Home / Tempat Wisata / TELAGA WARNA DIENG WONOSOBO

TELAGA WARNA DIENG WONOSOBO

Telaga Warna Dieng adalah salah satu obyek wisata yang terletak di daerah Dataran Tinggi Dieng atau terkenal dengan nama Dieng Plateu tepatnya di Kabupaten Wonosobo – Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari Jakarta – Wonosobo kurang lebih 10 jam perjalanan. Saat memasuki daerah Dieng – Wonosobo mulai terlihat  pemandangan alam yang luar biasa, jalan yang berkelok-kelok disertai pepohonan di sepanjang jalan yang cukup tinggi dan rindang, sehingga akan membuat perjalanan kita semakin nyaman. Kondisi udara yang cukup dingin mengharuskan kita menyiapkan jaket tebal bila memasuki daerah ini.

Jarak tempat wisata Telaga Warna dengan Wonosobo masih sekitar 26 KM dengan rute ke arah utara kota Wonosobo. Bila kita telah melewati gerbang Dieng Plateu Area, itu berarti pertanda bahwa kita telah mendekati daerah obyek wisata yang ingin kita tuju.

Telaga Warna Dieng adalah Telaga yang sering berubah warna dengan keindahan perubahannya, terkadang berubah warna menjadi hijau dan berikutnya akan berubah warna menjadi biru. Perubahan warna ini membuat banyak wisatawan tertarik untuk melihat keindahannya.

dieng-plateau-area

Tempat wisata ini memiliki pelataran parkir yang  cukup luas, sehingga bila kita berombongan menaiki kendaraan bus cukup lega untuk memarkir kendaraan,  disamping itu jarak antara tempat parkir menuju Pintu Masuk tempat wisatanya tidak terlalu jauh hanya berjarak sekitar 50 M. Di pelataran ini pula  terdapat kios-kios yang menjual berbagai macam souvenir untuk oleh-oleh.

Sebelum memasuki Obyek Wisata Telaga Warna ini terlebih dahulu kita harus membeli tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau kurang lebih sebesar Rp. 10.000,-. Per orang. Memasuki obyek wisata ini kita tempuh dengan berjalan kaki pada jalan setapak yang telah dibuat dengan cukup rapih dipagari oleh tanaman hidup yang menjalar, sehingga nuansa alamnya sangat terasa.

Tidak berapa lama kira-kira jarak 500 meter dari pintu masuk kita telah dapat menemukan Telaga Warna yang sangat ingin kita lihat. Telaga warna di siang hari akan terlihat berwarna hijau dimana di sekililing  telaga, tumbuh pohon-pohon rindang serta pemandangan bukit yang seolah-olah telaga ini berada di bawah kaki bukit. Hal ini akan membuat kita menyesal bila kita tidak mengabadikannya melalui kamera atau Handy Cam.

detik_dsc_0256_resize

telaga-warna

Puas dengan telaga ini kita dapat melanjutkan perjalanan lebih dalam lagi melalui jalan setapak yang ada untuk melihat beberapa peninggalan alam di dalam komplek Wisata ini, yaitu patung semar yang berwarna emas dengan tinggi 50 Centimeter yang berdiri kokoh di atas batu yang telah disiapkan untuk menyimpan patung semar tersebut. Letak patung semar ini berada tidak jauh dari Telaga Warna dan berada di bawah pohon beringin yang cukup besar.

Perjalanan berlanjut memasuki kawasan yang lebih dalam dengan pepohonan yang cukup tinggi dan rindang, sehingga seolah-olah kita dipayungi oleh pohon-pohon tersebut dari sengatan terik matahari di siang hari. Lebih dalam lagi kita dapat menemukan keindahan alam berupa Goa yang menurut cerita merupakan hasil peninggalan para leluhur di daerah tersebut yang sering bertapa atau semedi di dalam goa tersebut. Salah satunya adalah Goa SEMAR, di mulut goa ini di batasi dengan pagar yang para pengunjung tidak boleh sembarangan masuk kecuali dengan seijin kuncen atau juru kunci tempat tersebut. Menurut cerita juru kuncinya, sudah sangat banyak pengunjung yang berasal dari kalangan atas atau orang-orang yang menggunakan Goa SEMAR ini untuk melakukan meditasi atau semedi dengan keinginan-keinginan yang bermacam-macam.

goa-semar

Bila ingin memasuki Goa ini  tidak lah mudah karena kondisi sekitarnya banyak terdapat bebatuan serta curam, karena kita memasukinya dengan menggunakan tangga batu yang cukup licin dan terjal. Nuansa mistik di tempat ini sangatlah kental, sehingga sebaiknya tingkah laku kita selama berada di kawasan ini sebaiknya lebih dijaga. Banyak cerita mistik mengenai goa-goa yang ada di kawasan Telaga Warna ini namun setiap orang memiliki kepercayaan sendiri-sendiri mengenai kebenaran cerita tersebut.

Puas dengan tempat wisata ini kita dapat menuju ke tempat wisata lain yang berada tidak jauh dari Kawasan Telaga Warna Dieng ini seperti Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Batu Ratapan Angin, Petak Sembilan dan masih banyak lainnya.

Selamat Jalan-Jalan.

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Candi Arjuna

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

 

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.