Home / Tempat Wisata / SITU CIBURUY

SITU CIBURUY

Situ Ciburuy merupakan obyek wisata danau yang memiliki pemandangan yang indah, adapun letak tempat wisata ini berada di Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Pada Tahun 1918, oleh penduduk di daerah sekitar desa Ciburuy membendung dua buah aliran sungai yang ujungnya berada di Desa Ciburuy, gunanya yaitu untuk mengairi sawah-sawah di desa. Selang beberapa lama ternyata bendungan tersebut makin tinggi dan menggenangi wilayah yang cukup luas, sehingga membentuk sebuah situ atau danau.

Di tengah-tengah danau tersebut terdapat sebuah daratan yang mirip sebuah pulau, dikarenakan kondisi tanahnya yang cukup tinggi sehingga tidak tergenang oleh air bendungan.

Penduduk setempat akhirnya menamakan tempat ini menjadi situ Ciburuy, Situ artinya Danau sedangkan Ciburuy adalah nama desa.

Foto: bandung.panduanwisata.com

Foto: bandung.panduanwisata.com

 

ciburuy

Foto: indonesiana.merahputih.com

Untuk menuju lokasi ini memerlukan waktu sekitar ½ jam dari Kota Bandung bagian barat, sedang luas wilayah tempat wisata ini yaitu sekitar 25 hektar.

Bila kita ingin ke Situ Ciburuy dengan menggunakan kendaraan pribadi dari kota Jakarta kita menuju kota Bandung sekitar 3 jam perjalanan, selanjutnya kita mengarah ke arah Barat Bandung. Jarak antara Kabupaten Bandung Barat dengan Situ sekitar 5 Km dengan waktu tempuh sekitar ½ jam perjalanan, namun bila kita berada di Pusat Kota Bandung kita membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 35 Km.

Bila menggunakan angkutan umum, kita dapat menggunakan transportasi Damri dari Alun-alun Kota Bandung dengan jurusan ke Ciburuy.

Sesampai di pintu gerbang Obyek Wisata Situ Ciburuy kita diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp. 7.500,- per orang, situ ini dibuka setiap hari mulai jam 08.00 sampai dengan 17.00.

Memasuki pinggir danau kita akan melalui jalan yang telah tertata rapih dan bersih, di dalamnya telah tersedia beberapa fasilitas untuk pengunjung nikmati, yaitu terdapat beberapa kedai makanan dan minuman serta buah-buahan untuk oleh-oleh. Disamping itu terdapat juga pentas kesenian, rumah makan dan fasilitas lainnya. Di bibir danau kita telah disediakan beberapa gazebo yang bisa kita tempati untuk sekedar beristirahat sambil menikmati suasana alam di sekitar situ Ciburuy.

wisata-situ-ciburuyair

Foto: wisatabdg.com

Foto: wisatabdg.com

Bila kita ingin menikmati langsung suasana danau di tempat ini, oleh pengelola telah disediakan beberapa perahu tradisional yang dapat kita sewa,, kita cukup membayar  seharga Rp. 50.000,- untuk sekali putaran mengelilingi danau yang ditengah-tengahnya terdapat sebuah pulau itu.

Selain perahu tradisional, disini juga disediakan perahu karet angsa atau perahu yang dapat kita kayuh, harga tarifnya yaitu sebesar Rp. 20.000,- dengan kapasitas 2 orang untuk satu kali putaran.

Situ Ciburuy memiliki pemandangan alam yang cukup indah, disekitarnya tumbuh pohon-pohon yang cukup tinggi dan rindang. Selain itu kita juga dapat melihat latar pemandangan berupa pegunungan yang berada di sekitar Kota Bandung. Bagi pengunjung yang merindukan suasana pedesaan yang asri dan alami, tempat ini sangatlah cocok untuk dikunjungi.

Foto: panoramio.com

Foto: panoramio.com

Setelah puas menikmati suasana Situ Ciburuy ini kita juga dapat menikmati obyek wisata alam lainnya yang berada tidak jauh dari kota Bandung, yaitu obyek wisata Maribaya. Dengan menempuh waktu selama 45 menit dari Kota Bandung kita sudah dapat sampai di Maribaya.

Foto: indonesia.tripcanvas.com

Foto: indonesia.tripcanvas.com

 

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*