Iklan Gratis
Home / Indonesia / Jawa Barat / Bekasi / 5 Kuliner Jawa Tengah Yang Mesti Anda Cicipi Kelezatannya

5 Kuliner Jawa Tengah Yang Mesti Anda Cicipi Kelezatannya

5 Kuliner Jawa Tengah Yang Mesti Anda Cicipi Kelezatannya

 

Berwisata ke Jawa tengah belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi kelezatan kulinernya. Dari kuliner yang tradisional hingga kuliner yang kekinian. Kuliner Jawa Tengah mempunyai ciri khas yang menarik dengan bumbu rempah-rempah yang kuat. Selain itu, harga yang terjangkau pada setiap jenis makanan yang dijual juga menjadi keunikan tersendiri lantas Anda bisa menikmati banyak makanan tanpa perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Berikut beberapa pilihan kuliner Jawa Tengah yang bisa Anda coba:

 

1. Tengkleng Khas Solo

Tengkleng adalah salah satu kuliner khas Solo, Jawa Tengah. Tengkleng merupakan sajian kuliner yang hampir mirip dengan gulai. Masakan sejenis sup yang terbuat dari tulang kambing ini mempunyai kuah yang lezat. Tulang yang digunakan pun juga masih ada daging yang menempel.  Bahkan di beberapa tempat kuliner menggunakan daging untuk  penyajiannya.

Meski dibuat dari daging kambing yang punya ciri khas bau menyengat namun tengkleng tidak demikian karena tengkleng telah dimasak dan dibumbui dengan rempah-rempah khas yang mampu menghilangkan bau tersebut.

idntimes.com

pesantengkleng.blogspot.com

Alamat: Jl. Kolonel Sugiyono No.67, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka: 09.00-19.00 WIB

Harga: 20 ribuan

 

 

2.  Dawet Ireng Khas Purworejo

Dawet Ireng merupakan salah satu minuman segar khas Purworejo. Warna hitam pada dawet ini adalah pewarna alami yang dibuat dari air rendaman abu bakar jerami. Seperti es cendol pada umumnya, dawet ireng disajikan dengan santan, es dan gula merah. Dawet ireng dibuat dari tepung sagu sehingga meski dalam minuman Dawet Ireng bisa menjadi jajanan yang mengenyangkan.

Bukan hanya di Purworejo saja, Dawet Ireng sudah tersebar diberbagai daerah baik di pinggir jalan maupun di kedai hits yang kekinian.

 

3. Getuk Goreng Khas Banyumas

Getuk, olahan singkong yang dikukus lalu ditumbuk ini menjadi makanan khas Jawa Tengah. Namun untuk di Banyumas getuk disajikan dengan cara digoeng terlebih dahulu. Rasa gurih berpadu dengan rasa manis gula merah dan kriuk luarnya membuat Getuk Goreng ini menjadi disukai oleh masyarakat.

Bahkan Getuk Goreng telah menjadi oleh-oleh khas Banyumas yang bisa di temukan di pusat oleh-oleh.

 

 

4. Nasi Gandul Khas Pati

Nasi Gandul  hampir mirip dengan nasi semur daging. Nasi Gandul adalah makanan khas Pati, Jawa Tengah. nasi Gandul mempunyai cita rasa yang gurih seperti nasi uduk, hanya saja Nasi Gandul penyajiannya bersama kuah kental. Nasi Gandul masih menggunakan daun pisang sebagai alasnya sehingga semakin menambah selera makan. Nasi Gandul bisa NAda temui diberbagai kota salah satunya di Jabodetabek.

travelingyuk.com

Alamat:

-Nasi Gandul Pakde

Jalan Lingkar Duren Sawit Blok L1 No 5, RT.1/RW.8, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

-Nasi Gandul Khas Pati “Nyah Temoe”

Komp. Kepu, Jl. Baru Tanggul, Jl. Pd. Ungu Permai, Kaliabang Tengah, Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat

 

5. Lumpia Semarang

Mendengar kata Semarang yang terlintas sudah pasti Lumpia. Ya, Lumpia Semarang menjadi makanan khas sekaligus oleh-oleh yang paling banyak diminati oleh wisatawan. Lumpia ini berbeda dengan lumpia pada umumnya, Lumpia Semarang mempunyai varian isi yang beragam seperti rebung, ayam, telur, sayur, hingga udang.

Lumpia Semarang biasa disajikan dengan sambal maupun cabe rawit. Lumpia Semarang tersedia dalam pilihan lumpia basah dan lumpia goreng.

idntimes.com

 

 

Selamat mencoba…

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*