Home / Tempat Wisata / DANAU TONDANO
Danau Tondano Sulawesi Utara
Danau Tondano

DANAU TONDANO

Danau Tondano adalah salah satu obyek wisata danau yang cukup luas terletak di antara tiga Desa yaitu Eris, Kakas dan Remboken, Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut legenda dahulu kala di tempat ini terdapat 2 Gunung yang menjulang tinggi, di kedua lereng tersebut berdiri suatu kampung yaitu pada sebelah utara maupun selatan. Di wilayah selatan di kuasai oleh seorang Tonaas (Penguasa) yang memiliki putra tunggal yang bernama maharimbow sedangkan di penguasa sebelah utara memiliki seorang putri tunggal yang bernama marimbow. Penguasa dari utara sangatlah khawatir dengan putri tunggalnya, untuk itu penguasa utara tersebut memiliki ide yang cukup aneh yaitu si putri diminta untuk berpakaian layaknya seorang laki-laki dan meminta anaknya tersebut untuk tidak menikah. Oleh sang putri disetujui dan diikrarkan dalam suatu upacara yang apabila hal tersebut dilanggar maka akan timbul bencana.

Selang beberapa lama, kedua putra dan putri tersebut beranjak dewasa dan dalam suatu kejadian kedua pewaris tahta tersebut saling bertemu. Pertemuan tersebut diwarnai dengan pertengkaran yang cukup sengit, namun maharimbow merasa bahwa lawannya adalah seorang perempuan, untuk itu dia berusaha mencari tahu. Setelah maharimbow berhasil membuka tabir marimbow maka kedua pewaris tahta tersebut saling jatuh hati dan menjadi sepasang suami istri. Pertemuan ini membuat sumpah yang diikrarkan telah di langgar, maka Keesokan harinya terjadi bencana gempa dan gunung meletus yang begitu dahsyat sehingga memusnahkan daerah itu dengan bebatuan dan larva serta berubah bentuk menjadi suatu kubangan besar yang akhirnya menjadi sebuah danau yang sekarang disebut Danau Tandano.

Untuk menuju lokasi ini diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Manado dengan menggunakan kendaraan pribadi. Posisi Danau Tondano berada 600 meter diatas permukaan laut dan mempunyai luas 4.278 hektar persegi dengan pemandangan pegunungan dan lembah di sekelilingnya.

 

Danau Tondano di apit oleh empat dataran tinggi yaitu Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Hal ini membuat suasana alam di danau ini semakin indah dan mempesona. Pada pinggiran danau dapat kita lihat beberapa bangunan yang terbuat dari bambu dengan posisi menjorok ke tengah danau dan mirip sebuah dermaga, sangat cocok untuk menikmati suasana Danau Tondano dengan hembusan angin yang cukup kencang disertai warna angin yang cukup gelap namun bukan berarti hujan.

Bila kita ingin menikmati langsung keindahan Danau Tondano kita dapat menyewa kapal kecil yang terdapat di pinggiran Danau. Di sekitar danau terdapat juga beberapa nelayan yang mencoba untuk mencari ikan di tempat ini.

 

Jenis ikan yang ada di Danau Tondano ini yaitu salah satunya ikan betutu. Ikan ini merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan di luar negeri memiliki harga yang mencapai ratusan ribu per kilo. Oleh penduduk setempat ikan ini banyak diternakkan, hal ini dapat kita lihat banyaknya tambak yang terbuat dari bambu di pinggir Danau Tondano. Pemandangan ini juga merupakan salah satu keindahan yang dimiliki oleh Danau ini.

Danau yang memiliki wilayah yang cukup luas ini terasa kurang bila kita menikmatinya tidak sambil berkeliling. Dengan menaiki kendaraan pribadi kita dapat melihat pemandangan Danau Tondano dari segala penjuru, di samping itu di sela-sela perjalanan pasti kita akan dipaksa oleh keindahan alam Danau Tondano untuk berhenti sejenak sambil berfoto untuk mengabadikan keindahan alam yang menakjubkan dengan pepohonan disekelilingnya yang cukup rimbun. Untuk berkeliling kita membutuhkan waktu yang cukup lumayan yaitu sekitar 1 jam, oleh karenanya sebaiknya hal ini dilakukan sambil kita menuju arah pulang.

Selain Danau Tondano kita dapat pula mengunjungi obyek wisata Bukit Kasih yang juga memiliki keindahan serta keunikan tersendiri. Jarak yang harus kita tempuh untuk ke tempat ini yaitu sekitar 1 jam perjalanan dari Danau Tondano.

 

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.