Home / Indonesia / DANAU SENTARUM KALIMANTAN BARAT

DANAU SENTARUM KALIMANTAN BARAT

DANAU SENTARUM KALIMANTAN BARAT

Taman Nasional Danau Sentarum merupakan sebuah kawasan wisata yang difungsikan untuk melindungi berbagai keanekaragaman ekosistem yang ada di wilayah Danau Sentarum. Danau ini secara administratif berlokasi di 7 kecamatan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, wilayah Kecamatannya yaitu Kecamatan Semitau, Suhaid, Bunut Hilir, Jongkong, Badau, Selimbau, dan Batang Lupar.

sentarum

Danau Sentarum pada tanggal 15 Juni 1981 di tunjuk sebagai kawasan cagar alam melalui SK Dirjen Kehutanan No.2240/DJ/I/1981 tanggal 15 Jun 1981 dengan luas wilayah 80.000 Ha, selanjutnya danau ini ditetapkan sebagai Kawasan Suaka Alam pada tahun 1982 dengan SK No. 757/Kpts/Um/10/1982.

Pada tanggal 4 Februari 1999, kawasan ini berubah fungsi menjadi kawasan Taman Nasional Danau Sentarum melalui SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 34/Kpts-II/1999 dengan luas wilayah 132.000 hektar. Sedangkan untuk pengelolaannya Taman ini diatur oleh Unit Pelaksana Teknis Balai Taman Nasional Danau Sentarum yang dibentuk melalui Peraturan Pemerintah No. P.03/Menhut-II/2007 tanggal 1 Februari 2007. Untuk sementara kantor UPT Balai Taman Nasional Danau Sentarum berada di wilayah Kabupaten Sintang.

 



 

Untuk menuju ke Taman Nasional yang memiliki luas kawasaan 132.000 hektar ini dibutuhkan waktu sekitar 9 jam dari kota Pontianak.

Dari Pontianak kita menggunakan pesawat terbang kecil ke daerah Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, selanjutnya kita menuju Nanga Suhaid Jurusan Sintang dengan menggunakan Speedboat 40 PK selama 5 jam kemudian kita berganti speedboat kembali untuk ke Taman Nasional Danau Sentarum dengan waktu sekitar 2 jam. Bila kita menggunakan kendaraan umum bus kita dapat mengambil jurusan Pontianak – Sintang dengan waktu tempuh sekitar 8 – 9 jam, dari Sintang kita ke daerah Semitau dengan menggunakan minibus L300 selama 4 jam, selanjutnya kita menggunakan speedboat selama 5 jam ke kawasan wisata ini.

Foto: daerahkapuashulu.blogspot.com

Foto: daerahkapuashulu.blogspot.com

Taman Nasional Danau Sentarum

Memasuki kawasan Taman Nasional Danau Sentarum kita harus membayar tiket masuk seharga Rp. 1.500,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 15.000,- untuk wisatawan Mancanegara.

Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum berada di tengah-tengah jajaran pegunungan yaitu pegunungan Lanjak di sebelah utara, pegunungan Muller di sebelah Timur, Dataran Tinggi Madi di sebelah selatan dan Pegunungan Kelingkang di Sebelah Barat. Letka tersebut yang menjadikan kawasan Taman ini sebagai daerah tangkapan air hujan dengan kedalaman sekitar 6-14 meter.

Di kawasan ini juga terdapat 2 buah sungai yaitu sungai Tawang dan sungai Leboyan. Sungai Tawang merupakan sungai yang menghubungkan antara sungai Kapuas dengan komplek danau yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum sedangkan Sungai Leboyan berhulu ke sungai Embaloh.

 

 




 

Taman Nasional Danau Sentarum memiliki potensi wisata yang cukup baik dan menarik untuk kita kunjungi. Di tempat wisata ini terdapat kehidupan flora dan fauna dengan beberapa habitat yang ada di sekitar kawasan.  Habitat yang ada yaitu antara lain, Hutan Rapak Gelgah (Hutan Rawa Kerdil) yang ditandai dengan banyaknya putat dan mentagis, kayu hutan dan kebesi,. Habitat berikutnya yaitu Hutan Rawa Terhalang disini banyak tumbuh pohon kamsia, selanjutnya habitat Pepah (Hutan Rawa Tegakan) disini ditumbuhin pohon kelansau, emang dan Melaban, Hutan Tepian (Hutan Riparian) hutan ini terdapat di tepian sungai besar dengan ditumbuhi Rengas Merah dan Tembesu, Hutan Rawa Gambut yang berada di daerah yang tinggi yang banyak ditumbuhi bintangur, kapur dan terindak, Hutan Dataran Rendah Perbukitan dan habitat Hutan Kerangas .

Foto: djehanprakoso.it.student.pens.ac.id

Foto: djehanprakoso.it.student.pens.ac.id

Selain habitat yang ada di Taman Nasional ini juga terdapat kehidupan flora dan fauna, untuk kehidupan faunanya terdapat Ikan tawar yang memiliki jumlah sekitar 265 jenis, Mamalia dengan 147 jenis mamalia dan sebagian besar di lindungi karena kelangkaannya seperti bekantan, Burung sebanyak 310 jenis burung  dan 31 jenis Reptil. Sedangkan kehidupan flora yang terdapat di kawasan wisata ini tercatat sekitar 675 species yang tergolong dalam 97 suku. Yang paling mengagumkan di tempat ini terdapat tumbuhan yang sama dengan tumbuhan yang ada di wialayah Amazon – Afrika yaitu pohon pungguk.

Foto: retaoktavia.blogspot.com

Foto: retaoktavia.blogspot.com

Berada di Taman Nasional Danau Sentarum seolah-olah kita berada di alam luas yang lengkap dengan kehidupan alamnya, kita akan merasa kecil di tengah-tengah ciptaan Sang Pencipta ini.

Selepas menikmati alam wisata ini kita dapat kembali ke Kota Pontianak untuk melanjutkan ke tempat wisata yang lain yaitu obyek wisata Air Terjun Riam Merasap yang berjarak sekitar 300 Km dari Kota Pontianak.

Foto: lovebanget.com

Foto: lovebanget.com

 

 






 


Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.