Iklan Gratis
Home / Jawa / DIY Yogyakarta / KETEP PASS-MENIKMATI PANORAMA GUNUNG MERAPI LEBIH DEKAT TANPA HARUS MENDAKI

KETEP PASS-MENIKMATI PANORAMA GUNUNG MERAPI LEBIH DEKAT TANPA HARUS MENDAKI

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang aktif di Indonesia. Gunung Merapi akan meletus setiap 2-5 tahun sekali. Meski begitu masih banyak pemukiman penduduk yang didirikan disekitarnya. Bahkan kini semakin, menjamur lantaran banyaknya wisata yang mulai bermunculan di sekitar kawasan Gunung Merapi. Salah satu wisata tersebut adalah Ketep Pass yang berada tepat di sebelah Barat Gunung Merapi. Ketep Pas berada di Kawasan Wisata Solo-Selo-Borobudur (SSB) yang diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri pada tahun 2002.

Foto: travelsia.com

Foto: travelsia.com

Dari Ketep Pass kita bisa melihat panorama Gunung Merapi lebih dekat tanpa harus mendaki gunung tersebut. Berada di atas ketinggian 1.200 mdpl sehingga suhunya terasa dingin. Bukan hanya pemandangan Gunung Merapi saja yang indah namun, sisekitarnya nampak juga hamparan hutan hijau dan pemukiman warga yang terlihat dari Ketep Pass. Selain itu di Ketep Pass kita juga bisa mengunjungi Museum Vulkanologi. Menikmati suasan dengan berbagai fasilitas dan perlengkapan yang disediakan seperti teropong, gardu pandang, gazebo, bioskop mini dan pelataran pancaarga.

KETEPPASS

ketep-pass-magelang

Foto: bakpiamutiarajogja.com

Selain Gunung Merapi kita juga bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, gunung-gunung kecil yang ada di Jogja sekitarnya dan perbukitan yang menghampar luas. Terlebih lagi jika kita bisa menikmati suasana sunrise dan sunset yang mempesona. Dengan panorama alamnya yang indah, Ketep Pass mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Tak heran jika setiap harinya Ketep Pass tidak pernah sepi pengunjung.

dsc00585

ketep-volcano-theatre

Bukan hanya menikmati panorama alam yang indah saja, di sini kita juga bisa menambah wawasan dan menikmati hiburan yang ada. Ketep Pass memang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama kelurga, teman dan pasangan. Tempatnya nyaman dan menyenangkan. Lokasinya strategis karena mudah dijangkau dari arah mana saja.

Foto: magelangpiknikklasik.com

Foto: magelangpiknikklasik.com

Lokasi Ketep Pass berada tepat di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Ketep pass ini berjarak 21 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali, 30 km dari Candi Borobudur, dan 32 km dari Kota Salatiga. Ketep Pass bisa kita capai melalui Kopeng Salatiga maupun melaui Desa Kaponan. Lokasi Ketep Pass mudah dijangkau semua jenis kendaraan baik bus besar, minibus, sedan atau sejenisnya maupun sepeda motor. Sepanjang perjalanan menuju Ketep Pass kita akan disuguhi panorama alam, pedesaan, perkebunan, perbukitan juga gunung-gunung yang berada di sekitarnya.

view_gunung-merapi-dari-ketep-2

Tips saat berwisata ke Ketep Pass:

  1. Bawa pakaian hangat, karena hawanya dingin terlebih di pagi hari dan malam hari.
  2. Bawa bekal makanan dari rumah bila perlu.
  3. Pastikan kondisi kendaraan baik dan bahan bakar mencukupi.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku.
  5. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  6. Waspada dan selalu berhati-hati saat berkendara, terutama pada rute dari Semarang, kita akan melewati dataran tinggi yang curam.

 

Rute menuju Ketep Pass:

-Dari Jogjakarta menuju ke Muntilan, Magelang. Sampai Gulon berbelok ke kanan – Ngadipuro – Senowo – Sawangan – Ketep, waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 jam dengan jarak tempuh lebih dari 40 km.

-Dari Jogjakarta menuju Mungkid belok kanan ke Pagersari – Gondowangi – Ketep sekitar 50 km ditempuh dalam waktu lebih dari 2 jam.

– Dari Surakarta (Solo) menuju Kabupaten Boyolali. Dari Boyolali menju Ketep Pass, Boyolali – Cepogo – Selo – Musuk – Ketep Pass. jaraknya sekitar 35 km bisa ditempuh dalam waktu sekita 45 menit

-Dari Semarang menuju Kota Salatiga. Dari Salatiga melalui Getasan obyek wisata Kopeng – Ngablak – Pakis – Ketep Pass. sekitar 50 km dengan waktu tempuh 1,5 jam.

 

HTM:

-Tiket Masuk Area dan Museum : Rp7.500,-/orang (Rp.500,- Asuransi Pengunjung)

-Tiket Ketep Volcano Theatre : Rp7.000,-/orang

-Tiket Teropong : Rp3.000,-/orang

-Tiket Wisata Mancanegara : US $ 3,-/orang (free all facilitas)

Parkir:

-Parkir Sepeda Motor : Rp2.000,-/unit

-Parkir Mobil : Rp5.000,-/unit

-Parkir Mini Bus : Rp7.000,-/unit

-Parkir Bus Besar: Rp12.000,-/unit

Fasilitas: museum, gardu pandang, bioskop mini, musholla, gazebo, restoran, villa, area parkir, toilet

Foto: erybedur.wordpress.com

Foto: erybedur.wordpress.com

Lokasi Ketep Pass:

Jl. Ketep, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481, Indonesia

Jam Buka: 08.00-17.00 WIB

 

Catatan: HTM, parkir dan fasilitas sewaktu-waktu bisa berubah.

 

Selamat Berwisata…

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat