Iklan Gratis
Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Candi Sambisari-Menelusuri Sejarah Candi Siwa Di Yogyakarta

Candi Sambisari-Menelusuri Sejarah Candi Siwa Di Yogyakarta

Candi Sambisari adalah bagian Candi Siwa (Candi Hindu). Menelusuri sejarah Candi Siwa di Yogyakarta, Candi Sambisari Yogyakarta tempatnya. Berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi Sambisari ditemukan pada 1966 yang kemudian dipugar oleh Dinas Purbakala pada tahun 1986. Candi tersebut ditemukan di Desa Sambisari sehingga, langsung diambil untuk penamaan candi tersebut menjadi Candi Sambisari.

Sejarah Candi Sambisari

Candi ini ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di Desa Sambisari dan dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala. Nama desa ini kemudian diabadikan menjadi nama candi tersebut. Candi Sambisari berada di sebelah Timur kota Yogyakarta sekitar 12 km. Jika dari Solo sekitar 4 km.





 Tidak seperti candi-candi pada umumnya, Candi Sambisari berada di bawah permukaan tanah setinggi 6,5 meter. Sehingga, untuk sampai di kawasan candi Anda harus menuruni tangga yang cukup panjang. Selain itu kawasan candi juga terdapat pagar batu yang mengelilingi Candi Sambisari. Terdapat berbagai macam patung Hindu yang berdiri di sekitar kawasan Candi Sambisari.

Pesona Candi Sambisari

Meski sudah berpuluh tahun, bangunan candi masih berdiri dengan kokoh. Bangunan didominasi oleh batu bata dan batuan kali. Candi Sambisari terdiri dari 1 candi besar dan 3 candi kecil. Masing-masing candi terdapat benda bersejarah di dalamnya.

Hamparan rumput hijau yang menghampar luas di sela-sela bangunan candi semakin menambah keindahan pemandangan bangunan tua tersebut. Meski terbilang kuno namun, bangunan Candi Sambisari justru kerap dijadikan sebagai setting foto prewed.



Setelah mengelilingi candi dan mengamati setiap bangunannya. Kemudian Anda bisa menemukan bukti-bukti sejarahnya pada museum mini yang masih berada di kawasan candi. Museum ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada saat hari libur. Selain wisatawan, pengamat sejarah juga banyak yang berkunjung untuk menelusuri sejarah bangunan yang ada.

 

 

Alamat Candi Sambisari:

Jl. Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

 

Peta Lokasi :

Loading map...

Loading

 

Share artikel ...
Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat