Home / Indonesia / House Of Sampoerna Surabaya-Menengok Rumah Rokok Dji Sam Soe

House Of Sampoerna Surabaya-Menengok Rumah Rokok Dji Sam Soe

House of Sampoerna merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya berupa museum dengan bangunan bersejarah dan pabrik tradisional pengolahan tembakau. Memiliki arsitektur bangunan bergaya Belanda dan tiang depan unik berbentuk rokok. House of Sampoerna merupakan museum yang dikelola dan dilestarikan negara dengan aktifitas produksi rokok yang masih berjalan hingga sekarang. Museum House of Sampoerna mempunyai beragam koleksi alat pengolah tembakau, foto keluaga, berbagai jenis pematik, replika kios, alat-alat musik, dan lain-lain. Selain itu kita juga dapat membeli souvenir dan melihat proses pembuatan rokok Dji Sam Soe di lantai 2 House of Sampoerna. Di pabrik ini semua proses pembuatan rokok masih menggunakan alat-alat tradisional dan dikerjakan oleh karyawan rata-rata wanita dengan hasil 300 batang per jam.

k__095440_house_of_sampoerna_depan

House of Sampoerna ini mempunyai 4 bagian ruang sesuai fungsinya masing-masing. Ada auditorium utama, bagian produksi di belakang auditorium dan dua bangunan lebih kecil di sebelah barat berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga. Samping bangunan, sedangkan bangunan di sebelah timur telah diubah menjadi tempat untuk umum seperti sebuah kafe, kios dan galeri seni. Auditorium pusat yang asli sekarang menjadi sebuah museum. Namun pabrik untuk produksi rokok Dji Sam Soe masih dilaksanakan di belakang kompleks.

Foto: jenitadarmento.wordpress.com

Foto: jenitadarmento.wordpress.com

2

Foto: shantynovi.com

P_20160705_102405

Di sini kita dapat melihat proses pengolahan tembakau sampai menjadi rokok mulai dari pelintingan tembakau, pemotongan batang rokok, mengemas ke dalam bungkus dan bahkan sampai pengemasan ke dalam dus. Kita akan melihat aktifitas para karyawan yang sedang mengerjakan tugasnya.

3201789137_fe39f9b790_b

Foto: sekarjagad.co.id

Lokasi House of Sampoerna sangat strategis tepatnya berada di pusat Kota Surabaya. Mudah ditempuh dengan berbagai macam kendaraan. House of Sampoerna setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Selain bisa menikmati salah satu bangunan bersejarah, proses pengolahan tembakau dan juga bisa menambah wawasan pengetahuan. Tempat wisata ini cocok untuk wisata bersama keluarga, teman maupun rombongan wisata.

Foto: ihsanbaca.wordpress.com

Foto: ihsanbaca.wordpress.com

Di sekitar kawasan museum ini sudah terdapat banyak fasilitas yang semakin memanjakan pengunjung mulai dari warung makan, toko souvenir sampai hotel. House of Sampoerna juga menyediakan fasilitas keliling Surabaya secara gratis yang dikenal dengan Surabaya Heritage Track. Kita bisa menggunakan fasilitas bus ini untuk berkeliling Surabaya. Namun, SHT ini hanya beroperasi pada waktu-waktu tertentu, pukul 09.00-10.00 WIB, pikul 13.00-14.00 WIB dan pukul 15.00-16.00 WIB. Jadi, jika kita ingin menikmati sensasi SHT pastikan datang tepat waktu.

foto-0007

 

Lokasi: Jalan Taman Sampoerna No.6, Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya

Jam Buka: 09.00-22.00 WIB

HTM: gratis

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat