Home / Tips / Tips Makan Sahur Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Ramadhan

Tips Makan Sahur Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Ramadhan

Sahur merupakan aktifitas makan pada dini hari menggantikan waktu sarapan. Sahur dilakukan untuk menjaga kekuatan tubuh selama berpuasa. Oleh karena itu kita harus memperhatikan pola makan dan juga asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Hal tersebut untuk memberikan energi pada tubuh untuk menahan lapar dan dehidrasi selama satu hari penuh.

Banyak jenis makanan yang dapat kita konsumsi namun, masing-masing memiliki daya tahan yang berbeda. Untuk menjaga agar pola hidup tetap sehat selama berpuasa, kita harus pandai dalam memilah dan memilih makanan mana yang cocok untuk dikonsumsi.

Asupan nutrisi yang sehat berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang terkandung dalam nasi, lauk pauk, buah, sayur dan susu.

Berikut adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat sahur:

1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat, protein, lemak, vitamin dan mineral

Mengapa kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohirat kompleks dan kaya serat, protein, lemak, vitamin dan mineral? Aktifitas puasa atau menahan lapar akan berlangsung sekitar 16 jam. Selama itu pula tubuh tidak akan menerima konsumsi apa pun sedangkan proses pencernaan tetap berjalan. Maka dari itu untuk mempertahankan kinerja pencernaan dengan baik, kita harus mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna sehingga, selama sehari penuh kita tidak akan merasa lapar. Konsumsi nutrisi yang tepat akan memberikan energi yang banyak dan kenyang tahan lama. Ada pun makanan yang dapat kita konsumsi ada roti gandum, oatmeal, nasi, buah kering, pisang, apel, alpukat, sawo, kentang, mangga, kedelai, jagung, beras merah, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, susu, keju, yoghurt, ikan, telur dan daging.

2. Hindari konsumsi teh manis dan kopi

Mengapa demikian? Karena teh manis dan kopi mengandung zat diuretik yang memungkinkan pengonsumsi akan kencing terus sehingga mengakibatkan berkurangnya cairan yang ada pada tubuh. Selain itu, kopi juga bisa membuat tubuh tidak terhidrasi (cepat haus) dan lambung terasa perih lantaran asam lambung yang berlebihan. Sebagai gantinya kita bisa mengkonsumsi susu, jus buah dan air putih.

Namun, kinerja lambung setiap orang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan dengan keadaan lambung kita. Boleh mengkonsumsi keduannya asal jangan berlebihan dalam memberi takaran gula. Karena hal tersebut akan memicu meningkatnya kolesterol dan lemak tubuh.

3. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih atau mineral memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh kita yaitu menyuplai cairan yang akan digunakan seharian oleh aktifitas tubuh. Semakin tercukupi kebutuhan mineral, tubuh akan semakin terlihat segar, tidak haus dan tidak kekurangan cairan. Kita tidak harus meminum air putih dalam jumlah banyak sekaligus, kita bisa meminumnya secara pertahap.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur diketahui selain mampu menghasilkan energi dengan seratnya juga mampu memberikan asupan vitamin yang berlimpah. Sehingga, meski sedang berpuasa kebutuhan nutrisi tubuh khususnya vitamin juga harus diperhatikan. Kita bisa mengkonsumsinya langsung maupun dikreasikan dalam bentuk jus maupun lainnya.

5. Hindari tidur setelah sahur

Mengapa demikian? Karena setelah makan, pencernaan akan langsung memulai kinerjanya. Kinerja pencernaan akan menghasilkan energi. Jika kita tidur maka, energi yang dihasilkan akan terbuang sia-sia. Sebaiknya gunakan untuk beraktifitas selagi energi masih banyak sehingga, kita tidak akan merasa capek ataupun lapar. Selain itu, tidur setelah sahur juga menyebabkan adannya penimbunan kalori yang berlebih. Hal ini bisa menyebabkan berat badan menjadi naik.

 

 

 

Selamat Berpuasa…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat