Home / Kalimantan / ISTANA KUNING – KOTAWARINGIN BARAT – KALIMANTAN TENGAH

ISTANA KUNING – KOTAWARINGIN BARAT – KALIMANTAN TENGAH

Istana Kuning merupakan obyek wisata bersejarah yang menceritakan mengenai perkembangan kerajaan di Kalimantan dan juga sebagai salah satu saksi penyebaran Agama Islam di daerah ini.

wpid-cool-picture284-jpg

Lokasi Istana Kuning

Istana ini memiliki letak yang sangat strategis karena berada di pusat kota, tepatnya berada di Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Selatan.

Istana Kuning

Istana Kuning adalah istana kedua yang didirikan di Kalimantan Tengah setelah Istana Al Mursari di Kotawaringin Lama. Istana yang merupakan kebanggaan sejarah dan budaya Islam di Kalimantan Tengah ini didirikan oleh Pangeran ke-9 dari Kerajaan Kutaringin yang bernama Imanudin, beliau menjabat sejak tahun 1811 – 1841.

istana-kuning

Pada tahun 1986 di dalam istana pernah terjadi kebakaran, dikarenakan bangunannya yang terbuat dari kayu sehingga membuat Istana Kuning seluruhnya habis terbakar. Oleh Pemerintah Kabupaten kemudian memugar dan membangun kembali Istana ini pada tahun 2.000 yang bertujuan sebagai sarana pariwisata dan mengakrabkan istana dengan masyarakat setempat.

Pesona Istana Kuning

Sesampai di Tempat wisata ini ternyata kita akan melihat sebuah bangunan yang sangat bertolak belakang dengan namanya yaitu Istana Kuning, tentunya pemikiran kita akan melihat bangunan yang memiliki corak mayoritas berwarna kuning. Kenyataannya Istana ini merupakan bangunan rumah panggung yang seluruhnya didominasi dari bahan kayu ulin, biasanya kayu tersebut dipakai pada bangunan-bangunan tradisional yang ada di Kalimantan Tengah. Ternyata warna kuning merupakan warna keramat bagi masyarakat Kotawaringin. Bahan kayu ulin yang dipakai di Istana ini tidak di cat dan dibiarkan alami berwarna kecokelatan.

dsc_0226

dsc_0222

Memasuki kawasan Istana Kuning kita akan melihat tiang bendera yang tinggi di halaman istana dan dibagian bawahnya dibalut kain berwarna kuning serta diberi pagar. Untuk memasuki Istana kita akan menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu menuju pintu masuk Istana. Di dalam Istana kita akan melihat ruangan yang besar dan luas, sedangkan peninggalan bersejarah dari Istana yang terdapat di ruangan ini hanya sedikit yaitu berupa lukisan raja-raja yang berderet rapi di salah satu pojok ruangan dan juga terdapat kereta kuda, sepasang patung pengantin, payung jaman dahulu dan batik berwarna kuning.

raja2

g48609_large

Mengelilingi sekitar Istana kita akan merasakan suguhan keindahan lingkungan istana yang bersejarah ini. Pada bagian belakang Istana kita akan menemukan Taman Keraton Indah Sari yang tertata dengan rapi dan apik serta ditengah-tengahnya terdapat sebuah tugu yang menambah kesan indah taman ini.

istanakuning_pangkalanbuun

 

Selain taman di belakang Istana terdapat juga rumah yang ditinggali oleh keluarga dan kerabat keturunan kerajaan, kita dapat meminta mereka untuk menjadi pemandu dalam berwisata di tempat ini. Pemandu tersebut dapat menjadi salah satu nara sumber kita dalam mengetahui lebih dalam kisah masa lalu Kerajaan Kutaringin.

Akses Menuju Istana Kuning

Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Bandar Udara Iskandar yang terdapat di Kota Pangkalan Bun.

Bila ingin ke tempat ini kita dapat menyewa taksi yang berada di Bandar udara menuju pusat kota Pangkalan Bun yang hanya berjarak sekitar 10 Km.

wpid-cool-picture290-jpg

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Kota Pangkalan Bun banyak terdapat hotel dan penginapan sederhana, mulai dari kelas berbintang sampai dengan kelas melati.

Selepas berkeliling dan berwisata sejarah di tempat ini, selanjutnya kita dapat menuju ke obyek wisata lain yang juga terdapat di Kota Pangkalan Bun yaitu Monumen Palagan Sambi yang merupakan obyek wisata sejarah di jaman penjajahan Kolonial Belanda.

palagan-sambi

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.