Home / Indonesia / Umbul Manten Klaten-Menikmati Kesegaran Air Pegunungan

Umbul Manten Klaten-Menikmati Kesegaran Air Pegunungan

Klaten terkenal mempunyai banyak kolam renang dengan sumber mata air dari pegunungan. Salah satunya adalah Umbul Manten yang memberikan sensasi menyegarkan melalui air jernihnya. Dibalik keistimewaan Umbul Manten tersimpan mitos yang membuat wisatawan ketar ketir namun, kita tidak perlu takut selama kita tidak melanggar aturan yang berlaku insyaallah aman. Umbul Manten berada tidak jauh dari Umbul Ponggok yaitu di Jl. Janti, Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten.



Umbul Manten mempunyai kedalaman sekitar 1,5 meter. Airnya yang jernih memungkinkan kita bisa melihat bebatuan di dasarnya. Udaranya sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Pemandangan sekitar kolam juga indah, memanjakan mata dengan berbagai pesonanya. Begitu kita menceburkan tubuh ke dalam kolamnya yang jernih, rasa segar akan menyelimuti tubuh kita. Tubuhpun terasa segar kembali, hilang sudah berbagai penat yang sempat mengendap.

 

Bagi yang menyukai fotografi, jernihnya air Umbul Manten bisa dimanfaatkan sebagai setting fotografi yang indah. Begitu foto diambil, baik dari dalam maupun dari permukaan tampak bening layaknya kaca. Tidak heran jika banyak pasangan pengantin yang sengaja membuat foto preweddingnya di Umbul Manten.

Umbul Manten, dalam bahasa Jawa Umbul berarti kolam atau sumber mata air. Dan Manten berarti pengentin. Jadi bisa diartikan Umbul Manten adalah sumber mata air bagi pengantin. Dimana sepasang pengantin akan melakukan prosesi penyiraman dengan air dari Umbul Manten ini. Namun, semakin lama hal tersebut mulai hilang dan kini Umbul Manten dialihfungsikan sebagi objek wisata yang menarik banyak pengunjung.

Konon, di sekitar Umbul Manten terdapat mitos. Sepasang pengantin yang baru menikah dilarang keluar rumah pada saat senja sebelum 40 hari pernikahannya berlalu. Konon, terdapat sepasang pengantin yang melanggar mitos tersebut. Di perjalanan, tiba-tiba sepasang pengantin tersebut hilang secara bersamaan. Dari hal tersebut masyarakat setempat lalu akhirnya mengagungkan mitos tersebut hingga turun temurun.



Meski mempunyai mitos yang menyeramkan namun, ketertarikan wisatawan pada Umbul Manten begitu besar. Keindahan alamnya juga kesegaran airnya mampu memberikan kenyamanan yang lebih bagi para wisatawan. Setiap harinya, Umbul Manten tidak pernah sepi pengunjung. Baik yang sekedar bermain dan menikmati pemandangan maupun berenang. Selepas bersenang-senang di Umbul Manten, kita bisa menikmati berbagai jajanan yang ada di kawasan Umbul Manten. Beragam jajanan tersedia mulai dari jajanan pasar hingga jajanan khas Klaten seperti nasi tumpang, kepelan, keripik belut, merbung, dan masih banyak lagi.

Adapun untuk sampai di Umbul Manten, kita bisa menempuhnya sekitar 15 km dari Klaten melalui Jl. Jogja – Solo/Jl. Klaten – Solo/Jl. Raya Solo>Jl. Tegalgondo – Janti>Jl. Janti, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten.

 

 

HTM pada Januari 2017:

Rp2.000,- per orang.

Lokasi: Umbul Manten

Jl. Janti, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482, Indonesia

 

Tips saat berwisata ke Umbul Manten:

-Jangan buang sampah sembarangan.

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Pastikan keadaan tubuh fit.

-Bawa bekal makanan bila perlu.

-Bawa uang tunai yang cukup.

 




 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat