Home / Indonesia / Waduk Jatibarang Semarang-Bendungan Yang Menjelma Menjadi Objek Wisata Yang Menggiurkan

Waduk Jatibarang Semarang-Bendungan Yang Menjelma Menjadi Objek Wisata Yang Menggiurkan

Waduk merupakan bendungan air yang sengaja dibuat untuk keperluan sehari-hari utamanya irigasi, sumber air, pembangkit listrik dan pengendali banjir . Seiring berkembangnya minat wisata para masyarakat kini waduk mulai menjadi destinasi wisata. Selain murah objek wisata bendungan air selalu memberikan panorama yang indah. Di Semarang ada waduk yang kini tengah ramai dikunjungi wisatawan.

Waduk Jatibarang, bendungan air yang dibangun dalam waktu 4 tahun. Berakhir pada tahun 2014 yang dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi banjir di wilayah Jawa Tengah, terutama Semarang. Waduk yang mampu menampung air sebanyak 20,4 juta kubik ini tidak hanya sebagai pengendali banjir namun juga sebagai sumber air dan pembangkit listrik tenaga air untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat setempat.

Foto: wisatajateng.com

Foto: wisatajateng.com

 

Di Waduk Jatibarang terdapat Gua Kreo di pulau kecil yang didalamnya hidup binatang kera.  Untuk mencapainya kita harus menyebrang melewati jembatan terlebih dahulu. Disini akan banyak kita temui kera-kera yang berkeliaran. Kera jenis ekor panjang yang paling dominan disini. Kita bisa bermain dengan kera-kera tersebut karena kera disini sudah sangat familiar dengan pengunjung.

anak-tangga-goa-kreo-semarang-615x375

Selain itu di Waduk Jatibarang juga terdapat banyak kapal yang dapat kita sewa untuk mengelilingi waduk sambil menikmati panoramanya. Waduk di kawasan seluas 189 hektar ini juga telah banyak diminati wisatawan sejak diresmikan. Banyak warga yang memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan sebagai sumber mata pencaharian yaitu dengan berdagang dan menyewakan perahu.

Permainan-air-yang-tersedia-di-Waduk-Jati-Barang

Menikmati panorama bendungan air yang berhawa sejuk sepertinya akan membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Tidak hanya air disini kita juga bisa melihat banyak pohon tumbuh disekitar kawasan waduk. Semakin menambah eksotisme Waduk Jatibarang. Setelah lelah dengan aktifitas keseharian, kita bisa memilih Waduk Jatibarang ini sebagai destinasi wisata untuk menyegarkan jiwa dan fikiran.

rela ber panas ria untuk melihat waduk di goa kreo

Saat menuju ke Goa Kreo kita akan melewati jembatan merah yang membentang di atas bendungan. Jembatannya dibuat unik dan menarik sehingga mampu menarik minat wisatawan. Terlebih wisatawan yang menggemari fotografi. Ditambah lagi dengan background alam antara perbukitan, bendungan air dan goa akan menghasilkan gambar yang tidak akan mengecewakan tentunya. Tak jarang Waduk Jatibarang ini sering dijadikan sebagai tempat sesi pemotretan.

dsc00859

Foto: yasiryafiat.wordpress.com

Yang menjadi andalan dari Waduk Jatibarang ini adalah wisata Goa Kreo yang diharapkan masyarakat kedepannya mampu berkembang dengan pesat. Selain Waduk Jatibarang masih ada wisata yang dapat kita kunjungi yang letaknya berada tidak jauh dari Waduk Jatibarang seperti Lawang Sewu, Museum Mandala Bhakti dan Tugu Muda Semarang.

Foto: Goa Kreo (breaktime.co.id)

Foto: Goa Kreo (breaktime.co.id)

 

Fasilitas: warung, jembatan, perahu

HTM: Rp4.000,- per orang

Parkir: motor Rp2.000,- dan mobil Rp3.500,-

Lokasi: Waduk Jatibarang Goa Kreo,

Jl. Talun Kacang 2, Kandri, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222, Indonesia

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat