Iklan Gratis
Home / Indonesia / Kuliner Surabaya Yang Wajib Anda Cicipi Kelezatannya

Kuliner Surabaya Yang Wajib Anda Cicipi Kelezatannya

Kuliner Surabaya Yang Wajib Anda Cicipi Kelezatannya

Jalan-jalan di Surabaya belum lengkap kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Banyak jenis kuliner yang disajikan baik dalam warung maupun restoran yang mengusung makanan lokal Surabaya. Tiap kelezatannya akan memanjakan lidah Anda. Dari rasa manis hingga pedas dapat Anda nikmati dalam berbagai varian yang menggoda. Berikut ada beberapa kuliner khas Surabaya yang wajib Anda cicipi kelezatannya:

 

1.Lontong Balap

Lontong Balap adalah salah satu makanan khas Jawa Timur. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan disajikan dengan tambahan tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal yang kemudian disiram dengan kuah kaldu.Tak jarang juga penjual menambahkan sate kerang dan kerupuk untuk meningkatkan selera. Lontong Balap merupakan jenis jajanan yang mengenyangkan. Mempunyai rasa asin, gurih, pedas dan manis yang khas pada kuahnya. Sangat cocok bila dinikmati bersama es kelapa muda maupun teh hangat.

Lontong balap bisa Anda temukan di sepanjang jalanan Surabaya baik dengan gerobak dorong maupun restoran. Harganya pun juga terjangkau, cukup membayar 10-15 ribu rupiah per porsinya untuk menikmati kelezatan Lontong Balap langsung di kota asalnya.

ncepsuroboyo.com

 

2. Rujak Cingur

Sama seperti halnya Lontong Balap, Rujak Cingur adalah makanan khas Surabaya. Rujak Cingur terdiri dari irisan mulut/moncong sapi, mentimun, krai (mentimun khas Jawa Timur), mangga muda, nanas, bengkoang, kedondong dan juga irisan lontong, tahu tempe, bendoyo (mentimun rebus), taoge, kangkung, dan kacang panjang. Kemudian semua bahan yang telah tersusun disiram dengan bumbu saus petis udang.

Nama Cingur berasal dari sebutan moncong/mulut sapi. Rujak Cingur juga disebut dengan rujak ulek karena bumbunya dibuat dengan cara diulek. Setiap penjual menyajikan Rujak Cingur dengan kreasi masing-masing, ada yang menyajikan dalam bentuk matang atau mentah. Satu porsi Rujak Cingur dijual dengan harga 20-30 ribu rupiah.

travelingyuk.com

 

3. Tahu Campur

Tahu Campur adalah kulinerkhas Surabaya yang terbuat dari sop daging sapi yang disajikan dengan tahu goreng, perkedel singkong, taoge, selada air, mi kuning, kerupuk udang kemudian disiram bumbu petis, ditaburi bawang goreng dan ditambahkan sambel.

Tahu Campur bisa Anda temukan diberbagai tempat di sepanjang jalan Kota Surabaya. Masing-masing disajikan dengan sajian yang beragam. Untuk menikmati kelezatan Tahu Campur Anda cukup membayar satu porsinya 10-20 ribu.

pengusahasukses.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*