Iklan Gratis
Home / Indonesia / Air Terjun Sedudo Nganjuk-Mistis Bagi Masyarakat Setempat Namun Eksotis Bagi Wisatawan

Air Terjun Sedudo Nganjuk-Mistis Bagi Masyarakat Setempat Namun Eksotis Bagi Wisatawan

Jawa Timur memang mempunyai banyak destinasi wisata yang selalu mampu menarik minat wisatawan. Terutama wisata alamnya yang menyuguhkan panorama indah membuat siapa pun akan terbuai olehnya. Meski banyak objek wisata yang dianggap mistis oleh masyarakat setempat namun, hal itu tidak begitu menyurutkan minat wisatawan untuk menikmati Objek wisata yang menurut kebanyakan orang sangat eksotis. Di mana pun tempatnya, wisata alam selalu diburu wisatawan. Seperti Air Terjun Sedudo Nganjuk yang pesonanya telah dikenal banyak wisatawan.

Foto: alamasedy.com

Foto: alamasedy.com

 

Air Terjun Sedudo merupakan sebuah objek wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan pusat kota Nganjuk atau sekitar 45 menit perjalanan. Berada pada ketinggian 1.438 mdpl dengan air terjun setinggi kurang lebih 110 meter. Meski berada di dataran tinggi namun, akses menuju objek wisatasangat mudah ditempuh terlebih lagi kini fasilitas, sarana dan prasarananya sudah mulai dikelola dengan baik.

Foto: malezzbanget.wordpress.com

Foto: malezzbanget.wordpress.com

Air Terjun Sedudo masih sangat dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Setiap tanggal 1 Muharram atau dalam kalender Jawa tanggal 1 Sura selalu diadakan upacara ritual Parna Prahista yaitu memandikan arca dan sisa airnya dipercikkan untuk keluarga agar mendapat berkah. Konon barang siapa yang mandi di air terjun tersebut pada bulan Sura dipercaya akan awet muda karena air terjun yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit ini diyakini berasal dari sumber mata air kahyangan yang masih suci.

Foto: ulin-ulin.com

Foto: ulin-ulin.com

Panorama Air Terjun Sedudo yang disuguhkan kepada wisatawan sangat eksotis sehingga, mampu mengalihkan citra mistis yang ada. Udara dingin dengan suasana yang sejuk seolah membuat wisatawan betah berlama-lama di air terjun tersebut. Riuhnya suara air terjun yang berebut untuk jatuh dan hijaunya alam disekitarnya semakin membuat wisatawan takjub dengan objek wisata yang satu ini. Selain itu di sini kita juga bisa mengambil foto dengan background panorama alam yang indah.

air-terjun-sedudo-nganjuk

Berbagai fasilitas telah tersedia demi memberi kenyamanan wisatawan. Dari pedagang makanan khas Jawa, oleh-oleh dan souvenir sampai hotel kelas melati dan bintang lima. Makanan khas Jawa yang paling banyak dijual seperti nasi jagung, kerupuk pecel, gethuk, tiwul, ubi, cenil, klepon dan lain sebagainya. Jika kita tidak ingin menikmati makanan lain kita bisa menikmatinya di warung makan yang menjual berbagai makanan goreng sampai kuah, mie instant dan berbagai minuman menyegarkan. Semua tersedia demi memberi kepuasan pada wisatawan. Tidak heran jika semakin hari objek wisata ini semakin diminati banyak wisatawan dari berbagai penjuru kota. Lantaran panorama alamnya yang mempesona dan menyejukkan. Sangat cocok untuk menyegarkan jiwa dan fikiran setelah sepekan bekerja dan bergelut dengan suasana kota yang panas.

Foto: ertwynsaputra.wordpress.com

Foto: ertwynsaputra.wordpress.com

Tempatnya memang tidak begitu strategis, dari Nganjuk kita harus naik ke dataran tinggi Ngliman. Namun, kita tidak perlu khawatir akan tersesat karena disepanjang jalan dari Alun-alun Nganjuk sampai di kawasan objek wisata sudah tertera banyak petunjuk jalan yang jelas.

 

Tips Saat Berwisata ke Objek Wisata Air Terjun Sedudo:

-Pakai pakaian dan alas kaki yang nyaman, karena untuk sampai di lokasi air terjun kita harus menuruni anak tangga yang sangat banyak dan cukup melelahkan.

-Bawa pakaian cadangan, karena sewaktu-waktu baju bisa basah.

-Bawa bekal makanan jika dirasa perlu.

-Karena jauh dari kota, pastikan kendaraan dalam keadaan baik dan bahan bakar tercukupi.

-Selalu waspada dan hati-hati saat berkendara, banyak tikungan dan jalan menanjak.

-Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-Patuhi setiap peraturan yang berlaku di kawasan objek wisata tersebut.

 

HTM:

Hari Biasa: Rp5.000,-

Hari Libur: RP10.000,-

Parkir:

Motor: Rp2.000,-

Mobil: Rp5.000,-

Fasilitas: pedagang, oleh-oleh dan souvenir, area parkir, kamar ganti, kamar mandi, tempat istirahat, musholla, hotel.

Lokasi: Jalan Sedudo,Ngliman, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64475, Indonesia

Rute: Dari Alun-alun Nganjuk-Jl. Ahmad Yani-Jl. Raya (Kediri-Nganjuk)-Jl. Mayjen Supeno-Jl. (Sawahan-Berbek)-Desa Ngliman-Jl. Sedudo-Objek Wisata Air Terjun Sedudo.

 

Foto: satujam.com

Foto: satujam.com

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat