Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi Saat Berwisata Ke Yogyakarta

Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi Saat Berwisata Ke Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi Indonesia yang kaya akan potensi. Salah satunya adalah potensi wisata. Yogyakarta mempunyai beragam tempat wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Wisata alam, wisata sejarah, wisata gunung, wisata kebun, wisata kuliner hingga wisata pantai yang tak pernah dilewatkan oleh para wisatawan dari berbagai daerah bahkan negara. Setiap wisatawan yang datang begitu menikmati segala yang disajikan oleh Kota Gudeg tersebut. Dari sekian banyak tempat wisata, yang paling banyak menarik wisatawan adalah wisata pantai.Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi Saat Berwisata Ke Yogyakarta

Pantai di Yogyakarta mempunyai ciri khas yang beragam. Dari yang dikelilingi bukit karst, berpasir putih, berombak besar, sebagai penangkaran penyu, habitat mangrove dan juga sentral pencarian ikan. Semua bisa Anda temukan di pantai-pantai Yogyakarta. Berikut ada beberapa pantai yang ada di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Yogyakarta dan sekitarnya.

1.Pantai Goa Cemara

Merupakan salah satu pantai berpasir hitam yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Seperti namanya, pantai ini mempunyai ciri khas pada pohon cemara yang tumbuh melengkung membentuk gua. Pohon cemara tersebut tumbuh disepanjang jalan menuju pantai sehingga saat melewatinya terasa seperti melewati lorong goa. Begitu Anda sampai di kawasan pantainya, Anda akan disambut oleh deburan ombak yang saling beradu sapa. Pemandangan alam, laut yang luas dan pasir yang menghampar memanjakan mata setiap wisatawan yang memandangnya. Untuk melihat pemandangan Pantai Goa Cemara lebih jelas, Anda bisa naik ke mercusuar setinggi sekitar 40 cm.

Alamat: Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763

 

2. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai laut selatan yang ada di Gunung Kidul sekitar 65 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini mempunyai ciri khas yang berbeda. Dengan adanya pura, patung dewa dan sejenisnya membuat pantai ini memiliki suasana seperti di Pulau Dewata Bali. Semilir angin laut yang menyejukkan juga suasana pantai yang tenang akan membuat kita betah berlama-lama di sini. Kita bisa menikmati keindahan alam, hamparan laut, deburan ombak dan tebing yang berada disekitarnya.

Fasilitas: warung makan, pusat oleh-oleh dan souvenir, penginapan, masjid, toilet.

HTM: Rp3.000,- per orang

Parkir: motor Rp2.000,- dan mobil Rp5.000,-

Lokasi Pantai Ngobaran: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

 

3. Pantai Jogan

Pantai Jogan mempunyai keunikan tersendiri yang tidak bisa kita temukan di pantai lain. Pantai Jogan mempunyai air terjun di tengah garis pantai. Air terjun tersebut mengalir dari sungai yang ada di balik bukit karst. Air terjun setinggi 12 meter yang airnya jernih dan menyegarkan.

Alamat: Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

HTM: Rp5.000,-

 

4. Pantai Kukup

Pantai Kukup mempunyai pasir berwarna putih, airnya biru jernih dan disekitarnya terdapat perbukitan yang hijau. Di tengahnya terdapat pulau kecil yang dihubungkan dengan jembatan. Pulau tersebut bernama Pulau Jumino, berupa sebongkah batu karang yang besar tepat di atas perairan laut. Di pulau ini terdapat gardu pandang, dari sini kita bisa menikmati panorama Pantai kukup dari atas ketinggian. Nampak lautan biru yang membentang luas, hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai, perbukitan dan pegunungan hijau yang tampak lebih jelas.

Selain mempunyai panorama yang menawan, Pantai Kukup juga kaya akan biota laut dan ikan hias. Itulah mengapa pantai yang bertetanggaan dengan Pantai Krakal ini disebut sebagai aquarium laut. Begitu kita mendekati air, ikan-ikan tersebut sudah bisa kita lihat bahkan kita juga bisa mencoba menangkapnya. Kita juga bisa menyelam untuk melihat lebih banyak ikan hias dan biota laut lainnya.

Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000, Indonesia

Fasilitas: toilet, area parkir, mushola, warung kecil, warung makan, souvenir, ikan hias, gardu pandang, tempat istirahat, hotel penginapan.

HTM pada 6 Mei 2017:

-Rp10.000,- per orang (sudah termasuk HTM Pantai Kukup, Pantai Krakal dan Pantai Sundak)

-Parkir motor Rp2.000,- dan mobil Rp5.000,-

 

5. Pantai Pok Tunggal

Begitu menghadap ke depan, Anda akan berhadapan dengan samudera lepas yang tampak biru. Dan jika Anda menghadap ke belakang Anda akan berhadapan dengan bukit karst yang sangat tinggi yang disekitarnya tumbuh berbagai tumbuhan hijau yang asri. Anda juga bisa naik ke atas bukitnya untuk mendapatkan pemandangan yang jauh lebih indah dari ketinggian.

jogjapedia.net

Tidak hanya mempunyai panorama yang indah saja. Pantai Pok Tunggal juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang semakin memadai. Terdapat banyak warung kecil di sekitar pantai yang menjual berbagai makanan, aksesoris dan souvenir.  Juga terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat melepas lelah. Dan bagi yang ingin bermalam di Pantai Pok Tunggal, Anda bisa menyewa tenda maupun penginapan dengan harga yang beragam.

Alamat: Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia

 

6. Pantai Drini

Terletak di sebelah Timur Pantai Baron dan di sebelah barat Pantai Sepanjang. jaraknya yang berdekatan memungkinkan Anda bisa mengunjungi beberapa pantai dalam 1 waktu. Pantai Drini dikeilingi oleh bukit karst yang menghadap ke laut Samudera Hindia. Meski terbilang pantai yang cukup kecil namun, keindahannya tak bisa diragaukan lagi. Pasir putih yang lembut dengan ombak yang sedang. Meski bagian dari Laut Samudera Hindia namun, ombak Pantai Drini tidak begitu besar sehingga, aman untuk bermain di pantainya yang cantik.

Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

 

7. Pantai Trisik

Pantai Trisik berada di daerah Kulonprogo. Mempunyai pasir hitam dengan kontur yang landai sehingga, aman untuk bermain-main di pantainya. Pantai Trisik dikelilingi oleh pepohonan cemara yang cukup rindang. Sambil menikmati susana pantai, Anda bisa berteduh dibawahnya. Masih disekitar Pantai Trisik terdapat tempat pengamatan burung dan penangkaran penyu. Tepatnya berada di muara Sungai Progo.

Alamat: Banaran, Galur, Kulonprogo, Yogyakarta.

 

8. Pantai Ngrenehan

Merupakan salah satu pantai dengan pasir putih dan dikelilingi oleh perbukitan karst. Memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk bermain-main. Mempunyai potensi beragam ikan laut. Di pinggiran pantainya terdapat perahu nelayan yang berjajar. Di Pantai Ngrenehan Anda bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan di Tempat Pelelangan Ikan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner olahan ikan laut.

Alamat: Kanigoro, Saptosari, Yogyakarta.

HTM: Rp3.000,-

 

Share artikel ...
Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat