Iklan Gratis
Home / Indonesia / Benteng Kuto Besak-Benteng Bersejarah Kota Palembang

Benteng Kuto Besak-Benteng Bersejarah Kota Palembang

Benteng Kuto Besak-Benteng Bersejarah Kota Palembang

Berwisata ke Palembang, banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata alam hingga tempat wisata sejarahnya menyajikan pemandangan yang indah. Menghabiskan waktu di Kota Palembang akan menjadi pengalaman berharga bagi Anda. Salah satunya jika Anda berkunjung ke keraton bersejarah, Benteng Kuto Besak Palembang.

Kuto Besak adalah pusat Kesultanan Palembang yang didirikan pada tahun 1780 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Benteng Kuto Besak dibuat dengan arsitektur keraton. Konon, semen perekat bata yang digunakan batu kapur Sungai Ogan yang dicampur dengan putih telur. Benteng Kuto Besak menghabiskan waktu selama 17 tahun dalam pembangunannya. Kemudian Benteng Kuto Besak mulai ditempati pada tahun 1797.

Benteng Kuto Besak mempunyai letak yang strategis. Posisi bangunannya tepat menghadap ke Sungai Musi. Benteng Kuto Besak menjadi tempat wisata sejarah yang juga menyajikan pemandangan alam yang indah.  Benteng Kuto Besak saat ini dijadikan sebagai markas Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya.

Selain Benteng Kuto Besak terdapat Plaza Benteng Kuto Besak yang menjadi sentral hiburan dengan pengunjung yang banyak. Dari lokasi benteng tampak keindahan Sungai Musi yang mengalir dengan tenang. Bangunan-bangunan bersejarah nan megah dikelilingi pohon palem.

Benteng Kuto Besak bukan hanya menarik saat siang hari. Pada waktu malam hari pemandangan dari Benteng Kuto Besak jauh lebih indah dengan adanya pancaran lampu yang memantulkan cahaya di permukaan Sungai Musi. Suasana gelap tampak berubah menjadi lebih berwarna seperti layaknya bintang yang bertebaran di langit.

Untuk sampai di sana, Anda bisa menempuhnya dari bandara menggunakan taksi atau angkutan umum yang melewati kawasan Benteng Kuto Besak. Untuk penginapan, Di sekitar Benteng Kuto Besak terdapat berbagai macam hotel dengan beragam harga dan fasilitas yang menggiurkan.

 

 

 

Alamat: Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113

Jam Buka: Senin-Jumat 08.00-21.00

 

 

 

 

Selamat Berwisata…

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*