Iklan Gratis
Home / Indonesia / Dataran Dieng-Pesona Candi Arjuna Yang Tiada Duanya

Dataran Dieng-Pesona Candi Arjuna Yang Tiada Duanya

Dataran Dieng-Pesona Candi Arjuna Yang Tiada Duanya

Dieng terkenal dengan pemandangan alam dan suasana yang sejuk. Dieng adalah kawasan vulkanik Jawa Tengah yang berada di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan Dieng berada di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Dieng berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Pada siang hari suhu mencapai 12-20 dc dan pada malam hari suhu mencapai 6-10 dc. Suhu di Dieng mencapai 0 dc di pagi hari pada saat kemarau sekitar bulan Juli sampai Agustus. Pada bulan tersebut petani mengalami gagal panen karena embun membeku dan menyebabkan kerusakan tanaman. Fenomena tersebut sering disebut dengan bun upas (embun racun).

Pemberian nama Dieng berasal dari istilah Jawa Kawi “di” yang berarti tempat dan “Hyang” yang berarti dewa. Dengan kata lain Dieng berarti tempat bersemayam para dewa.

Aktifitas vulkanik Dieng sangat menarik untuk dijelajahi, karenanya banyak air panas di dekat kawah gunung. Banyak cekungan danau yang mempunyai warna hijau bercampur belerang. Pun juga banyak kaldera yang berada diantara gunung-gunung.

Sebagai tempat wisata, bukan hanya tempat bersejarah dan perkebunan yang bisa Anda kunjungi. Terdapat banyak pilihan kawah, puncak dan danau vulkanik yang menawan. Untuk kawah Anda bisa mengunjungi beberapa kawah yang populer seperti Kawah Sikidang, Kawah Sibanteng dan Kawah Sileri, Sinila serta Kawah Timbang. Kemudian puncak gunung yang akan memanjakan Anda dengan berbagai pesonanya, seperti Puncak Gunung Sikunir, Puncak Gunung Prau, Puncak Gunung Sumbing, Puncak Gunung Sindoro, dan Puncak Gunung Pakuwaja. Untuk danau vulkanik Anda bisa mengunjungi Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Dringo, Telaga Mardada dan Telaga Cebong.

Selain berbagai destinasi wisata perkebunan, kawah, puncak dan danau vulkanik. Anda juga bisa mengunjungi situs sejarah Candi Arjuna.

Candi Arjuna berada di Kompleks Percandian Arjuna tepatnya di sebelah utara. Satu tempat dengan Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan Candi Srikandi. Candi Arjuna dibangun menghadap ke arah Barat. Dimana ukurannya 6×6 m lengkap dengan relung berhias kala makara. Atap candi tersusun mengerucut dengan menara kecil disetiap sudutnya.

Disekitar Candi Arjuna dikelilingi oleh bukit hijau yang asri. Pemandangan indah berpadu dengan udara sejuk akan membuat Anda semakin terpesona. Keunikan setiap bangunan candi begitu menarik untuk dijadikan sebagai spot foto yang apik.

rahmaliza.weebly.com

Berdasarkan prasasti yang ditemukan, Candi Arjuna diperkirakan dibangun pada sekitar abad IX. Di kawasan Candi Arjuna dulunya adalah perkebunan kentang, sayur dan bunga. Sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, oleh Dispar Banjarnegara dan Kelompok Sadar Wisata dikembangkan dengan acara adat yang diberi nama Festival Budaya Dieng (Dieng Culture Festival). Diadakan setiap satu tahun sekali pada bulan Agustus tanggal 5-8. Selama beberapa hari akan ditampilkan berbagai macam budaya Dieng yang bisa dinikmati siapa pun.

 

Alamat:

Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456 Indonesia

Rute:

1. Yogyakarta-Magelang-Wonosobo-Dieng.

2. Jakarta-Purwokerto-Wonosobo-Dieng.

 

 

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*