Home / Jawa / Banten / Masjid Pintu Seribu Masjid Agung Nurul Yakin Tangerang Banten-Asyiknya Menyusuri Pintu Seribu Dengan Lorong Labirin

Masjid Pintu Seribu Masjid Agung Nurul Yakin Tangerang Banten-Asyiknya Menyusuri Pintu Seribu Dengan Lorong Labirin

Semarang mempunyai Lawang Sewu yang merupakan bangunan bersejarah yang menjadi salah satu ikonik wisata. Tangerang juga mempunyai bnagunan serupa dengan Lawang Sewu, hanya saja bangunan lawang sewu yang ada di Tangerang merupakan bangunan masjid klasik dengan desain arsitektur yang unik. Masjid tersebut masih terjaga dan terawat hingga sekarang. Bahkan seiringĀ  berkembangnya zaman, masjid tersebut bangunannya semakin bertambah. Hingga kini, masjid tersebut masih mampu menarik perhatian masyarakat untuk mengunjungi tempat ibadah yang satu ini.

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Islam. Di Indonesia banyak berdiri bangunan masjid dengan berbagai macam arsitektur dari yang klasik sampai yang unik. Meskipun mempunyai arsitektur yang indah namun, tetap saja masjid digunakan sebagai tempat untuk beribadah. Keunikan-keunikan yang ada hanya sebagai daya tarik wisatawan agar tidak melulu berwisata dengan alam, karena wisata religi pun sebenarnya juga tak kalah seru dan banyak manfaatnya. Seperti Masjid Pintu Seribu Tangerang.

maxresdefault

Memasuki kawasan masjid bergaya klasik sederhana ini, kita akan bertanya-tanya. Dan setelah kita masuk melalui salah satu pintu dan menyusuri lorongnya, baru semua pertanyaan kita akan terjawab. Kita tidak akan menyangka dengan apa yang kita temukan di dalamnya. Aura religi yang sangat kuat masih terpatri di dalam masjid ini meskipun banyak pengunjung yang datang. Di halaman kecilnya terdapat pohon palem tepat berada di depan masjid. Nampak terlihat bangunan masjid yang menjulang tinggi tanpa kubah. Dan nampaknya masjid ini selalu ditambah bangunan lagi di atasnya.

2015614162319

Seperti namanya, masjid yang berdiri dia atas tanah seluas 1 hektar ini memang mempunyai banyak pintu sehingga, kita bisa masuk dari arah mana saja. Masjid Pintu Seribu atau Masjid Agung Nurul Yakin ini mempunyai arsitektur bangunan yang berbeda dengan masjid pada umumnya. Selain mempunyai banyak pintu yang bisa di lalui, masjid ini ternyata juga tidak berkubah. Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang akan terus bertambah ke depannya nanti. Masjid ini mempunyai lorong layaknya labirin yang setiap ujungnya terdapat ruangan bersekat seluas 4 meter yang digunakan sebagai mushola. Di sini kita tidak perlu khawatir, karena di setiap ujung lorong akan ada petunjuk arah yang jelas.

Uniknya mushola-mushola tersebut mempunyai nama yang berbeda setiap ruangnya. Ada Mushola Fathulqorib, Mushola Tanbihul-Alqofilin, Mushola Durojatun Annasikin,Mushola Safinatu-Jannah, Mushola Fatimah, dan Mushola Ratu Ayu. Selain itu di Masjid Pintu Seribu juga terdapat ruangan khusus yang biasa digunakan untuk beribadah, dzikir bersama dan kegiatan spiritual lainnya. Ruangan ini sangat tersembunyi, untuk masuk ke dalamnya kita harus melalui lorong gelap dan sempit. Lorong ini bagai ruang bawah tanah, gelap dan hanya cukup untuk jalan satu orang, itu pun harus menundukkan kepala agar tidak terkena atap.

69PINTI-SERIBU-LORONG-MASUK

Di ruangan yang sangat terasa aura spiritualnya ini terdapat mimbar, bedug tua dan kentongan kayu. Pencahayaan yang kurang terang karena hanya dengan lampu seadanya. Tempatnya tidak begitu luas sehingga, jika terlalu banyak orang yang berada di dalamnya bisa menyebabkan pengap. Dan di sisi kiri ruangan ini juga terdapat makam putra pendiri masjid yang sering diziarahi oleh masyarakat. Berada di ruangan yang satu ini, kita akan merasa sepi dan sunyi. Itulah mengapa ruangan ini digunakan untuk kegiatan spiritual karena tempatnya mampu membawa kita dalam keheningan. Membawa kita lebih dekat kepada Sang Pencipta, membuat kita lupa akan segala yang terjadi di dunia.

Masjid ini dibangun pada tahun 1960 oleh Al Faqir Mahdi. Bangunannya terkesan klasik dan unik hasil dari beberapa perpaduan desain arsitektur yang ada saat itu. Beberapa sisi tampak seperti desain arsitekur Baroque namun, dibeberapa sisi lain seperti desain arsitektur Aztek dan Maya. Meski begitu bangunan masjid ini tetap terlihat unik dan menarik dengan guratan tulisan Arab yang semakin memberi kesan religi mendalam. Bangunan masjid ini begitu kokoh dan anggun dengan kesederhanaannya.

IMG_582820160619203346-2-masjid-pintu-1000-nurul-yaqin-003-isn

Selain mempunyai seribu pintu, lorong labirin dan ruang spiritual, masjid ini juga mempunyai tasbih kayu raksasa. 1 butir tasbih berdiameter 10 cm dengan tulisan Asmaul Husna. Tasbih tersebut berjumlah 99 butir yang masih terjaga dan terawat dengan baik. Setelah puas menikmati suasana yang ada di dalam. Kemudian kita bisa keluar dari berbagai pintu. Di luar akan tampak sebuah pohon palem yang berada tepat di depan bangunan masjid. Di bawah masjid terdapat lorong jalan yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk berlalu lalang.

WKPniH0MZv1452314548

Meski berada di kedalaman namun, masjid ini mudah dijangkau dari berbagai penjuru. Akses jalannya juga bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Masjid ini berada di Bayur Periuk Jaya, Periuk, Periuk Jaya, Tangerang, Banten. Perjalanan bisa kita tempuh dari Jakarta maupun dari Banten.

 

 

Lokasi:Masjid Pintu Seribu

Bayur Periuk Jaya, Periuk, Periuk Jaya, Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15131, Indonesia

Rute:

-Dari Jakarta>Jl. Sultan Agung>Jl. Galunggung>Jl. Jenderal Sudirman>Jl. Jend. Gatot Subroto>Jakarta Inner Ring Road/Jl. Tol Cawang Grogol/Jl. Tol S. Parman>Kb. Jeruk/Jkt – Tangerang/Tangerang-Merak>Jl. Pantura/Jl. Tol Jakarta-Tangerang/Jl. Tol Merak – Jkt>Access Tol Jakarta-Merak>Jl. M. H. Thamrin>Jl. Perintis Kemerdekaan>Jl. Kalipasir Indah>Jl. Raya Merdeka (rambu Pasar Baru/Cimone)>Jl. Otista Raya>Jl. Ks. Tubun (rambu Jakarta/Tangerang Kota>Jl. Ks. Tubun (rambu Sewan/Teluknaga)>Jl. Raden Kasman>Jl. Raya Bayur>Masjid Pintu Seribu, Bayur Periuk Jaya, Periuk, Periuk Jaya, Tangerang.

-Dari Banten>Suminta/Cikeper>Jl. Raya Sempay – Cileles>Jl. Raya Rangkasbitung Pandeglang>Jl. Raya Petir>Jl. Raya Warunggunung>Jl. Raya Wr. Gn.>Jl. KH. Abdul Kabier>Jl. Raya Petir Serang>Jl. Ciruas – Petir/Jl. Ciruas-Walantaka>Jl. Raya Jkt/Jl. Raya Serang/Jl. Raya Serang – Jkt>Jl. Pantura/Jl. Tol Merak – Jkt/Jl. Tol Tangerang – Merak>Access Tol Jakarta-Merak>Jl. M. H. Thamrin>Jl. Perintis Kemerdekaan>Jl. Kalipasir Indah>Jl. Raya Merdeka (rambu Pasar Baru/Cimone)>Jl. Otista Raya>Jl. Ks. Tubun (rambu Jakarta/Tangerang Kota>Jl. Ks. Tubun (rambu Sewan/Teluknaga)>Jl. Raden Kasman>Jl. Raya Bayur>Masjid Pintu Seribu, Bayur Periuk Jaya, Periuk, Periuk Jaya, Tangerang.

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat