Iklan Gratis
Home / Bali / DANAU BERATAN-BEDUGUL BALI

DANAU BERATAN-BEDUGUL BALI

Danau beratan adalah salah satu obyek wisata alam yang terdapat di daerah Bedugul-Bali.

pura-ulun-danu-bedugul-bali

Foto: plesiryuk.com

Lokasi Danau Beratan

Danau Beratan terletak di Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Danau Beratan-Bedugul Bali

Di tengah-tengah danau Beratan terdapat beberapa Pura yang kawasan pura ini dinamakan Pura Ulun Danu. Sejarah pura ini tertuils di dalam Lontar Babad Mengwi, Pura ini dahulu didirikan oleh I Gusti Agung Putu yang merupakan Raja Kerajaan Mengwi pada tahun Saka 1556, Pura ini dipercaya bersemayam Dewi Sri atau Dewi Kesuburan. Pura ini berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, yaitu guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran. Kesejahteraan manusia dan kelestarian alam semesta.

bedugul

Pesona Danau Beratan

Tempat wisata ini berada pada daratan tinggi dengan suhu udara sekitar 18 derajat celcius. Kondisi cuaca ini membuat daerah ini kelihatan sering berkabut dan cukup dingin, bila di siang hari terik panas matahari tidak akan terasa. Kondisi ini membuat banyak para pengunjung yang tertarik untuk menikmati cuaca dan obyek wisata Danu Beratan.

23-danau-beratan-bedugul

Salah satu tempat yang sangat digemari oleh pengunjung di tempat ini yaitu Pura Ulun Danu yang terdapat di tengah Danau. Pura ini terdiri dari 4 Pura yaitu Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang dan Pura Dalem Purwa. Pura ini memiliki bangunan atap yang bertingkat-tingkat, dan agak terpisah antara pura satu dengan pura lainnya. Oleh karena keindahan Pura ini oleh Pemerintah Indonesia Pura ini diabadikan ke dalam uang pecahan Rp. 50.000,- sebagai salah satu keajaiban dan keunikan di daerah Negara Indonesia.

pura-ulundanu-di-uang

Foto: 1001malam.com

Namun saat ini untuk menuju pura tersebut kita tidak perlu melalui danau, karena terdapat pintu masuk ke kawasan pura untuk langsung mendekat dan menikmati pura tersebut yang kelihatannya agak terpisah dengan Danau Beratan namun masih merupakan satu kawasan. Bila berjalan kaki cukup lumayan sehingga pengunjung sering menggunakan kendaraan bila ingin ke Pura Ulun Danu.

pura-ulun-danu-bedugul-bali3-1024x683

Selain Pura, pada bibir danau terdapat jejeran perahu kecil yang disewakan. Perahu ini dapat kita sewa untuk menikmati langsung pemandangan alam danau yang di kitari oleh pohon-pohon besar di sekelilingnya dengan cuaca yang cukup dingin. Ke Pusat Pura Ulun Danu pun kita dapat nikmati melalui perahu, namun kita hanya dapat melihat pemandangannya dan tidak dapat turun langsung karena tidak terdapatnya tempat untuk menurunkan penumpang ke pura tersebut.

danau-bedugul

Foto: sobatpetualang.com

Pusat Pura Ulun Danu dapat kita lihat melalui tingkatan atap yang bertingkat atau berjenjang, pusat pura akan kelihatan lebih tinggi dibandingkan dengan pura lainnya.

Akses Menuju Danau Beratan

Untuk menuju lokasi Danau Beratan diperlukan waktu sekitar 2,5 jam dari Bandara Ngurah Rai. Bila menaiki kendaraan kita harus menempuh jarak sekitar 45 Km dari pusat Kabupaten Tabanan atau sekitar 70 Km dari Kota Denpasar ke arah utara mengikuti jalan raya.

 

 

Harga Tiket Masuk dan Biaya Akomodasi

Untuk masuk ke kawasan Danau Beratan dan melihat Pura Ulun Danu Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000,- dan biaya sewa kapal/perahu mulai dari Rp30.000,-. Selain itu, untuk biaya parkir Anda akan dikenakan biaya Rp5.000,-.

Foto: panoramio.com

Foto: panoramio.com

Bicara soal kuliner, di samping Pura tersebut di seberang jalan Danau beratan terdapat sebuah restoran yang cukup banyak pengunjungnya. Di restoran ini memiliki makanan yang cukup beragam dan cara pelayanannya secara prasmanan sehingga kita seperti berada di rumah sendiri.

51025312

Foto: panoramio.com

Melalui restoran ini kita dapat juga menikmati pemandangan alam Danau Beratan di karenakan letaknya yang langsung berhadapan dengan Danau. Biasanya para pengunjung wisata Danau Beratan memarkirkan kendaraannya di restoran ini.

 

Pada kawasan Bedugul selain obyek wisata Danau Beratan tidak jauh dari tempat ini yaitu sekitar 2 Km terdapat obyek wisata lain yaitu Kebun Raya Eka Karya – Bedugul, yang mempunyai pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan Danau Beratan.kebun-raya

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*