Iklan Gratis
Home / Indonesia / Candi Muara Takus-Menelisik Candi Bersejarah Yang Ada Di Pekanbaru

Candi Muara Takus-Menelisik Candi Bersejarah Yang Ada Di Pekanbaru

Pekanbaru mempunyai banyak objek wisata yang menarik. Pekan baru identik dengan budaya Melayu yang khas. Pekanbaru tidak hanya wisata alamnya yang indah, wisata sejarahnya pun menarik. Salah satunya adalah objek wisata Candi Muara Takus. Candi tersebut berada sejauh 135 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari Pekanbaru.

Candi Muara Takus

Merupakan salah satu candi bercorak Budha yang ada di Muara Takus, Kecamatan Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Candi Muara takus didirikan sekitar abad ke 5-6. Bahan pembuatannya masih sangat sederhana. Hanya menggunakan batu pasir, batu sungai dan batu bata.

Muara Takus berasal dari nama anak sungai yang bermuara ke Batang Kampar Kanan. Pada tahun 1977 menyatakan bahwa Muara takus terdiri dari dua kata yaitu “Muara” dan “Takus. “Muara” berarti tempat dimana sebuah sungai mengakhiri alirannya ke laut atau sungai yang lebih besar, sedangkan “Takus” berasal dari Bahasa China yang artinya : TA = besar, KU = Tua, SE = Candi. Jadi arti keseluruhannya¬† adalah Candi Tua yang besar yang terletak di Muara Sungai.




 Candi Muara Takus berada di tempat yang strategis. Selain itu tempatnya juga banyak dikelilingi pepohonan. Udara di sana pun terasa nyaman dan menyejukkan. Sambil menelusuri sejarah Anda pun bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Terlebih lagi saat langit cerah, pemandangannyapun akan jauh lebih indah. Sangat cocok untuk mengabadikan foto.

Candi Mahligai

Atau yang sering disebut juga dengan Stupa Mahligai mempunyai ukuran 9,44 m x 10,6 m. Candi Mahligai berbentuk stupa dengan lukisan dan relief di permukaannya. Candi Mahligai masih berdiri dengan kokoh. Batu bata tersusun dengan rapi. Menjadi pemandangan klasik nan unik.



Selain itu, juga ada Candi Tua, Candi Bungsu, dan Candi Palangka. Masing-masing candi mempunyai karakteristik yang berbeda begitu pun juga ukurannya. Berada di kawasan Candi Muara Takus membuat Anda semakin kagum dengan Indonesia yang kaya akan budaya.

Di kawasan wisata Candi Muara Takus juga banyak penginapan. Sehingga, Anda yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir untuk bermalam. Selain itu, berbagai toko dan kios souvenir juga berjajar di sepanjang kawsan. Tempat makan dengan model lesehan dan meja kursi juga bisa Anda temukan di kawsan tersebut.

Untuk sampai di Candi Muara Takus, Anda bisa melewati jalur lintas Riau-Sumatera Barat. Sekitar 135 km bisa Anda tempuh melalui perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam.

 

 

Lokasi: Candi Muara Takus

Muara Takus, Kecamatan Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat