Home / Indonesia / Tugu Pahlawan Surabaya-Menelisik Jejak Perjuangan Rakyat Surabaya Kala 10 November 1945

Tugu Pahlawan Surabaya-Menelisik Jejak Perjuangan Rakyat Surabaya Kala 10 November 1945

Surabaya terkenal sebagai kota Pahlawan, julukan tersebut terbukti dengan adanya ikon Tugu Pahlawan yang berada di tengah-tengah kota. Tugu Pahlawan tersebut merupakan simbol penghargaan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran 10 November. Terdiri dari monumen dan museum yang menyimpan berbagai sejarah perjuangan rakyat Surabaya. Perjuangan Rakyat Surabaya 10 November 1945

 

Foto: utiket.com

Monumen 10 November 1945

Monumen yang diremikan pada tanggal 10 November 1952 oleh Presiden Soekarno. Monumen Tugu Surabaya berdiri setinggi 41,15 meter atau 45 yard di atas tanah seluas 1,3 hektare berdiameter 3,1 meter. Ketinggian monumen melambangkan tahun 1945. Berbentuk paku terbalik yang mempunyai 10 lengkungan sebagai simbol dari tanggal 10. Dan mempunyai 11 ruas yang melambangkan bulan 11 atau bulan November. Di bawah monumen terukir trisula bergambar cakra, stamba dan padma sebagai simbol api perjuangan yang berkobar.Jadi bisa disimpulkan, Monumen Tugu Pahlawan tersebut untuk mengenang peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 bulan 11 (November) dan tahun 1945.




Di bagian bawah monumen terdapat museum sekitar 7 meter dari permukaan tanah. Museum tersebut berisi berbagai benda dan dokumentasi pahlawan Surabaya kala perjuangan 10 November 1945. Diresmikan pada 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wakhid.

Foto: hotelmurahindonesia.com

Tugu Pahlawan Surabaya

Masih di kawasan monumen, kita akan menemukan bangunan berbentuk piramid yang disebelahnya terdapat kolam yang cukup besar. Di depannya terdapat patung pahlawan dan makam pahlawan tak dikenal. Berada di kawasan ini kita bisa melihat betapa indahnya pemandangan disekitar monumen tugu. Setelah puas menikmati suasana luar ruangan, kemudian kita bisa beranjak ke dalam museum perjuangan.

Foto: hlistiani.wordpress.com

Begitu memasuki museum sedalam 7 meter ini, kita akan menemukan berbagai benda perjuangan beserta dokumentasinya. Terdapat berbagai diorama saat terjadi peperangan, terdapat senjata yang digunakan para pahlawan untuk perang melawan Sekutu, terdapat foto-foto pahlawan pada masa perjuangan, terdapat surat perjanjian perebutan wilayah Surabaya dan berbagai benda sejarah lainnya yang tak kalah penting untuk dikenang.

Setelah lelah menelusuri setiap jengkal tempat bersejarah tersebut, kita bisa bersantai di taman sekitar Monumen Tugu Pahlawan yang cukup luas. Bersantai sambil memandang kesibukan kota Pahlawan dengan semilir angin yang menyejukkan. Lengkap sudah perjalanan kita, selain mendapatkan berbagai pengetahuan sejarah perjuangan Surabaya, kita juga bisa menyegarkan fikiran di tamannya yang begitu indah.



HTM pada 10 Agustus 2017:

-Tiket Masuk: Rp5.000,- per orang

-Biaya Parkir: Rp2.000,-

 

Lokasi: Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60174, Indonesia

Jam Buka: 08.00-17.00 WIB

Rute:

-Dari Surabaya (3,5 km, 20 menit)>Surabaya>Kanginan I menuju Jl. Kanginan>Jl. Ambengan>Jl. Kusuma Bangsa>Jl. Kalianyar>Jl. Pecindilan/Jl. Pengampon>Jl. Semut Baru>Jl. Sulung>Jl. Kebon Rojo>Jl. Pahlawan>Tugu Pahlawan Surabaya, Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur

 

Tips saat Berwisata Monumen Tugu Pahlawan Surabaya:

-Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jangan merusak lingkungan sekitar ataupun mencoret bangunan yang ada.

-Bawa air minum yang cukup karena kita akan merasa haus saat lelah berkeliling.

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat