Home / Indonesia / Situs Trowulan Mojokerto-Menelusuri Jejak Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Masih Tertinggal

Situs Trowulan Mojokerto-Menelusuri Jejak Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Masih Tertinggal

Indonesia dulu merupakan kawasan kerajaan, tidak heran jika hingga kini banyak ditemukan situs-situs peninggalan sejarah. Salah satunya adalah Mojokerto, Jawa Timur. Di kawasan seluas 100 km tepatnya di Kecamatan Trowulan terdapat banyak situs yang masih tertinggal. Konon, dulu kawasan tersebut merupakan kawasan Kerajaan Majapahit sebelum pindah ke Kediri. Banyaknya situs sejarah yang tertinggal kemudian, kawasan tersebut diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Situs yang tidak bisa dipindah masih berada di tempatnya namun, keberadaannya terpencar satu sama lain. Sedangkan, situs yang bisa dipindahkan kini dikumpulkan dan dijaga kelestariannya di dalam Museum Trowulan. Dari sekian situs yang ada, kabarnya itu belum seberapa lantaran banyak juga situs yang dicuri dan diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Diberi nama Situs Trowulan karena letak situs bersejarah tersebut berada di Kecamatan Trowulan. Sehingga, Trowulan dirasa cocok untuk dijadikan nama situs yang banyak dikunjungi wisatawan tersebut. Di kawasan Trowulan terdapat 17 titik situs sejarah yang terpencar jauh antara lain Candi Tikus, Gapura Bajang Ratu, Gapura Wringin Lawang, Candi Brahu, Makam Putri Cempa, Kolam Segaran, Candi Menok Jingga, Watu Unpak, Makam Troloyo, Balong Bunder, Nglinguk, Candi Kedaton, Sentonorejo, Candi Sitinggil, Candi Jedong, Balai Penyelamatan dan Situs Pengrajin Emas Perunggu.

Dari banyaknya situs peninggalan berupa kronik, prasasti, simbol, catatan, candi, makam, kolam, gapura, reruntuhan bangunan dan situs dalam bentuk lainnya. Beberapa situs masih terjaga kelestariannya dan digunakan sebagai objek wisata sejarah. Dengan begitu masyarakat luas bisa mengetahui bahwa ada kehidupan yang besar sebelum mereka lahir. Dan untuk lebih jelasnya para wisatawan bisa melanjutkan penelusuran sejarah di Museum Trowulan (Museum Majapahit) yang berada di Jl. Pendopo Agung, Desa Trowulan, Kec. Trowulan, Mojokerto.

Untuk menemukan berbagai situs sejarah tersebut kita harus menyinggahi beberapa tempat yang berbeda. Karena kawasan Kerajaan Majapahit begitu luas bahkan kawasannya mencapai Jombang. Namun, situs peninggalannya yang paling terkenal yaitu berada di kawasan Mojokerto. Kita bisa menemukan berbagai gapura megah yang masih berdiri dengan kokoh. Gapura tersebut merupakan pintu gerbang, pintu masuk depan dan pintu masuk belakang yang masing-masing terpencar cukup jauh.

Masing-masing situs menpunyai ciri khas yang berbeda namun, arsitektur Budha tetap melekat dengan indahnya. Keunikan bangunannya yang masih menggunakan bebatuan dan batu bata yang tertata dengan rapi membuat siapa saja terkagum dengannya. Berdiri kokoh diantara peradaban modern masa kini membuat situs tersebut lain dari yang lain sehingga, semakin hari semakin mengundang rasa penasaran para wisatawan.

Untuk sampai di Trowulan, kita bisa menempuhnya dari Surabaya-Sidoarjo-Mojokerto-Trowulan melalui lintas Jalan Raya Surabaya-Jombang.

 

Lokasi: Situs Trowulan

Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat