Home / Tips / Tips Berbuka Puasa Yang Tepat Selama Ramadhan

Tips Berbuka Puasa Yang Tepat Selama Ramadhan

Berbuka merupakan puncak kemenangan orang yang sedang menjalankan puasa. Pada waktu adzan magrib berkumandang, saat itulah kita membatalkan puasa. Makan dan minum untuk mengisi kembali energi dan cairan yang telah habis seharian.

Meski seharian tidak makan, usahakan jangan sampai menjadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam. Kita makan secukupnya saja, jangan sampai berlebihan. Karena jika itu terjadi, konsumsi makanan beragam dalam porsi banyak akan memicu gangguan kesehatan.

Berikut adalah tips berbuka puasa yang bisa kita terapkan agar tubuh tetap sehat selama puasa:

1. Konsumsi makanan yang lembut dan manis

Selama puasa tubuh kita akan kehilangan banyak energi dan nutrisi yang menyebabkan tubuh kita lemah. Oleh karena itu, kita dianjurkan mengkonsumsi gula untuk mengembalikan asupan nutrisi sehingga tubuh akan segar kembali. Dan mengapa kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang lembut? Karena makan yang lembut akan mudah dicerna oleh lambung sehingga, penyerapan nutrisi akan berlangsung lebih cepat.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Banyaknya cairan yang keluar saat berpuasa akan mengakibatkan tubuh menjadi lemah. Saat berbuka puasa adalah saat yang tepat untuk mengembalikan cairan yang hilang dengan memperbanyak minum air putih. Sebaiknya mengawali berbuka dengan minum air putih terlebih dahulu. Hal ini untuk mengatasi agar tubuh yang lemah bisa kembali pulih seketika.

3. Konsumsi buah-buahan terutama buah kurma

Mengkonsumsi buah-buahan juga bisa menjadi pilihan yang tepat saat berbuka puasa. Karena buah-buahan mengandung serat dan cairan yang bisa memulihkan energi pada tubuh kita dengan cepat. Banyak buah yang bisa kita konsumsi saat berbuka seperti semangka, apel, pepaya, melon dan kurma yang paling utama.

4. Hindari konsumsi minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi cenderung hanya akan menambah rasa haus saja tanpa mampu menggantikan cairan yang hilang. Minuman bersoda contohnya, minuman tersebut hanya akan terasa segar sementara kemudian memicu rasa haus. Sehingga, meski kita sudah terasa kenyang namun haus masih terasa. Sebaiknya ganti minuman berkarbonasi dengan air kelapa atau air putih, kedua minuman ini mampu menghilangkan haus dan mengganti cairan yang hilang.

5. Hindari konsumsi air es berlebihan

Saat berbuka puasa merupakan puncak dimana haus sudah tidak tertahankan. Di situ kadang kita berfikir, jika minum es akan menghilangkan haus dan tubuh menjadi segar. Namun, ternyata hal tersebut salah besar. Saat berpuasa suhu tubuh kita cenderung hangat, oleh karena itu kita harus mengkonsumsi minuman hangat untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Selain itu, minum es tidak menghilangkan haus dan tidak menggantikan cairan yang hilang. Sebanyak apapun kita meminumnya bahkan hingga kenyang, tetap saja kita merasa haus, menghilangkan nafsu makan dan tubuh merasa tidak nyaman. Boleh mengkonsumsi es namun, sekali lagi jangan berlebihan karena tidak baik untuk tubuh kita.

6. Hindari konsumsi asam dan pedas yang berlebihan

Pada saat puasa, perut kita kosong dalam waktu lama. Asam dan pedas bisa menyebabkan iritasi pada lambung. Jadi, kita harus bisa memastikan setiap makanan yang akan kita konsumsi demi menjaga lambung kita.

7. Beri jeda 1/2 jam, jika hendak mengkonsumsi makanan berat seperti nasi

Mengapa demikian? Karena kinerja lambung saat puasa sangatlah lambat sehingga, akan terasa berat saat mencerna makanan berat. Kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang lembut dan ringan sebelum mengkonsumsi makanan berat. Tujuannya agar lambung bisa mencerna dengan cepat dan juga mengembalikan kinerja lambung yang sempat melambat.

 

 

Selamat Berpuasa…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat