Home / Indonesia / MARIBAYA-BANDUNG
Foto: infowisata.com

MARIBAYA-BANDUNG

air-terjun-maribaya-bandung

Maribaya adalah obyek wisata alam yang didalamnya terdapat pemandian air panas beserta air terjun yang cukup indah dan alami.

Foto: proyectotondales.com

Foto: proyectotondales.com

Dahulu kala ada seseorang yang bernama Eyang Raksa Dinata yang memiliki anak bernama Maribaya. Maribaya ini adalah seorang wanita cantik yang banyak disukai oleh para pemuda di desa tempat Maribaya tinggal. Karena kecantikannya banyak pemuda yang sampai cekcok sehingga sering pula terjadi pertumpahan darah hanya untuk memperebutkan hati Maribaya.

Foto: indahpurnamasarihidayat.wordpress.com

Foto: indahpurnamasarihidayat.wordpress.com

Pada tahun 1835 Eyang Raksa Dinata menemukan sebuah lokasi air terjun yang memiliki air panas, oleh Ayah Maribaya tempat ini kemudian dijadikan sebuah tempat untuk mengobati beberapa penyakit kulit. Lama kelamaan tempat ini banyak dikunjungi oleh penduduk desa di sekitar tempat itu, perlahan keluarga Maribaya yang tadinya dari keluarga kurang mampu kini menjadi keluarga yang berkecukupan dari hasil pengelolaan pemandian air panas yang juga bernama Maribaya ini.

dsc00036

Akses Menuju Maribaya

Untuk menuju lokasi Maribaya ini diperlukan waktu sekitar 3 jam dari kota Jakarta, atau memerlukan perjalanan sekitar 4 Km dari pusat kota Lembang. Obyek wisata Maribaya ini memiliki tempat yang cukup luas yaitu sekitar 6 Ha.

Foto: phribandungbarat.com

Foto: phribandungbarat.com

Bila kita ingin ke tempat ini kita dapat melakukannya dengan menaiki kendaraan roda 4 atau roda 2, kita dapat menyusuri jalan ke arah utara kota Bandung, selama dalam perjalanan kita akan melewati pemandangan perbukitan dengan suasana alam yang cukup sejuk. Namun bila kita ingin menikmati langsung pemandangan alam sambil trekking kita dapat berjalan kaki melalui Hutan Raya Juanda di Dago Pakar – Bandung, jarak yang ditempuh sekitar 6 Km atau sekitar 2 jam perjalanan melalui jalan kecil dan lembah sungai.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Akomodasi

Untuk masuk ke Maribaya kita harus membeli tiket masuk terlebih dahulu, adapun harga tiketnya yaitu Rp35.000,- dan untuk biaya parkir motor Rp5.000,- untuk parkir mobil Rp10.000,-. Maribaya buka dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Foto: infowisata.com

Foto: infowisata.com

Maribaya adalah sebuah tempat wisata yang memiliki pemandian air panas yang mengalir di beberapa curug yaitu curug Cigulung, Curug Cikoleang dan Curug Cikawari. Curug-curug ini berada di sekitar tempat ini dengan ketinggian hanya sekitar 3 meter. Cukup banyak pengunjung yang bermain dan bercengkerama di curug ini karena suasana alamnya yang indah disertai suara gemericik air yang menambah suasana semakin alamiah ditambah dengan tempatnya yang cukup aman. Untuk menikmati curug ini kita juga tidak harus berbasah-basahan karena di sini terdapat sebuah jembatan yang posisinya berada tepat di atas aliran air terjun tersebut, sehingga sambil menikmati pemandangannya kita juga dapat langsung mengabadikannya melalui kamera.

Foto: tempat berwisata.com

Foto: tempat berwisata.com

Selain curug, di tempat wisata ini juga memiliki pemandian kolam air panas belerang. Bagi anak-anak disediakan arena bermain serta kolam air dingin, dan juga terdapat sarana berkuda yang dapat kita sewa.

Untuk keluarga atau rombongan dapat menikmati suasana Maribaya yang sejuk serta rindangnya pohon di Taman yang telah disediakan oleh pengelola, disamping itu kita juga dapat menyewa tikar yang dijajakan oleh beberapa anak kecil yang ada di sekitar taman. Anak kecil tersebut dapat juga kita minta bantuannya untuk memesankan makanan yang dijual pada warung-warung yang ada di dekat Taman tersebut.

Sedangkan untuk ibu-ibu, di tempat wisata ini juga terdapat kios-kios yang menjual berbagai aneka tanaman sekedar souvenir atau oleh-oleh. Tanaman yang paling banyak dijual yaitu Tanaman Kaktus dengan bentuknya yang kecil dan unik.

Cukup banyak pengunjung yang berwisata ke tempat ini apalagi bila di hari libur, jadi jangan lupa untuk menyempatkan waktu ke Maribaya yang memiliki pemandangan indah nan elok.

 

Lokasi Maribaya

Obyek wisata ini berada di daerah Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Selain Maribaya, tidak jauh dari sini terdapat juga sebuah obyek wisata yang sama dengan Maribaya yaitu obyek wisata Pemandian Sari Ater.

Foto: sebandung.com

Foto: sebandung.com

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*