Home / Kalimantan / Kalimantan Selatan / Banjarmasin / Tempat Wisata Kalimantan Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Kalimantan Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kalimantan merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Kalimantan terkenal masih mempunyai lahan kosong yang luas. Belum dipadati oleh penduduk maupun industri. Hal tersebut menjadikan Kalimantan sebagai tujuan wisata bagi Anda yang tidak menyukai keramaian. Tempatnya yang tidak begitu ramai menjadikan Kalimantan semakin disukai oleh para wisatawan. Kalimantan mempunyai banyak tempat wisata yang belum banyak terjamah wisatawan sehingga keadaannya masih sangat alami dan tanpa campur tangan manusia. Berikut ada beberapa tempat wisata di kalimanta yang bisa Anda kunjungi :

 

1.Pulau Beras Basah, Bontang

 

Pulau ini diberi nama Pulau Beras Basah dikarenakan menurut penduduk Bontang dahulu terdapat kapal besar yang membawa  beras dari Pulau Sulawesi, dalam perjalanan kapal ini diterjang ombak besar sehingga mau tidak mau mereka menurunkan muatan beras tersebut di Pulau ini. Berasnya pun kemudian menjadi basah oleh ombak sehingga sejak itu Pulau ini dinamakan Pulau Beras Basah.

Untuk menuju ke Pulau ini dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Kota Bontang atau bila dari Samarinda kita harus menempuh waktu  sekitar 2,5 jam perjalanan. Pulau yang berada di Selat Makassar ini diperkirakan memiliki luas wilayah sekitar 5 hektar.

Sepanjang perjalanan menuju pulau kita akan melihat gugusan pulau kecil dari kejauhan perkampungan penduduk di atas laut  dan juga pohon-pohon bakau. Mendekati pulau Beras Basah akan tampak di depan mata kita sebuah pulau yang kecil dengan sensasi seolah kita mendatangi pulau pribadi.

Setiba di Pulau ini kita akan bersandar di sebuah dermaga dengan jembatannya yang panjang terbuat dari kayu pohon ulin. Selama berjalan di jembatan kita dapat melihat beberapa ikan koral yang berenang dekat permukaan air laut, setelah itu kita akan disambut putihnya pasir yang halus di pinggiran pantai. Tidak jauh dari dermaga kita dapat menyimpan segala peralatan wisata kita ke sebuah banguan yang terbuat dari kayu yang difungsikan untuk wisatawan yang ingin beristirahat dan berlindung dari terik sinar matahari.

Pantai yang ada di pulau ini berbentuk lengkungan setengah lingkaran dengan air lautnya yang jernih dan biru terkadang kita akan menemukan beberapa tumbuhan laut di sekitar pinggiran pantai. Di sini kita juga dapat menemukan  Bintang Laut yang berukuran sebesar telapak tangan dengan warna campuran coklat dan merah muda.

Salah satu bangunan yang ada di pulau ini dan memiliki daya tarik tersendiri berupa Bangunan Putih yang menjulang tinggi yaitu Mercu Suar. Mercu suar ini berada di pinggiran pantai namun sudah lama tidak dipakai oleh Pemerintah Daerah.

Pulau Beras Basah

 

2. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap merupakan sebuah obyek wisata alam yang memiliki arus air yang cukup deras dengan keindahan alam sekitar cukup indah. Tempat wisata ini terletak di Dusun Dawar/Segonde, Desa Pisak Kecamatan Tujuh Belas/Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat.

Air Terjun ini belum sepenuhnya dikelola oleh Pemerintah Daerah setempat, sehingga kondisi alamnya masih alami. Namun walau demikian tempatnya sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mengetahui lebih dekat suasana di Air Terjun Merasap ini. Air Terjun ini mempunyai aliran yang deras dan dari aliran tersebut menimbulkan kabut dingin dari percikan air yang jatuh, hal inilah yang membuat para penduduk setempat menamakan tempat ini menjadi Air Terjun Merasap.

Air Terjun Riam Merasap memiliki lingkungan yang masih alami dan memiliki air terjun yang jernih dengan panorama keindahan alam ekosistem hutan hujan tropis dan ditumbuhi habitat pohon yang masih alami.

Foto: husnuadibprayogi.blogspot.com

Oleh para pengunjung air terjun ini sering juga dinamakan sebagai miniatur dari air terjun Niagara yang ada di Negara Amerika Serikat, hal ini dikarenakan lebar air terjunnya yang cukup panjang bila dibandingkan dengan air terjun yang ada di Indonesia. Bila kita ingin merasakan air terjunnya sebaiknya kita berhati-hati dikarenakan kondisi jalannya yang cukup licin dan belum ada tangga untuk turun. Di bawah air terjun tersebut banyak kita jumpai pengunjung yang sedang bermain air, mandi atau rafting.

Foto: jejakrocky.wordpress.com

Bila kita lihat, lokasi dari air terjun ini sebenarnya cukup dekat dengan perbatasan Negara Malaysia yaitu berjarak sekitar 10 Km. Untuk itu di tempat ini kita dapat melihat cukup banyak pengunjung yang berasal dari negeri jiran tersebut.

Air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik oleh Pemerintah Daerah setempat dengan dibangunnya sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air yang memanfaatkan air terjun yang ada di tempat ini.

Air Terjun Riam Merasap

 

3. Lembah Kahung, Banjar

Lembah Kahung adalah obyek wisata alam yang memiliki panorama alam serta air terjun yang membuat para pegunjung penasaran untuk menikmati langsung suasana alamnya. Lembah Kahung yang berada di kawasan hutan tropis ini berada di Desa Belangian Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Obyek Wisata Lembah Kahung cukup banyak diminati oleh wisatawan yang menggemari sesuatu yang menantang. Saat ini Obyek wisata ini belum tergarap oleh Pemerintah Daerah setempat, namun walaupun demikian obyek yang berada di pegunungan Meratus ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Berada di Lembah Kahung kita akan merasa seperti menyatu dengan alam hutan tropis Kalimantan. Di lembah ini juga terdapat aneka flora dan fauna yang beraneka ragam seperti Meranti, Ulin, Pohon Keruing dan masih banyak flora lainnya, sedangkan untuk aneka faunanya terdapat lutung merah, bekatan, owa-owa, kijang, landak dan lainnya. Di lembah ini terdapat juga tanaman anggrek hitam yang merupakan salah satu kebanggan Kalimantan.

Selain kehidupan flora dan faunanya, kita juga dapat menjumpai panorama alam berupa air terjun yang mengalir deras melalui sungai. Air terjun ini memiliki air yang jernih dengan jumlah undakan sebanyak 8 tingkat, lokasi ini  merupakan salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini. Tempat ini sangat cocok untuk kita abadikan sebagai kenang-kenangan dalam melakukan wisata yang boleh dibilang cukup menantang ini.

Selesai menikmati alam wisata Lembah Kahung kita dapat berwisata di Pulau Bukit Batas yang merupakan obyek wisata air dengan sarana wisata olahraga alam yang memacu adrenalin.

Lembah Kahung

 

4. Istana Kuning, Kotawaringin

Istana Kuning merupakan obyek wisata bersejarah yang menceritakan mengenai perkembangan kerajaan di Kalimantan dan juga sebagai salah satu saksi penyebaran Agama Islam di daerah ini.

wpid-cool-picture284-jpg

Istana Kuning adalah istana kedua yang didirikan di Kalimantan Tengah setelah Istana Al Mursari di Kotawaringin Lama. Istana yang merupakan kebanggaan sejarah dan budaya Islam di Kalimantan Tengah ini didirikan oleh Pangeran ke-9 dari Kerajaan Kutaringin yang bernama Imanudin, beliau menjabat sejak tahun 1811 – 1841.

istana-kuning

Pada tahun 1986 di dalam istana pernah terjadi kebakaran, dikarenakan bangunannya yang terbuat dari kayu sehingga membuat Istana Kuning seluruhnya habis terbakar. Oleh Pemerintah Kabupaten kemudian memugar dan membangun kembali Istana ini pada tahun 2.000 yang bertujuan sebagai sarana pariwisata dan mengakrabkan istana dengan masyarakat setempat.

Sesampai di Tempat wisata ini ternyata kita akan melihat sebuah bangunan yang sangat bertolak belakang dengan namanya yaitu Istana Kuning, tentunya pemikiran kita akan melihat bangunan yang memiliki corak mayoritas berwarna kuning. Kenyataannya Istana ini merupakan bangunan rumah panggung yang seluruhnya didominasi dari bahan kayu ulin, biasanya kayu tersebut dipakai pada bangunan-bangunan tradisional yang ada di Kalimantan Tengah. Ternyata warna kuning merupakan warna keramat bagi masyarakat Kotawaringin. Bahan kayu ulin yang dipakai di Istana ini tidak di cat dan dibiarkan alami berwarna kecokelatan.

dsc_0226

dsc_0222

raja2

g48609_large

Mengelilingi sekitar Istana kita akan merasakan suguhan keindahan lingkungan istana yang bersejarah ini. Pada bagian belakang Istana kita akan menemukan Taman Keraton Indah Sari yang tertata dengan rapi dan apik serta ditengah-tengahnya terdapat sebuah tugu yang menambah kesan indah taman ini.

 

Selain taman di belakang Istana terdapat juga rumah yang ditinggali oleh keluarga dan kerabat keturunan kerajaan, kita dapat meminta mereka untuk menjadi pemandu dalam berwisata di tempat ini. Pemandu tersebut dapat menjadi salah satu nara sumber kita dalam mengetahui lebih dalam kisah masa lalu Kerajaan Kutaringin.

Istana Kuning

 

5. Danau Sentarum

Taman Nasional Danau Sentarum merupakan sebuah kawasan wisata yang difungsikan untuk melindungi berbagai keanekaragaman ekosistem yang ada di wilayah Danau Sentarum. Danau ini secara administratif berlokasi di 7 kecamatan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, wilayah Kecamatannya yaitu Kecamatan Semitau, Suhaid, Bunut Hilir, Jongkong, Badau, Selimbau, dan Batang Lupar.

sentarum

Foto: daerahkapuashulu.blogspot.com

Foto: daerahkapuashulu.blogspot.comKawasan Taman Nasional Danau Sentarum berada di tengah-tengah jajaran pegunungan yaitu pegunungan Lanjak di sebelah utara, pegunungan Muller di sebelah Timur, Dataran Tinggi Madi di sebelah selatan dan Pegunungan Kelingkang di Sebelah Barat. Letka tersebut yang menjadikan kawasan Taman ini sebagai daerah tangkapan air hujan dengan kedalaman sekitar 6-14 meter.

Di kawasan ini juga terdapat 2 buah sungai yaitu sungai Tawang dan sungai Leboyan. Sungai Tawang merupakan sungai yang menghubungkan antara sungai Kapuas dengan komplek danau yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum sedangkan Sungai Leboyan berhulu ke sungai Embaloh.

Taman Nasional Danau Sentarum memiliki potensi wisata yang cukup baik dan menarik untuk kita kunjungi. Di tempat wisata ini terdapat kehidupan flora dan fauna dengan beberapa habitat yang ada di sekitar kawasan.

Foto: djehanprakoso.it.student.pens.ac.id

Foto: djehanprakoso.it.student.pens.ac.id

Foto: retaoktavia.blogspot.com

Foto: retaoktavia.blogspot.com

Danau Sentarum

 

6. Pasar Apung Muara Kuin, Banjarmasin

Pasar Terapung Muara Kuin adalah obyek wisata alam yang memiliki keindahan alam serta terdapat aktivitas warga yang cukup unik dan layak untuk dikunjungi. Tempat wisata ini berada di Muara Sungai Kuin di atas Sungai Barito Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.



 

Untuk ke tempat wisata ini kita tidak perlu membeli tiket masuk dikarenakan tempatnya yang berada di kawasan yang terbuka namun bila ingin ke pasar terapung ini kita harus datang sebelum jam 09.00 karena aktifitas pasar terapung ini dimulai dari jam 07.00 sampai dengan 09.00 waktu setempat.

Pasar Tradisional Muara Kuin adalah pasar yang berada di atas Sungai Barito, Muara Kuin. Di sini kita dapat melihat berbagai aktifitas pasar yang menggunakan perahu kayu atau bila di Banjarmasin disebut juga dengan jukung. Untuk pembeli dan pedagang di pasar terapung ini diharuskan menggunakan jukung, biasanya para wisatawan banyak berada di jukung tersebut dikarenakan ingin juga larut dalam aktifitas pasar. Pembeli yang berbelanja akan diserbu oleh jukung-jukung yang berada di tempat ini dan terkadang jukung tersebut seperti ingin terbalik. Hal ini merupakan salah satu pemandangan yang unik dan seru serta jarang kita temui di tempat lain.

Bagi wisatawan yang ingin berkuliner disini kita juga dapat menemukan warung-warung makan yang berada di atas jukung, sambil melihat perahu yang hilir mudik serta pemandangan sekitar yang cukup indah kita dapat sekalian merasakan makanan khas Kota Banjarmasin yaitu Soto Banjar yang sangatlah enak bila dimakan dengan lontong.

Setelah bekuliner kita juga dapat berbelanja oleh-oleh, biasanya para wisatawan membeli kain khas Banjar yang merupakan hasil kerajinan tangan yaitu kain sasirangan. Kain ini dulunya digunakan sebagai ikat kepala (laung), juga sebagai sabuk yang dipakai lelaki atau sebagai selendang, kerudung, juga udat (kemben) wanita. Kain ini dibuat dengan menggunakan bahan kain mori, polyester yang dijahit dengan cara tertentu.

Pasar Apung Muara Kuin

 

7. Candi Agung Amuntai

Candi – Candi bersejarah tidak hanya terdapat di Pulau Jawa namun di Pulau Kalimantan pun ternyata terdapat juga sebuah Candi yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu Candi di Kalimantan yaitu Candi Agung Amuntai yang memiliki nilai sejarah tersendiri dengan struktur bangunan yang agak berbeda dengan candi yang terdapat di Pulau Jawa. Lokasi Candi Agung Amuntai berada di Desa Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan.

Situs Candi Agung Amuntai secara resmi dijadikan sebagai obyek wisata peninggalan bersejarah dan purbakala di Kalimantan Selatan pada tahun 1978 melalui Direktorat Sejarah dan Purbakala.

Foto: dauskamal.blogspot.com

 

Memasuki kawasan Candi Agung Amuntai dari pintu gerbang kita akan melihat tulisan Candi Agung di atas gerbang tersebut. Di dalam kawasan candi kita akan melihat sisa-sisa bangunan kuno dari masa kerajaan Negaradipa. Candi Agung Amuntai telah berusia cukup lama yaitu sekitar 740 tahun, struktur bangunannya didominasi oleh batu dan kayu. Di candi ini kita juga akan melihat beberapa benda peninggalan bersejarah yang berusia sekitar 200 tahun SM. Batu yang ada di Candi Agung Amuntai bila kita lihat sekilas mirip dengan batu bata merah, namun bila disentuh akan kelihatan perbedaannya, batu yang ada di candi ini lebih berat dan lebih kuat.

Foto: id.wikipedia.org

Obyek wisata ini cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan, tujuan mereka bermacam-macam ada yang sekedar berwisata sejarah dan adapun pengunjung yang sengaja ke tempat ini untuk berziarah, hal ini dikarenakan di kawasan candi ini terdapat sebuah makam kuno yang dipercayai oleh penduduk setempat sebagai makam keramat. Di samping itu di kawasan candi ini juga terdapat sebuah sungai yang oleh penduduk setempat dinamakan telaga darah yang merupakan lokasi pertempuran Patih Lambung Mangkurat dan lokasi dermaga Prabu Prabayaksa.

Barang – barang peninggalan Candi yang selama ini digali oleh para arkeolog, di simpan pada sebuah museum yang terdapat di kawasan candi. Barang-barang tersebut berupa senjata, gerabah dan artefak lainnya.

Candi Agung Amuntai


 

8. Pemandian Air Panas Tanuhi

Salah satu obyek wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan adalah obyek wisata Pemandian Air Panas Tanuhi. Obyek wisata ini berada di Lembah Pegunungan Loksado Desa Tanuhi Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan.

tanuhi-868x508

Lembah pegunungan Loksado memiliki suhu udara yang cukup dingin, sehingga bila kita berada di tempat ini sangatlah cocok bagi kita untuk merasakan Pemandian Air Panas yang dapat menyegarkan tubuh kita.

Pemandian Air Panas Tanuhi memiliki kolam pemandian sebanyak 3 buah dengan kondisi suhu airnya yang berbeda-beda. Bila kita ingin berendam di kolam tersebut sebaiknya pertama kali dilakukan pada kolam pertama yaitu Kolam terpanjang dengan suhu sedang untuk menyesuaikan diri dengan suhu air panasnya. Kolam kedua adalah kolam yang berukuran lebih kecil, namun mempunyai suhu air panas yang paling tinggi dari 3 kolam yang ada di tempat Pemandian Air Panas Tanuhi, sedangkan pada kolam ke tiga memiliki suhu air yang dingin namun memiliki kedalaman air yang lebih dalam dibandingkan dengan ke dua kolam tersebut. Perubahan suhu air ini membuat badan kita akan terasa relaks dan nyaman.

tanuhi-kolam-ap

Pengunjung anak-anak biasanya menikmati pemandian air panas pada kolam pertama, disamping kondisi suhunya yang sedang kedalamannya pun dangkal sehingga kita tidak akan khawatir bila anak-anak tersebut bermain di kolam yang pertama.

Berada di kolam Pemandian Air Panas Tanuhi kita akan merasa seperti diterapi oleh air panas tersebut, sirkulasi darah kita akan terasa lancar sehingga dapat menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit, apalagi setelah melakukan perjalanan ke tempat ini.

13525516_210276589366714_2090172494_n

Pamandian Air Panas Tanuhi

 

 

 

 






 

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat