Iklan Gratis
Home / Bali / ALAS KEDATON BALI-Sensasi Berjalan Di Kerumunan Kera

ALAS KEDATON BALI-Sensasi Berjalan Di Kerumunan Kera

ALAS KEDATON BALI-Sensasi Berjalan Di Kerumunan Kera

Pulau Bali adalah sebuah pulau yang memiliki obyek wisata yang cukup banyak dan semua mempunyai ciri khas masing-masing, salah satunya adalah obyek wisata Taman Wisata Alam Alas Kedaton.

Taman Wisata Alas Kedaton berada di Desa Kukuh Kecamatan Marga Kota Tabanan. Bila kita ke tempat ini kita harus menempuh jarak sepanjang 4 Km dari Kota Tabanan atau sekitar satu jam dari Kota Denpasar.

 



 

Sebelum memasuki area ini terlebih dahulu kita harus membeli tiket masuk dengan harga Rp. 7.500,- untuk orang dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak. Setelah memberikan tiket ke petugas maka kita akan memasuki tempat yang di dalamnya seperti hutan, namun tertata dengan baik. Sambil menikmati pemandangan hutan lindung, kita akan melihat kumpulan kera di sepanjang jalan. Kera ini cukup jinak dan sering bertingkah lucu terkadang para pengunjung banyak mengabadikannya melalui kamera ataupun Handy Cam. Selama kita tidak mengganggu dan mengusik mereka, kera-kera itupun akan tenang.

Memasuki lebih dalam lagi kita akan melihat kumpulan kelelawar yang bergelantungan pada dahan-dahan pohon, kita juga dapat berfoto dengan kelelawar tersebut hanya dengan membayar Rp. 10.000,- disamping itu kita juga dapat memberikan minum ke mereka yaitu minuman soda, mereka sangat menyukainya.

alas-kedaton11

Kera-kera yang ada di Taman Wisata ini berada dimana-mana, terkadang ada juga kera yang cukup iseng biasanya mereka mengambil barang bawaan yang kita bawa, sering terjadi kaca mata yang sedang dipakai para pengunjung raib karena di rebut langsung oleh kera tersebut, jadi kami sarankan jangan memakai kaca mata bila ke tempat ini.

Pura Dalem Kahyangan Kedaton

Taman Wisata Alas Kedaton juga memiliki obyek wisata yang cukup menarik, yaitu pura. Pura ini dinamakan Pura Dalem Kahyangan Kedaton atau Pura Alas Kedaton. Pura ini terdapat pada ujung kawasan yang disamping kiri kanannya adalah sebuah tebing. Di luar pura ini dikarenakan sebuah tebing, kita dapat melihat langsung pemandangan laut yang luas dan cukup indah serta guliran ombak yang silih berganti dari atas tebing.

Pura Alas Kedaton menurut peneliti arkeologis dibangun oleh Mpu Kuturan semasa pemerintahan raja Sri Masuli pada tahun 1100 Saka (Tahun 1178). Pada saat itu Mpu Kuturan adalah salah satu penasehat raja. Pura ini menghadap ke barat dan memiliki 4 buah pintu masuk dengan struktur bangunan yang cukup kuno serta sederhana.

Di Pura ini juga sering dilakukan acara Piodalan Pura atau Hari Jadi, acara ini dilakukan setiap 6 bulan sekali yaitu pada hari selasa kliwon.

 




 

Selepas dari Pura kita akan melalui jalanan menurun dengan tangga-tangga kecil, jumlah anak tangga ini diperkirakan sekitar 300 anak tangga. Letak tangga ini berada di samping tebing sehingga sambil menuruni anak tangga kita dapat sekaligus menikmati indahnya pemandangan laut. Terkadang kita dapat melihat dari atas, wisatawan khususnya dari mancanegara memanfaatkan ombak yang ada di laut tersebut dengan berselancar.

alas-kedaton-2

Selepas menuruni anak tangga kita akan langsung menuju pintu keluar kawasan ini, masih saja banyak kera-kera yang sedang bermain dan terkadang sering melakukan atraksi-atraksi yang membuat kita tertawa. Bagi yang kurang nyaman dengan kera-kera  ini sebaiknya berjalan kaki tidak sendirian karena kera-kera tersebut sering menghampiri pengunjung yang berjalan sendiri, namun bila terpaksa kita cukup memegang tongkat dipastikan kera-kera tersebut tidak akan berani menghampiri kita.

Ke tempat ini dipastikan kita akan memiliki berbagai pengalaman yang cukup menarik dan menegangkan.

Selamat berwisata…

 

 






 

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.