Home / Indonesia / Napak Tilas Sejarah Rumah Soekarno Yang Masih Lestari

Napak Tilas Sejarah Rumah Soekarno Yang Masih Lestari

Napak Tilas Sejarah Rumah Soekarno Yang Masih Lestari

Karawang, kota yang terkenal dengan pemasok beras terbesar di Indonesia ini bukan hanya memiliki pemandangan sawah yang indah namun juga memiliki tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah wisata sejarah Rengasdengklok, rumah pengasingan Presiden pertama RI. Meski sudah 70 tahun silam, rumah yang masih menggunakan kayu ini masih terjaga dan terawan dengan baik. Sehingga, generasi yang sekarang juga bisa menyaksikan saksi bisu perjuangan Pak Karno.

Rumah Soekarno berada di bantaran Sungai Citarum kemudian dipindah sejauh 150 meter ke Kampung Bojong. Berisi foto-foto sejarah Soekarno dan Hatta di rumah milik Djiaw Kie Song. Tidak hanya itu saja, di rumah tersebut juga terdapat ranjang kuno yang sempat dijadikan sebagai tempat tidur Soekarno dan Hatta.

Masih menggunakan lantai ubin petak kecil berwarna kecoklatan yang di padukan dengan dinding kayu  warna hijau. Penataan ruangnya begitu rapi, ruang tamu yang begitu sederhana menyambut tamu yang datang dengan ciri khas kuno. 2 tempat tidur yang sama-sama menggunakan dipan yang terbuat dari kayu begitu kokoh tak usang dibawa zaman. Foto dan benda bersejarah lannya juga memenuhi seluruh ruangan yang tidak terlalu luas tersebut.

Dari luar tampaknya seperti rumah biasa dengan dinding kayu bercat putih. Namun, di dalamnya menyimpan beragam rekam jejak perjuangan Soekarno. Tidak hanya tempatnya yang unik, suasana yang ada di sekitar rumah Soekarno pun juga begitu nyaman. Sehingga, siapapun yang berkunjung pasti akan betah dengan suasana pedesaan yang lekat. Di halaman depan terdapat pepohonan rindang yang menaungi dari panasnya mentari.

Untuk memasuki rumah bersejarah tersebut, Anda tidak dikenakan biaya. Namun, di dalam terdapat kotak amal sebagai bentuk kontribusi untuk perawatan rumah tersebut. Tidak ada nominal yang dibakukan, secara sukarela besar kecil tidak menjadi masalah apapun. Kemudian, sebagi tamu Anda juga harus mengisi buku tamu yang dipegang oleh pihak pengelola.

Rengasdengklok

Untuk sampai di kediaman Soekarno ini, Anda bisa menempuhnya dari pusat kota Karawang sekitar 30 menit. Di sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sawah yang luas membentang. Hingga tak terasa perjalanan Anda sudah berakhir, sampai di rumah Soekarno. Rumah Soekarno berada di dekat Monumen Kebulatan Tekad, monumen ini dulunya adalah markas PETA Rengasdengklok.  Anda pun bisa sekaligus berkunjung ke 2 tempat bersejarah dalam satu waktu.

 

Lokasi: R.Dengklok Utara, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41352 Indonesia

HTM: gratis

 

Selamat Berwisata…

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*