Iklan Gratis
Home / Indonesia / Kuliner Sukabumi Yang Wajib Dicicipi Kenikmatannya

Kuliner Sukabumi Yang Wajib Dicicipi Kenikmatannya

Kuliner Sukabumi Yang Wajib Dicicipi Kenikmatannya

Sukabumi bukan hanya ramai dikunjungi karena tempat wisata nya yang indah. Wisata kuliner milik Sukabumi juga tak kalah manarik untuk dicoba. Beragam kuliner dari jajanan pasar, nasi hingga kreasi cemilan kekinian semakin mewarnai perkulineran Sukabumi. Rasanya belum lengkap kalau ke Sukabumi hanya mencicipi objek wisatanya, kuliner yang menngoda lidah juga masuk daftar antrian yang harus disinggahi. Berikut ada beberapa pilihan kuliner yang bisa Anda coba:

 

1. Piscok Cakra

Piscok Cakra adalah salah satu jajanan berbahan dasar pisang yang dipadukan bersama coklat dan dilapisi dengan tepung. Teksturnya yang renyah juga isiannya yang manis langsung lumer di mulut. Berbeda dengan piscok pada umumnya, Piscok Cakra mempunyai ciri khas pada topping yang melimpah. Dalam memberi topping susu, parutan keju dan coklat Piscok Cakra begitu berani sehingga jadilah hasil kreasi yang memikat wisatawan.

abowlofclover.com

Lokasi: Tiara Toserba, Jl. Jend. A Yani, Cikole, Nyomplong, Warudoyong, Nyomplong, Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43111 Indonesia

Jam Buka: 09.00-22.00

Harga: 8 ribuan

 

2. Bandros Atta

Bandros adalah sejenis jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras, santan dan parutan kelapa. Teksturnya yang lembut dengan creamy nya santan membuat lidah enggan berhenti mengunyah. Banyak penjual bandros bertebaran di Sukabumi, namun yang paling banyak menarik perhatian hanya Bandros Atta.

Lokasi: Jl. Gudang, Kebonjati, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43113 Indonesia

Jam Buka: 20.00-05.00

 

3. Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam Bunut berbeda dengan bubur-bubur pada umumnya. Jika biasanya bubur tersusun dari  bubur, suwiran ayam, telur, ati ampela, cakwe dan juga kerupuk. Lain halnya dengan Bubur Ayam Bunut yang disajikan bersama risol, tulang ayam maupun kornet. Kelezatan buryam yang pecah di mulut ditambah dengan tekstur crispy kornet dan risol yang makin menambah selera makan. Jika sedang jalan-jalan ke Sukabumi, jangan lupakan tepat yang satu ini untuk disinggahi.

Lokasi: Jalan Siliwangi No.93/131, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43113  Indonesia

Jam Buka: 06.00-22.30

 

4. Mochi Kaswari Lampion

Mochi adalah salah satu jajanan khas Sukabumi yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Hampir sama dengan klepon yang punya tekstur lembut, lengket dan lumer di mulut. Hanya saja, mochi terbuat dari tepung beras ketan yang didalamnya diberi isian berupa kacang dan ditaburi tepung. Kini, mochi makin banyak muncul dengan kreasinya yang beragam. Ada mochi dengan isi keju, coklat dengan taburan oreo, meises, parutan keju, wijen dan juga bubuk kacang. Untuk mencicipi Mochi kaswari Lampion ini cukup dengan membayar seharga 30 ribuan per kotaknya.

Lokasi: Jl Bhayangkara & Gg. Kaswari, No.19, Cikole, Selabatu, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43114 Indonesia

Jam Buka: 08.00-21.00

Harga: 30an

 

5. Roti Priangan

Roti Priangan dalah salah satu roti resep tradisional yang kini mulai dikresikan dengan beragam isian. Pada mulanya Roti Priangan yang mempunyai bentuk seperti tanduk atau tapal kuda ini berisi susu dan mentega. Kini Anda bisa menemukan berbagai macam kreasi Roti Priangan dengan isi coklat, keju, stroberi dan juga kismis. Lembutnya roti dengan manisnya isian selalu menarik untuk dicoba terutama saat berada di Sukabumi. Roti Pringan yang paling banyak dicari adalah Roti Priangan Oey Tjang Lie, kedai legendaris yang berdiri sejak tahun 1943. Selain di pabriknya, Roti Priangan juga biasa dijual keliling oleh pedagang dengan memakai tittle “Oey Tjang Lie”.

Lokasi: Roti Priangan Jalan Parigi No 31, Sukabumi, Jawa Barat.

Jam Buka: mulai jam 12.00

Harga: roti kecil 3 ribuan, roti tawar 8 ribuan

 

6. Surabi

Surabi adalah jajanan tradisional berbahan dasar tepung beras, santan dan parutan kelapa. Teksturnya yang lembut dan creamy menarik untuk dicicipi lengkap dengan aroma bakar yang menggoda. Surabi bisa Anda temukan di mana saja namun, di Sukabumi Anda akan menemukan surabi kekinian dengan berbagai kreasi unik. Surabi dipadukan dengan keju, coklat, oncom, telur, sosis, durian dan juga es krim. Meski begitu Anda masih bisa memesan surabi original jika menginginkannya. Satu porsi surabi dibanderol dengan harga 10 ribuan.

sportunism.id

Lokasi: Jalan Gunungparang, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Harga: 10 ribuan

 

7. Kue Jahe

Kue jahe, kue tradisional yang terbuat dari parutan jahe dan gula. Kue jahe mempunyai rasa yang manis berpadu dengan hangat jahe yang khas. Kue jahe sangat cocok dinikmati saat berada di daerah dingin seperti Sukabumi. Kue jahe sudah ada sejak zaman Belanda, hingga sekarang kue jahe bisa Anda temukan disetiap pusat oleh-oleh di sepanjang jalanan Sukabumi.

 

8. Sagon Bakar

Sagon adalah sejenis jajanan kering yang berasal dari tepung beras ketan, gula dan parutan kelapa. Sagon biasa diolah masak dengan cara dibakar sehingga sering disebut Sagon Bakar. Tekstur renyah dengan aroma bakar yang khas membuat daya tarik tersendiri bagi jajanan tradisional ini. Sebagai oleh-oleh yang mudah ditemukan di Sukabumi, Anda bisa mendapatkan Sagon Bakar di toko oleh-oleh.

 

9. Nasi Uduk Warna-warni

Nasi uduk adalah nasi yang dimasak bersama santan, biasa disajikan bersama orek tempe, telur/ayam, bihun, sambal dan kerupuk. Di Sukabumi nasi uduk mempunyai kreasi yang unik, nasi uduk berwarna ungu. Nasi nyentrik ini tersaji di tempat makan Mamih Ungu. Sama seperti komponen nasi uduk pada umumnya, hanya saja nasi uduk yang disajikan berwarna ungu. Warna ungu didapatkan dari sari ubi/buah bit sehingga aman untuk dikonsumsi dan juga bergizi. Selain warna ungu, juga terdapat nasi uduk hijau dengan pewarna dari cabai hijau.

Lokasi: Jl. Brawijaya No. 16, Sriwidari, Gunung Puyuh, Sriwidari, Gn. Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat 12160 Indonesia

Jam Buka: 10.00-22.00

Harga 20 ribuan

 

10. Nasi Tutug

Nasi tutug adalah nasi putih yang dicampur dengan oncom goreng atau oncom bakar. Selain itu, nasi tutug juga dicampur dengan beras merah dan disajikan bersama ayam goreng, tahu/tempe, lalapan, sambal dan juga kerupuk. Nasi tutug banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, salah satunya adalah Sukabumi.

 

 

Selamat mencoba…

 

 

 






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*