Home / Jawa / DIY Yogyakarta / Masjid Kremlin An Nurumi Yogyakarta-Masjid dengan Kubah Warna-Warni Ala Kremlin Rusia

Masjid Kremlin An Nurumi Yogyakarta-Masjid dengan Kubah Warna-Warni Ala Kremlin Rusia

Masjid Kremlin An Nurumi Yogyakarta-Masjid dengan Kubah Warna-Warni Ala Kremlin Rusia

Kremlin, Moscow, Rusia identik dengan bnagunan yang berwarna-warni, arsitektur dengan gaya seni yang bernilai tinggi. Kita tidak perlu ke Rusia untuk melihatnya, Indonesia tepatnya di Yogyakarta terdapat masjid dengan gaya bangunan Kremlin yang tak kalah menawan. Masjid Nurumi berada di Yogyakarta tepatnya di JL. Raya Yogya – Solo‎, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman.

Masjid An Nurumi benar-benar mirip dengan masjid yang ada di Kremlin, Rusia. Mempunyai kubah berwarna-warni yang sangat indah dipandang. Perpaduan warna yang cocok membuat kubah tersebut semakin menyala jika terpapar sinar lampu di malam hari. Keunikan kubah tersebut mampu memikat banyak pengunjung dari berbagai kota.



Masjid An Nurumi merupakan masjid yang dibangun oleh Hj. Umi Nur Salim pada 7 Agustus 2005. Pembangunan masjid selesai pada tahun 2007 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 9 Agustus 2007.Arseitekturnya yang mengusung gaya Kremlin membuat masjid ini dijuluki sebagai Masjid Kremlin.

Penggunaan arsitektur bergaya Kremlin bermula dari cerita perjalanan umroh Hj. Umi Nur Salim. Kala itu, beliau sedang dalam perjalanan umroh bersama ibunya yang bernama Hj. Nur Endarti. Di Eropa Timur, mereka singgah di Kremlin, Moscow, Rusia. Melihat bangunan dengan desain warna-warni serta mempunyai nilai seni yang tinggi membuat Hj. Umi Nur Salim terkagum. Kekagumannya hingga membawanya kepada ujar yang kini menjadi kenyataan. Beliau berujar hendak membangun masjid serupa dengan arsitektur bangunan yang da di Kremlin jika diberi rezeki, diberi izin dan diridhoi oleh Allah.

Tidak hanya desain eksteriornya saja yang memukau, desain interiornya juga pantas diacungi jempol. Masjid An Nurumi mempunyai 9 kubah berwarna-warni. Satu kubah setinggi 26 meter dan 8 kubah setinggi 20 meter. 9 kubah berpaku pada Walisongo, penyebar agama Islam di wilayah Jawa yang ajarannya masih terjaga hingga saat ini. Interior Masjid An Nurumi dipenuhi dengan goresan kaligrafi ayat suci Al-Qur’an. Terutama di bagian dalam kubah tertulis kaligrafi Asmaul Husna dengan corak yang berwarna-warni juga.

Foto: anishidayah.com

Kremlin Jogja

Masjid An Nurumi tidak begitu besar cukup menampung jamaah sebanyak 200 orang. Fasilitas dan kenyamanannya terjaga dengan baik. Keunikannya mampu menarik banyak pengunjung tidak hanya dari Indonesia saja. Bahkan juga banyak musafir asal Turki, Eropa, Arab, Malaysia dan Rusia yang singgah membuktikan kebenaran keberadaan Masjid An Nurumi.




Masjid An Nurumi berada di pinggir jalan raya, strategis dan mudah dijangkau karena berada di jalur Jogja-Solo. Kita bisa menemempuhnya dari pusat kota Yogyakarta sejauh 16 km atau sekitar 30 menit perjalanan. Meski tidak begitu besar namun, kubahnya yang unik terlihat dari kejauhan. Sehingga, akan mengundang rasa penasaran para pengendara yang melintas.

 

Lokasi: Masjid An Nurumi,

JL. Raya Yogya – Solo‎, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571, Indonesia

Rute:

-Dari Yogyakarta (16 km, 30 menit)>Jl. Samirono>Jl. Bawuran>Jl. Sitimulyo Segoroyoso>Jl. Sampaan – Berbah>Jl. Raya Berbah>Jl. Berbah – Prambanan>Jl. Berbah – Kalasan>Jl. Raya Solo>JL. Raya Yogya – Solo‎, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman.

 

 

Selamat Beribadah…

 




 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat