Iklan Gratis
Home / Jawa Timur / Banyuwangi / Kawah Ijen-Pesona Danau Kawah dan Blue Fire
Foto: agenwisatabromo.com

Kawah Ijen-Pesona Danau Kawah dan Blue Fire

Merupakan salah satu kawah gunung berapi di Banyuwangi yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan baik local maupun domestic. Sejak ditetapkannya Gunung Ijen sebagai cagar biosofir oleh UNESCO pada 2016 lalu semakin membuat daya tarik tersendiri. Setiap harinya Kawah Ijen selau ramai pengunjung dan puncak keramaiannya jatuh pada akhir pekan dan hari libur. Bahkan pengunjung bisa mencapai ribuan dalam sehari.

Foto: tempatwisata.com

Foto: tempatwisata.com

Kawah Ijen terletak di atas puncak Gunung Ijen yaitu di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia.

Kawah Ijen yang luasnya mencapai sekitar 2.500 hektar ini di dalamnya juga terdapat hutan wisata dan ketinggian Kawah Ijen mencapai 2.440 mdpl.

Foto: agenwisatabromo.com

Foto: agenwisatabromo.com

Pesona yang ditawarkan oleh Kawah Ijen salah satunya adalah adanya danau kawah di atas gunung, suasana yang dingin, pemandangan yang indah serta perjalanannya yang penuh tantangan. Meski begitu para wisatawan tetap bersikeras untuk mendaki dan menyaksikan betapa indahnya pesona Kawah Ijen tersebut. Bahkan karena keindahannya beberapa wisatawan tidak hanya satu dua kali mendaki Gunung Ijen.

Selain itu pesona yang tak kalah menarik adalah Blue Fire, yang hanya terdapat di 2 negara di dunia ini dan salah satunya ada di Gunung Ijen, Banyuwangi, Indonesia. Api Biru yang muncul ditengah penambangan sulfur. Namun, tidak setiap waktu dapat melihatnya. Hanya pada waktu sore sampai pagi hari saja karena jika pada siang hari maka sinar Blue Fire kalah dengan sinar matahari.

Foto: travel-kompas.com

Foto: travel-kompas.com

Saat memasuki desa setempat, Anda akan dikenakan biaya retribusi Rp3.000,- untuk pengelolaan kawasan desa wisata.

Harga tiket masuk untuk wisatawan local adalah Rp5.000,- pada hari kerja dan Rp7.500,- pada hari libur. Sedangkan untuk wisatawan domestic harga tiket masuk Rp100.000,- pada hari kerja dan Rp150.000,- pada hari libur.

Sebelum melalukan pendakian sejauh 3km dalam waktu tempuh 2-3 jam Anda akan berhenti sebentar di Paltuding untuk membayar tiket masuk. Fasilitas yang tersedia terbilang cukup lengkap ada toilet, musholla, parkir, penginapan dan juga tempat penyewaan perlengkapan mendaki. Bahkan untuk berkemah disini juga terdapat penyewaan tenda dengan harga yang terjangkau.

Foto: telusurindonesia.com

Foto: telusurindonesia.com

Sebagai catatan, apabila Anda membawa video komersial atau snapshot film ada biaya tambahan sebesar Rp10.000.000,-. Untuk Handycam sebesar Rp1.000.000,- dan kamera sebesar Rp250.000,-.

Foto: journeytoindonesia.net

Foto: journeytoindonesia.net

Disepanjang perjalanan menuju Kawah Ijen terdapat beberapa pos peristirahatan dan warung. Anda juga akan menemukan beberapa penambang belerang yang sedang beraktifitas. Dan ada juga penjual kerajinan tangan dari belerang yang sudah membeku.

Foto: chemistry-chemist.com

Foto: chemistry-chemist.com

 

Foto: hipwee.com

Foto: hipwee.com

Rute Perjalanan Menuju Gunung Ijen

Jika Anda dari Banyuwangi untuk mencapai Paltuding (pintu masuk) Kawah Ijen, Anda dapat menempuhnya sejauh 30km sedangkan, jika Anda dari Surabaya Anda akan menempuh jalan yang semakin jauh yaitu 76km.

Selain itu Anda juga dapat menempuhnya dari Bondowoso, rute ini menjadi salah satu rute yang tercepat disepanjang perjalanan menuju Paltuding akan terdapat banyak petunjuk arah yang dapat mengantar Anda sampai ke tujuan.

Tips:

-Pastikan kondisi badan Anda fit karena medan yang harus dilalui bukan medan yang mudah, perlu banyak tenaga dan juga tubuh yang kebal.

-Bawa masker, penutup kepala mata, dan telinga, syal, jeket tebal, sandal gunung karena udaranya sangat dingin disertai hembusan angin bercampur debu dan belerang juga medan yang berupa pasir dan bebatuan dengan kemiringan yang tajam.

-Pastikan Anda mendaki sebelum pukul 14.00 WIB, pada waktu itu jalur pendakian tertutup belerang karena hembusan angin mulai mengarah ke jalur pendakian Kawah Ijen.

-Bawa perlengkapan mendaki juga kebutuhan pangan karena warung disekitar hanya buka pada hari libur saja.

-Usahakan Anda turun gunung sebelum siang hari karena suasana belum begitu panas.

Alamat Gunung Ijen:

Puncak Gunung Ijen, perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia.

Selamat Berwisata..

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat