Iklan Gratis
Home / Jawa Timur / Banyuwangi / GREEN BAY BANYUWANGI-PESONA TELUK HIJAU YANG MEMUKAU

GREEN BAY BANYUWANGI-PESONA TELUK HIJAU YANG MEMUKAU

Teluk Hijau merupakan salah satu objek pantai di bawah naungan Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi. Teluk Hijau berada di Desa Sarongan sekitar 90 km ke selatan dari pusat Kota Banyuwangi dan 105 km dari pusat Kota Jember. Dan masih satu jalur dengan Pantai Merah.

114

Teluk hijau mempunyai panorama dengan air laut berwarna biru kehijauan, hamparan pasir putih, air terjun setinggi 8 meter dan tebing karang yang memukau. Teluk Hijau atau yang lebih terkenal dengan Green Bay. Melalui jalan setapak yang berbatu, tebing curam, menuruni bukit dan melewati hutan itulah medan yang harus kita lalui untuk menemukan Teluk Hijau. Meski perjalanannya sangat melelahkan dan medannya tergolong berat namun, hal tersebut tidak pernah menyurutkan minat wisatawan untuk mencapai Teluk Hijau. Lelah yang menerpa akan hilang seketika begitu melihat panorama indah yang ada. Suasana sejuk dengan heningnya pantai seolah membuat kita terlena dan betah berlama-lama di sini. Sejauh mata memandang kita akan dimanjakan oleh panorama alam yang indah dan mempesona. Selain itu, disini kita juga bisa berenang, terdapat air terjun air tawar yang bisa kita gunakan untuk membilas badan setelah berenang. Tapi sayangnya, air terjun ini akan surut jika musim kemarau.

pantai-teluk-hijau-banyuwangi-5

Pantai yang masih menjadi bagian dari Pantai Laut Selatan ini belum banyak dijamah wisatawan sehingga, keadaannya bersih. Dinamakan Teluk Hijau karena pantai ini berada di teluk yang mempunyai air laut berwarna hijau kebiruan. Warna tersebut disebabkan karena adanya pantulan alga dari dasar laut. Bila dipandang dari jauh terlihat seperti Teluk Hijau yang disekelilingnya terdapat tebing dan perbukitan yang hijau juga.

Teluk Hijau 3d

Jika melalui jalur darat, dari Rajegwesi kita memulai perjalanan sejauh 2 km dengan berjalan kaki sekitar 1 jam. Jika, tidak ingin berjalan kaki kita bisa naik kendaraan namun, jalannya sangat curam, banyak tikungan tajam dan masih berbatu. Disepanjang jalan kita akan dimanjakan dengan berbagai panorama alam yang indah. Begitu sampai di Taman Nasional Meru Betiri, kita akan melanjutkan perjalanan lagi sejauh 1 km. Jika dari Rajegwesi melewati jalanan berbatu maka, dari sini kita akan melewati hutan, tebing, lembah dan bebatuan yang curam namun, jangan khawatir ada tali yang bisa kita gunakan untuk berpegangan saat melewatinya. Butuh tenaga yang ekstra untuk menempuhnya. Setelah kita menemukan Pantai Batu itu berati perjalanan tinggal 300 meter lagi, sampailah kita di Teluk Hijau. Lelah yang kita rasa akan digantikan dengan suguhan panorama indah yang tiada duanya.

teluk-ijo

Jika melalui jalur laut, kita bisa menyewa perahu nelayan dari Pantai Rajegwesi dengan harga yang terjangkau. Dari Pantai Rajegwesi kita akan mengarungi Laut Pantai Selatan, sekitar 15 menit perjalanan. Meski begitu, tetap dibutuhkan nyali yang besar karena banyak ombak yang menerpa kita saat di perjalanan. Biasanya para wisatawan memilih jalur laut ini saat pulang, karena keadaan badan yang sudah terlalu lelah dan jalur untuk kembali banyak tanjakan. Sehingga, sudah tidak memungkinkan lagi untuk pulang lewat jalur darat.

pantai-teluk-hijau-750x483

 

Ada beberapa pantai yang sempat kita lewati juga. Kita pun bisa mampir sejenak untuk melepas lelah sambil menikmati panoramanya. Tapi, harus selalu ingat disini jika kita tidak ingin menginap sebaiknya memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

 

Tips saat berwisata ke Teluk Hijau:

  1. Pastikan kondisi fisik prima untuk menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan.
  2. Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena disini jarang ada warung terlebih jika kita telah memasuki hutan.
  3. Bawa pakaian karena sewaktu-waktu pakaian yang kita kenakan bisa basah.
  4. Pakai perlengkapan yang nyaman seperti pakaian, sepatu, tas dan lainnya.
  5. Jangan membawa beban terlalu berat karena akan mempengaruhi jalan kita.
  6. Patuhi peraturan yang berlaku.
  7. Jaga kebersihan.

 

Rute Teluk Hijau:

Jember-Genteng-Jajag-Perempatan Pasar Bangorejo-Pasar Pedotan-Kesilir-Pasar Pesanggrahan-PTPN-Desa Kandangan-Sarongan-Rajegwesi-Teluk Hijau-Sukamade.

HTM: Rp7.500,- per orang

Naik Perahu: Rp25.000,- per orang atau Rp35.000,- pulang pergi

Parkir: motor Rp3.000,- dan mobil Rp10.000,-

Lokasi Teluk Hijau:

Taman Nasional Meru Betiri,

Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488, Indonesia

Jam Buka: 07.00-16.30 WIB

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat