Home / Indonesia / Kampung Naga-Kuatnya Mempertahankan Adat Budaya
Foto: paketwisatamurah.com

Kampung Naga-Kuatnya Mempertahankan Adat Budaya

Kampung Naga yang berada di Tasikmalaya ini merupakan sebuah desa yang masih sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang berlaku dari nenek luhurnya. Terlihat masyarakat di sini tidak mau berubah mengikuti zaman yang modern ini, mereka merasa nyaman dengan hidup apa adanya. Tidak ada kemewahan seperti kehidupan di kota pada umumnya. Kehidupan di sini masih sangat natural dan berpegang teguh pada adat istiadat yang berlaku.

Pesona pemandangannya sangat indah, hamparan sawah yang hijau juga berderet bangunan rumah dengan arsitektur kuno semakin membuat Anda terkagum-kagum.

Foto: kampoengvespaku.blogspot.com

Foto: kampoengvespaku.blogspot.com

Perlu Anda ketahui bahwa di Kampung Naga ini tidak ada listrik, masyarakat menggunakan api sebagai penerangan pada malam hari. Rata-rata masyarakat Kampung Naga beragama Islam namun, karena masih kuat adat istiadatnya mereka masih mempercayai hal-hal gaib. Ada beberapa tempat yang dikeramatkan di kampung tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya masyarakat Kampung Naga bekerja mengolah sawah namun, kini ada beberapa yang memilih menjadi pedagang pernak-pernik khas Kampung Naga.

Foto: updateberita-indo.blogspot.com

Foto: updateberita-indo.blogspot.com

Persaudaraan yang terjalin di Kampung Naga perlu diacungi jempol, mereka hidup rukun dan damai. Selain itu, masyarakatnya juga ramah terhadap pengunjung selama pengunjung tidak melanggar norma kesopanan yang berlaku.

Foto: krisnawatimagdalena.wordpress.com

Foto: krisnawatimagdalena.wordpress.com

Bagi Anda yang hendak berwisata ke Kampung Naga sebaiknya menyewa jasa guide tour karena ada beberapa tempat yang tidak boleh difoto. Ini juga untuk mengantisipasi Anda supaya tidak melanggar norma kesopanan yang berlaku.

Adapun rute untuk menuju kampung wisata yang unik ini, jika Anda dari Jakarta. Tol Jakarta – Cikampek – Tol Purbaleunyi – Gerbang Tol Cileunyi -Nagreg – arah Garut Kota – Cilawu -> Lokasi Kampung Naga.

Dari Tasikmalaya menuju Kampung Naga Anda perlu menempuh jarak sejauh 30 km. Sedangkan, dari Garut Anda perlu menempuh  jarak sekitar 25 km.

Foto: youtube.com

Foto: youtube.com

Alamat Kampung Naga:

Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

 

Selamat Mencoba…

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*