Home / Indonesia / Danau Singkarak-Pesona Danau Terbesar Di Sumatera

Danau Singkarak-Pesona Danau Terbesar Di Sumatera

Danau Singkarak, tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatera Barat. Begitu pun juga wisatawan, kini wisatawan dari berbagai daerah silih berdatangan mengunjungi Sumatera. Potensi wisata yang ada di Sumatera Barat semakin ramai pengunjung. Dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kulinernya. Salah satu wisata alam yang menarik untuk Anda kunjungi adalah Danau Singkarak.




Danau Singkarak

Danau ini merupakan danau terbesar kedua di Sumatera. Danau cantik tersebut berada di antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Memiliki luas sekitar 11.200 hektar dengan panjang 20 km. Bagian dari hulu Batang Ombilin yang dimanfaatkan untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak.

Danau ini terbentuk karena adanya aktivitas lempeng bumi Sesar Sumatera tepatnya di cekungan Singkarak-Solok. Mulanya saat Danau ini ditemukan tahun 1905 panjangnya masih sekitar 3 km. Kemudian bertambah setiap lempengnya bergeser hingga sekarang menjadi 23 km.

Kawasan danau dikelilingi oleh perbukitan yang hijau sehingga, suasananya sangat sejuk. Pemandangannya pun juga sangat indah jika dipandang dari segala arah. Nampak di sekitar danau banyak kapal nelayan yang berlalu lalang mencari ikan. Juga kapal wisatawan yang sedang mengelilingi danau.



Saat menjelang sore, Anda pun juga bisa menikmati keindahan sunset yang memukau. Rona jingga mengantar matahari kembali ke peristirahatannya. Kemudian pada waktu tertentu Anda bisa melihat kereta yang melintas di atas danau. Tampak juga pengunungan yang berjajar rapi di seberang danau.

Potensi Danau Singkarak

Danau ini mempunyai banyak potensi. Mulai dari ikan yang melimpah hingga tempat strategis untuk berdagang. Potensi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain untuk dijadikan sebagai mata pencaharian, hal tersebut juga sekaligus untuk menyambut kedatangan para wisatawan dengan memenuhi kebutuhannya.

Dengan kedalaman sekitar 268 meter, Danau ini mempunyai berbagai macam ikan di dalamnya. Ada ikan bilih, ikan asang, ikan rinuak, ikan jabuih, ikan gurami, ikan belok, ikan sepat, ikan tilan, ikan gabus, ikan mujair dan masih banyak lagi. Tak heran jika di sekitar danau akan banyak Anda temui orang yang memancing ikan maupun menjala ikan.

Tidak sampai di situ saja, selain Anda bisa membeli ikan segar. Anda pun juga bisa menikmati berbagai kuliner hasil dari danau tersebut. Banyak warung yang berjejeran di sekitar danau. Menyajikan berbagai macam olahan ikan yang mengguggah selera. Anda pun bisa menikmati kesejukan udara di danau ini sambil menikmati kuliner.

 

Lokasi:

Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia.