Home / Sumatra / Sumatera Selatan / SUNGAI MUSI-PALEMBANG

SUNGAI MUSI-PALEMBANG

Sungai Musi adalah obyek wisata alam berupa sebuah sungai yang memiliki keindahan alam serta menjadi salah satu pusat aktifitas niaga bagi sebagian warga di sekitar Sungai. Sungai Musi ini juga merupakan salah satu icon wisata yang diandalkan dan terletak di Pusat Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan.

sungai-musi-tiru-konsep-thailand

Sungai Musi telah berada sejak jaman kerajaan maritim Sriwijaya dan kerajaan Majapahit, pada waktu itu  sungai ini menjadi pintu gerbang bagi pedagang-pedagang yang ingin masuk ke wilayah Sumatera.

Akses Menuju Sungai Musi

Menuju Sungai ini kita membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin. Menurut data yang ada sungai ini memiliki panjang sekitar 750 Km dan menyandang predikat sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Bila ingin menuju obyek wisata ini kita dapat menggunakan angkutan kota dari Terminal Sako Kenten – Palembang dengan jurusan yang menuju Ampera. Untuk naik angkutan ini biasanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 10.000,- per orang.

Harga Tiket Masuk dan Akomodasi

Tempat wisata ini tidak memerlukan tiket masuk dikarenakan kondisi lingkungannya berada di tempat terbuka.

Sungai Musi berada di antara dua wilayah bagian Kota Palembang yaitu pada bagian hulu di wilayah bagian Palembang Utara sedangkan pada bagian Ilir berada di wilayah bagian Palembang Selatan. Sungai ini dilintasi oleh Jembatan Ampera yang juga merupakan maskot dari Kota Palembang.

sungai-musi44

Bila kita lihat kondisi alam Sungai Musi memiliki suasana pedesaan yang cukup nyaman dengan riak air yang tenang. Mata air sungai ini berasal dari daerah Kepahiang – Bengkulu, sungai ini juga merupakan sebuah muara yang berasal dari Sembilan sungai antara lain Sungai Komering, Rawas, Batanghari, Leko, Lakitan, Kelingi, Lematang, Semangus, dan Ogan.

Sungai Musi sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang kita kunjungi, disini kita dapat melihat rumah rakit yaitu rumah tradisional khas Palembang, dan juga terdapat restoran terapung dimana kita dapat mencicipi makanan khas Palembang.

172823_musi4

Bagi pengunjung wisata Sungai yang ingin menikmati suasana sungai musi secara langsung, kita dapat berkeliling sungai ini dengan menggunakan perahu motor yang disewakan dan terletak di bawah Jembatan Ampera tepat di depan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II atau di depan Benteng Kuto Besak.

sungai-musi33

Biaya sewa perahu motor ini beragam disesuaikan dengan rute yang ingin kita lalui. Biaya serta rutenya antara lain :

KM Putri Kembang Dadar
Rute: Benteng Kuto Besak – Ki Marogan – Musi Dua – Pulau Kamaro – Sungai Lais – Bagus Kuning.
Tarif per orang: Rp 70.000,-
KM Sigentar Alam
Benteng Kuto Besak – Ki  Marogan – Musi Dua – Pulau Kamaro – Lawang Kidul
Tarif per orang: Rp 50.000,-
Bis Air Belido, Perahu Naga, dan Sapta Pesona
Benteng Kuto Besak – Kampung Kapitan – Ki Marogan – Lawang Kidul – Pulau Kamaro – Bagus Kuning
Tarif per orang: Rp 30.000,-
Bis Air Baung 1, Baung 2, Baung 3, dan Baung 4
Benteng Kuto Besak – Kampung Kapiten – Ki Marogan – 10 Ulu – Pulau Kamaro
Tarif per orang: Rp 20.000,-

Selain perahu motor terdapat juga tempat penyewaan perahu getek dengan tarif Rp. 15.000,- per orang, adapun jurusannya antara lain Benteng Kuto Besak – Kampung Kapiten – Ki Marogan – 10 Ulu – Pulau Kamaro. Disini juga disediakan penyewaan speedboat bagi pengunjung yang ingin berwisata keliling Sungai Musi dengan tarif sebesar Rp. 30.000,- per orang, dengan jurusan Benteng Kuto Besak – Jaka Baring – Musi Dua – Sungai Lais.

Karena keindahan sungainya, tempat ini oleh Pemerintah pernah dijadikan sebagai tempat pelaksanaan “Musi Triboatton” dimana pada ajang ini para penyelam dari berbagai daerah dan berbagai Negara datang ke tempat ini untuk melakukan penyelaman secara bersama-sama.

Bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar tempat wisata ini telah tersedia berbagai penginapan di sekitar Sungai Musi dengan tarif bervariasi antara Rp. 250.000,- sampai dengan Rp. 5.000.000,-, sedangkan untuk keperluan makan pengunjung tidak perlu bingung karena di tempat ini terdapat banyak rumah makan, baik yang ada di pinggir sungai atau di rumah terapung.

Puas menikmati keindahan Sungai Musi kita juga dapat berkunjung ke tempat wisata yang berada di sekitar Sungai Musi yaitu Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

 

Selamat berwisata..

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

Leave a Reply