Iklan Gratis
Home / Jawa Tengah / Demak / Masjid Agung Demak-Masjid-nya Walisongo, Penyebar Agama Islam Di Tanah Jawa

Masjid Agung Demak-Masjid-nya Walisongo, Penyebar Agama Islam Di Tanah Jawa

Masjid Agung Demak dulu merupakan tempat beribadah para Walisongo saat menyiarkan agama Islam di tlatah Jawa. Masjid Agung juga merupakan masjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini telah beberapa kali direnovasi namun penyangga/ saka masih tetap utuh tersimapan di Museum Masjid Agung Demak. Konon, salah satu saka merupakan buatan Walisongo yang dibuat dari serpihan kayu. Itulah mengapa dinamakan saka tatal.

masjid-agung-demak

Masjid Agung Demak dibangun oleh Raden Patah (raja pertama Kesultanan Demak) bersama para Walisongo pada abad ke-15 M. Pembangunan masjid tersebut hanya dikerjakan dalam waktu semalam saja.

Atap Masjid Agung Demak mempunyai empat tiang kayu raksasa yang kokoh dibuat oleh empat wali Wali Songo. Saka sebelah tenggara adalah buatan Sunan Ampel, sebelah barat daya buatan Sunan Gunung Jati, sebelah barat laut buatan Sunan Bonang, sedang sebelah timur laut merupakan sumbangan Sunan Kalijaga.

p_20150711_122034-fileminimizer

Masjid ini mempunyai simbol bulus didalamnya juga berbagai ukiran tulisan Arab. Dan di depan masjid terdapat menara yang tinggi, dulu menara tersebut digunakan untuk mengumandangkan adzan.

20150423_1024351

Masjid Agung Demak, bangunan dengan arsitektur Jawa yang masih menggunakan atap berbentuk limas. Terdapat bangunan utama dengan serambinya yang cukup luas.

p1090277

Disekitar lokasi masjid juga terdapat beberapa makam para pejuang Islam terdahulu, terdapat kolam wudhu di luar masjid. Selain itu juga terdapat Museum Masjid Agung Demak untuk mengetahui sejarah perkembangan masjid tersebut. Bahkan di museum tersebut Anda juga dapat melihat beberapa kayu bekas bangunan Masjid Agung Demak pada zaman dahulu.

makan-sultan-demak-liputan6

situs-kolam-wudlu-masjid-agung-demakmuseum

38

Masjid ini mampu menampung sekitar 500 jamaah. Mempunyai tempat kecil yang khusus untuk iman dan pemimbaran. Ada juga tempat kecil khusus untuk berkhalwat.

491cec64e90498c7aa93196446d2924f

Bagi Anda yang berwisata ke Jawa Tengah khususnya Demak, jangan lewatkan untuk beribadah di masjid yang penuh sejarah ini.

Lokasi Masjid Agung Demak:

Kampung Kauman, Kel. Bintoro, Kec. Demak, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59511, Indonesia

maxresdefault

Selamat Beribadah..

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat