Iklan Gratis
Home / Jawa / DIY Yogyakarta / HUTAN MANGROVE KULON PROGO

HUTAN MANGROVE KULON PROGO

Hutan Mangrove ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1989 namun, baru akhir-akhir ini hutan ini menjadi sasaran wisata.

20160429_143632

Hutan bakau yang beada di pinggir perairan Pantai Mendit ini menarik banyak wisatawan karena di sini kita bisa berjalan diantara pepohonan yang asri dan sejuk. Di sela-sela hutan terdapat jalan setapak yang terbuat dari bambu untuk melintasi hutan ini.

Selain itu di sini juga terdapat jembatan api-api yang paling populer dan digemari wisatawan untuk berfoto. Bicara tentang foto, hutan ini mempunyai banyak spot foto yang sangat menarik.

jempatan-api-api-hutan-mangrove

Hutan Mangrove Pasir Mendit ini menjadi salah satu wisata baru di Kulon Progo yang menjadi primadona karena nuansa baru wisata pantainya yang indah. Selain itu, kita juga dapat belajar bagaimana cara melestarikan pantai dari abrasi terutama dengan hutan mangrove.

Untuk mendapatkan suasan yang pas saat berwisata, sebaiknya mengunjungi hutan mangrove Pasir Mendit di waktu pagi atau sore hari karena kita akan melihat keindahan matahari saat itu di sela-sela hutan maupun di tengah pantai.

mangrove-sunset

Hutan Mangrove Kulon Progo ini dari Jogja cukup jauh letaknya sekitar 60 km dari pusat kota. Meski demikian, untuk menuju Hutan Mangrove kita melalui jalur utama yaitu dari Jogja mengambil jalur arah jalan Wates lurus hingga sampai di patung kuda (Nyi Ageng Serang) di persimpangan ambil arah Purworejo. Ikuti jalur utama sampai melewati Terminal Wates, dari situ sekitar 10 km akan menemukan Rumah Makan Padang yang cukup besar (Murah Meriah). Setelah melalui rumah makan tersebut akan ada persimpangan berbentuk huruf Y, lalu ambil arah kiri dan lurus terus sampai bertemu dengan jembatan Congot. Setelah melewati jembatan, sekitar 100 meter dari situ ada papan penunjuk Dusun Pasir Mendit, maka masuk ke gang tersebut dan Hutan Mangrove sudah dekat karena memang berada tepat di barat sungai. Dari situ sudah banyak plang penunjuk arah ke Hutan Mangrove Pasir Mendit.

image14

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove dan Akomodasi

Harga tiket masuk HUtan Mangrove Kuln Progo ini juga relatif murah hanya Rp. 3.000 per orang dan parkir Rp. 2.000/motor serta Rp. 5.000/mobil.

Untuk penginapan, kita bisa menyewanya dengan harga yang cukup terjangkau namun, berada agak jauh dari hutan mangrove. Dan untuk kuliner di sekitar hutan ini tidak ada, maka sebelum masuk ke hutan sebaiknya membeli di warung sepanjang jalan menuju Hutan Mangrove.

Lokasi Hutan Mangrove

Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta

 

Selamat berwisata.

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*