Home / Indonesia / Panorama Alam Hingga Mysterious Road Mengundang Wisatawan Gunung Kelud

Panorama Alam Hingga Mysterious Road Mengundang Wisatawan Gunung Kelud

Panorama Alam Hingga Mysterious Road Mengundang Wisatawan Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung merapi yang berada di Kediri, Jawa Timur. Letaknya kurang lebih 30 Km dari pusat Kota Kediri menuju arah timur. Objek wisata gunung kelud ini memang menjadi salah satu destinasi objek wisata gunung berapi yang sangat indah di Jawa Timur. Keadaan Gunung Kelud pasca meletus, adanya sumber air panas serta mysterious road menarik banyak pengunjung untuk melihat langsung pesonanya.

Foto: kerling.wordpress.com

Foto: kerling.wordpress.com

OBJEK WISATA GUNUNG KELUD

Gunung Kelud kini menjadi obyek wisata Kabupaten Kediri dengan pesona atraksi utama kubah lava. Kubah lava dapat Anda lihat dari gardu pandang yang berada di Puncak Gajah Mungkur. Pada malam akhir pekan, pemandangan kubah lava akan semakin menarik karena adanya lampu warna-warni yang menyala. Selain bisa menikmati atraksi kubah lava, Anda juga dapat menikmati pemandian air panas, flying fox, wisata malam anak gunung Kelud, sunrise di Puncak Gajah Mungkur dan panjat tebing di puncak Sumbing.

gkelud

tebing

LOKASI & RUTE PERJALANAN MENUJU GUNUNG KELUD

Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota  Kediri.

-Rute atau jalur yang bisa digunakan untuk anda yang berasal dari Jombang, Mojokerto dan sekitarnya.

Ambil arah ke Pare Kediri melalui Ngoro Jombang, lalu lurus dan ikuti jalan menuju Plosoklaten, saat tiba di kantor Polsek Plosoklaten Belok kiri arah ke Wates, dipasar Wates ikuti jalan searah dan ambil kiri menuju Kecamatan Ngancar Kediri, lurus dan ikuti jalan saja anda akan segera sampai di lokasi wisata Gunung Kelud.



-Rute atau jalur untuk Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.

Ambil arah ke Jombang, saat di Mojoagung (depan Polsek Mojoagung/Pasar Mojoagung) belok kiri arah ke Mojowarno, belok kanan saat tiba di depan RSK Mojowarno menuju Cukir, ikuti jalan hingga sampai di pabrik gula lalu belok kiri dan ikuti jalan menuju Ngoro, dari Ngoro ambil kanan arah ke Pare Kediri melalui Ngoro Jombang, lalu lurus dan ikuti jalan menuju Plosoklaten, saat tiba di kantor Polsek Plosoklaten Belok kiri arah ke Wates, dipasar Wates ikuti jalan searah dan ambil kiri menuju Kecamatan Ngancar Kediri, lurus dan ikuti jalan saja anda akan segera sampai di lokasi wisata Gunung Kelud.

Ketika sampai di Objek Wisata Gunung Kelud Anda akan menjumpai banyak warung makan. Dari area parkiran jika Anda ingin menuju anak gunung, Anda harus melewati terowongan kurang lebih 150 meter yang dilengkapi lampu disepanjang jalannya. setelah melewati terowongan, Anda kan berjalan lagi sekitar 10 menit untuk sampai di anak gunung dan menikmati pemandangannya yang sangat indah dan eksotis. Jalan berliku yang cukup mulus dan sempit, dengan pemandangan ladang, lembah, ngarai, air terjun tinggi di kejauhan, perbukitan, pegunungan hijau biru dan perkebunan nanas di sepanjang jalan membuat perjalanan anda semakin menyenangkan.

terowongan-kelud-kediri-indonesia1152_12988586231-tpfil02aw-14654

Foto: tripwow.tripadvisor.com

MYSTERIOUS ROAD

Jalan menuju Gunung Kelud kurang lebih 100 meter, jalan ini mirip dengan Jabal Magnet di Arab Saudi. Tapi hanya kendaraan roda 4 saja yang bisa merasakannya. Caranya, mobil dibiarkan dalam kondisi menyala tapi pada posisi persneling netral, mobil akan maju meskipun jalannya menanjak. Setelah melewati jalan misterius tersebut, Anda akan sampai di area parkir yang ramai dengan sepeda motor maupun mobil. Area parkirnya sangat luas dan semakin lengkap dengan adanya warung-warung makanan di tepinya.

Foto: xplorewisata.com

Foto: xplorewisata.com

PEMANDIAN AIR PANAS

Setelah menikmati indahnya pemandangan kubah lava, belum lengkap rasanya kalau Anda belum merasakan sumber air panas yang berada di bawah Gunung Kelud. Yang perlu Anda siapkan adalah fisik yang prima karena untuk menuju pemandian Anda harus menuruni anak tangga yang cukup banyak dan menguras tenaga. Tapi, semua itu akan terbayar setelah Anda merasakan hangatnya air yang bersumber dari kawah Gunung Kelud itu.

air-panas-g-kelud

Foto: jawikediri.wordpress.com

Foto: jawikediri.wordpress.com

FLYING FOX & ATV

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui kantor Pariwisata dan Seni Budaya (Parsenibud) menambah permainan di kawasan wisata yang menjadi icon wisata Kabupaten Kediri yaitu Gantungan Luncur atau dalam istilah outbond sering disebut Flying FoxAll Train Vehicle (ATV) dengan jalur ini adalah jenis kendaraan dengan kemudi seperti sepeda motor tetapi memiliki roda empat dirancang sebagai kendaraan offroad.  Dua permainan terakhir adalah permainan yang bernuansa petualangan. Cocok dengan kawasan wisata gunung Kelud yang memang memiliki bentang alam cukup menantang.

flying-fox

Foto: indonesia-tourism.com

Foto: indonesia-tourism.com

HARGA TIKET MASUK KAWASAN GUNUNG KELUD

Untuk memasuki kawasan objek wisata Gunung Kelud, pengunjung dikenakan tarif sebesar 8.000 Rupiah pada hari biasa dan 10.000 Rupiah pada hari libur. Sedangkan untuk tarif masuk kendaraan motor sebesar 1.000 Rupiah dan 2.000 Rupiah untuk mobil.

PENGINAPAN

Jika Anda ingin menginap, di kawasan Gunung Kelud ada banyak penginapan berupa guest house yang bisa Anda jumpai di Desa Kepung, Kecamatan Ngancar. Untuk tarifnya sekitar 100.000 Rupiah hingga 150.000 Rupiah. Ada juga sebuah aula besar yang biasanya digunakan untuk menginap bagi pengunjung yang memiliki budget terbatas.




TIPS WISATA GUNUNG KELUD

-Jalan menuju Gunung Kelud berkelok-kelok dan cukup curam. Sebaiknya bunyikan klakson setiap akan melalui tikungan untuk memberitahu pengendara lain dari arah berlawanan.

-Sebaiknya pakai pakaian tebal, syal dan penutup kepala karena suhu udara di kawasan Gunung Kelud berkisar antara 5 hingga 20 derajat Celcius. Siapkan juga sandal gunung atau sepatu ringan agar nyaman saat mendaki anak tangga.

Fasilitas wisata di Gunung Kelud juga sangat memadai. Mulai dari tempat parkir, warung makanan, tempat istirahat, toilet musholla, ada disini. Sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan bersama keluarga.

 

Selamat berwisata…

 






 

Support by Auto Travel Software. Adalah Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour&Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Dan juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan Mudah, Otomatis dan Akurat.