Home / Indonesia / Jawa Barat / Garut / Kebun Mawar Situhapa Garut-Keindahan Kebun Bunga di Tengah Penginapan

Kebun Mawar Situhapa Garut-Keindahan Kebun Bunga di Tengah Penginapan

Taman bunga, mungkin sudah tidak asing lagi. Objek wisata kebun bunga yang tentunya selain indah juga menjadi wisata edukasi bagi pengunjung. Seperti Taman Bunga Nusantara dan Taman Begonia. Masing-masing menyajikan panorama kebun bunga dengan berbagai fasilitas yang beragam. Lain halnya dengan Kebun Mawar Situhapa Garut, kebun bunga ini sebenarnya bukan  taman bunga yang sengaja dibuat untuk objek wisata. Kebun bunga tersebut merupakan taman yang berada di halaman depan penginapan. Meski di tengah penginapan namun, pesonanya mampu menarik banyak pengunjung. Meski bukan hanya bunga mawar saja yang ditanam namun, karena hamparan kebun didominasi oleh bunga mawar maka dinamakan Kebun Mawar.

Jika menginap di salah satu villa bungalownya tidak akan dikenakan biaya masuk. Hanya cukup membayar sewa penginapan saja. Namun, jika kita hanya ingin mengunjungi taman bunga tanpa menginap kita akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp15.000,- per orang pada hari biasa dan Rp20.000,- per orang pada akhir pekan maupun hari libur. Adapun penginapannya berupa villa bungalow yang dihargai Rp1.000.000,- sampai Rp4.000.000,- dengan fasilitas yang beragam. Tersedia single bed, double bed hingga triple bed. Selain penginapan dan kebun, di dalam kawasan seluas 5 hektar ini juga terdapat cafe, restoran, tempat bermain dan toko souvenir.

Di tengah hamparan bunga yang berwarna-warni kita bisa merasakan udara yang sejuk dengan harum semerbak bunga yang bermekaran. Tampak di kejauhan terlihat Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray yang semakin menambah keindahan panorama alam di atas ketinggian 1.150 mdpl. Perbukitan yang hijau, kebun bunga yang berwarna-warni dibalut dengan langit biru sangat terlihat sangat asri dan menyejukkan mata.

Di dalam Kebun Bunga Situhapa ini terdapat beberapa zona yang masing-masing menyajikan panorama indah yang berbeda. Zona Cana, Zona Azalea, Zona Mawar, Zona Begonia, Zona Tanaman Air dan zona-zona lainnya. Dari berbagai zona yang ada, Zona Mawar adalah zona yang paling besar. Zona ini memiliki lebih dari 500 jenis bunga mawar berduri. Penataan zona dibuat semenarik mungkin, bunga yang tumbuh dibuatkan kerangka sehingga, begitu bunga mulai berkembang kerangka akan tertutupi bunga dan menjadi bentuk yang indah. Berbagai macam bunga dapat kita temukan di sini mulai dari bunga sepatu, bunga bougenville, bunga soka,bunga begonia, bunga mawar, bunga melati hingga kaktus.

Adapun waktu yang tepat untuk berwisata ke Taman Bunga Situhapa adalah pada musim kering sekitar bulan Juni sampai Juli. Pada musim inilah bunga akan bermekaran dan kita bisa menikmati keindahannya yang langka.

Di salah satu sudut kebun, kita akan menemukan green maze atau labirin hijau. Dalam labirin ini terdapat banyak jebakan sehingga, akan sangat menyenangkan jika kita masuk dan menyusuri labirin untuk mencari jalan keluar. Kita juga bisa mengambil foto diantara labirin dengan background hijau yang menawan. Setelah puas menikmati pesona dan panorama kebun bunga, kita bisa melepas lelah di cafe atau restoran yang ada di kawasan kebun. Ada berbagai macam makanan, cemilan dan minuman yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp15.000,- sampai Rp40.000,-.

Kebun Bunga Situhapa ini berada di jalur Kawah Kamojang, strategis dan mudah dijangkau dari berbagai penjuru. Dari Garut berjarak 60 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan. Dari Derajat Pass berjarak 16 km atau sekitar 35 menit perjalanan. Dan dari Sampireun sektar 1,5 km dengan waktu tempuh 5 menit. Saat menuju lokasi, sebaiknya membawa kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan karena akses transportasi menuju Kebun Bunga Situhapa masih sangat minim.

 

 

HTM pada 13 April 2017:

-Hari Biasa: Rp15.000,- per orang

-Hari Libur: Rp20.000,-

Kuliner: Rp15.000.- sampai Rp40.000,-

Penginapan: Rp1.000.000,- sampai Rp4.000.000,-

 

Lokasi: Kebun Bunga Situhapa, Garut

Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44161, Indonesia

Jam Buka: 09.00-17.00 WIB

 

Rute Menuju Taman Bunga Situhapa:

-Dari Kab. Garut Jabar (60 km 2,5 jam)>Kabupaten Garut>Marga Mulya>Neglasari>Jl. Garut – Pameungpeuk/Jl. Raya Cisompet>Ciparay>Cipang Ramatan>Jl. Amblas>Jl. Cikajang>Alun-Alun Barat/Jalan Raya Garut – Cikajang>Jalan Raya Garut – Cikajang/Jalur Kereta Api Garut – Cikajang>Jl. Raya Simpang – Samarang>Jl. Raya Samarang>Jl. Ps. Samarang/Lengkong Kaler>Jl. Raya Kamojang>Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya.

-Dari Darajat Pass (16 km 30 menit)>Jl. Puncak Darajat>Jl. Pasirwangi>Jl. Pasirwangi/Sirnajaya>Jl. Raya Panunjuk/Jl. Raya Samarang/Jl. Raya Simpang – Samarang>Jl. Ps. Samarang/Lengkong Kaler>Jl. Raya Kamojang>Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat