan. Pantainya yang dangkal juga memungkinkan kita untuk berenang, diving maupun snorkeling. Dengan menyelam atau tidak, kita tetap bisa menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Terumbu karang yang memukau dan ikan-ikan akan nampak dengan jelas. Karena tidak berpenghuni, pantai yang membentang di kawasan pulau seluas 1,5 hektar ini masih sangat bersih, terjaga keberadaannya dan tidak ada satupun sampah yang berceceran dimana-mana.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di Pulau Cemara Kecil, selain berenang, diving dan snorkeling kita juga bisa bermain pasir, menangkap ikan kemudian membakarnya, duduk di tepian pantai sambil menikmati panorama yang ada, berkeliling di lautnya sembari melihat aktifitas perairan dari atas kapal maupun sekedar berjalan santai mengitari pulau yang penuh dengan pohon cemara tersebut. Tempatnya sangat nyaman, sepi dan jauh dari suara-suara bising perkotaan. Yang terdengar hanya deburan ombak kecil dan burung-burung yang habitatnya di kawasan hutan cemara. Berada di Pulau Cemara Kecil akan membuat siapa saja merasa di pulau sendiri. Bahkan akan enggan untuk beranjak pergi meninggalkan pulau nan cantik ini.

Pulau ini sangat cocok untuk kita menghabiskan waktu libur bersama keluarga dan teman-teman. Meski punya keindahan yang tidak ada banding sayangnya, Pulau Cemara Kecil tidak berpenghuni sehingga tidak terdapat penginapan atau sejenisnya. Jika kita hendak menginap kita harus kembali ke Pulau Karimunjawa dan mencari penginapan di sana. Agar perjalanan kita selama di Pulau Karimunjawa berjalan dengan lancar, kita bisa menyewa tour guide. Tour guide akan membawa kita menyusuri sudut pulau di kawasan Karimunjawa. Selain itu tour guide juga akan membantu kita dalam mengurus segala keperluan termasuk penginapan dan pesta barbeque.

 

Untuk bisa sampai di Pulau Cemara Kecil, kita harus naik kapal KMP Muria dari Pelabuhan Kartini Jepara menuju Pulau Karimunjawa. Waktu yang akan kita tempuh sekitar 2-3 jam. Jika menggunakan kapal dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang membutuhkan waktu sekita 5-6 jam. Kemudian setelah sampai di Pulau Karimunjawa, kita melanjutka perjalanan laut dengan naik kapal nelayan menuju Pulau Cemara Kecil. Dengan waktu sekitar 30-60 menit, kita akan sampai di pulau indah yang akan kita tuju. Di sepanjang perjalanan kita tidak akan henti-hentinya dimanjakan dengan panorama alam yang mempesona, terlebih lagi pemandangan bawah laut yang tampak dari atas perairan.

Tips Saat Berwisata Pulau Cemara Kecil:

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan.

-Sediakan uang tunai yang cukup untuk membayar sewa kapal.

-Bawa bekal makanan ringan dan perlengkapan rekreasi; tikar, bekal makanan, minuman, peralatan makan, dll.

-Pastikan mengecek jadwal keberangkatan kapal KMP Muria menuju Pulau Karimunjawa, karena kapal tersebut hanya beroperasi pada hari-hari tertentu saja.

-Usahakan untuk menyewa penginapan di Karimunjawa terlebih dahulu sebelum menjelajah pulau di sekitarnya, karena banyaknya pengunjung bisa membuat kita kehabisan penginapan yang kita inginkan. banyaknya pulau tak berpenghuni juga mengakibatkan banyaknya wisatawan yang berkunjung akan menginap di Karimunjawa.

-Sebaiknya menyewa tour guide agar perjalanan kita lancar dan kita bisa memperoleh berbagai informasi di tengah perjalanan.

 

Lokasi: Pulau Cemara Kecil

Rute:

-Dari Pelabuhan Kartini Jepara naik kapal KMP Muria menuju Pulau Karimunjawa>dari Karimunjawa naik kapal nelayan menuju Pulau Cemara Kecil.

-Dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang naik kapal cepat menuju Pulau Karimunjawa> dari Karimunjawa naik kapal nelayan menuju Pulau Cemara Kecil.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat