Home / Aceh / RESEP KULINER ASAM PADEH (ASAM PEDAS)

RESEP KULINER ASAM PADEH (ASAM PEDAS)

Asam padeh (bahasa Minangkabau) atau asam pedas (bahasa Indonesia) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang memiliki cita rasa asam dan pedas. Masakan ini menggunakan berbagai jenis ikan laut seperti ikan tongkol, kakap, tenggiri, tuna, ikan kembung, gurami, dan cumi-cumi sebagai bahan utama yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya.

Kuliner ikan asam pedas dikenal secara meluas di Sumatera dan di Semenanjung Melayu. Kuliner ini dikenal baik dalam khazanah seni memasak Minangkabau ataupun Melayu. Kuliner asam pedas Minang dapat ditemukan dengan mudah di seluruh Rumah Makan Padang yang ada di Indonesia dan Malaysia, bahkan telah menjadi masakan khas masyarakat Melayu dan Aceh. Namun racikan bumbu-bumbu yang digunakan berbeda menurut daerah masing-masing.

Asam pedas merupakan kuah yang di dalamnya terdapat bumbu pedas dan asam yang dilengkapi dengan sayur-sayuran. Di Aceh, asam pedas sangat jarang menggunakan sayur, melainkan dipadukan dengan ikan tongkol yang disebut Asam Keueng. Sedangkan di Riau, biasanya dipadukan dengan ikan patin, ikan baung, ikan selais, dan ikan gabus. Di Kepulauan Riau, asam pedas lebih sering dipadukan dengan ikan kakap.

Berikut adalah resep asam padeh atau asam pedas yang dapat Anda coba.

 

Bahan-bahan:

-1 ekor ikan laut (tongkol, kakap, tenggiri,dll)

-2 biji asam kandis

-1 batang serai (digeprek)

-1 lembar daun jeruk

-1 lembar daun salam

-750 ml air

 

Bumbu Halus:

-12 butir bawang merah

-3 butir bawang putih

-50 gr cabe merah rawit & keriting

-1 ruas jahe

-1 ruas lengkuas

 

Cara Memasak:

  1. Siapkan panci, tuang air ke dalam panci. Rebus sampai mendidih.
  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan bumbu lain (asam kandis, daun salam, daun jeruk, serai) ke dalam panci. Tunggu sampai bberbau harum dan kuah sedikit menyusut.
  3. Masukkan ikan, masak dengan api kecil. Tutup panci, biarkan sampai bumbu meresap ke dalam ikan. (Aduk sesekali)
  4. Tunggu sampai kuah menyusut dan bumbu meresap ke dalam ikan.
  5. Angkat. Asam padeh siap untuk dinikmati.

 

Catatan:

-bahan utama ikan bisa diganti dengan daging atau ayam dengan bumbu dan resep yang sama.

-untuk menambah keasaman bisa ditambahkan belimbing sayur/belimbing wuluh.

-ikan bisa digoreng terlebih dahulu

 

 

Selamat Mencoba…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat