Iklan Gratis
Home / Indonesia / Menelusuri Fosil Binatang Purba Museum Tambaksari Ciamis
Jpeg

Menelusuri Fosil Binatang Purba Museum Tambaksari Ciamis

Menelusuri Fosil Binatang Purba Museum Tambaksari Ciamis

Tambaksari merupakan salah satu situs dengan kawsan yang berisi geologi dari jaman kuarter  sejak 2 juta tahun yang lalu. Lokasi museum terbentang seluas 961,369 ha yang mencakup beberapa desa di Kecamatan Tambaksari dan Kecamatan Rancah. Kawasan Tambaksari mulai mendapat perhatian sejak J. Van Houten menemukan fosil vertebrata disekitar Rancah pada tahun 1920. Kemudian penelitian dilanjutkan oleh V Es pada tahun 1931, Von Koeningswald pada tahun 1934, dan Hetzel pada tahun 1935.

Situs Tambaksari terletak pada suatu cekungan sedimentasi yang dikenal dengan sebutan Cekungan Cijolang. Menurut Von Koeningswald, fosil vertebrata yang ditemukan di Cijolang menunjukkan fauna dengan ciri fosil Merycopotamus nanus Lydekker. Adapun fosil fauna yang tersimpan di dalam situs Tambaksari meliputi Hipopotamus (Hexaprotodon) simplex atau kudanil, Cervus sp atau rusa, dan stegodon sp (gajah). Fosil-fosil tersebut juga banyak ditemukan di situs Urangkasang, Cisanca, Cicalincing, Cibabut, Cihonje, Ciloa, Cibabut dan Cipasang.

Tenuan yang paling spektakuler di Situs Tambaksari adalah fosil Homo Erectus berupa gigi seri yang ditemukan pada tahun 1999. Fosil ini ditemukan oleh tim gabungan dari Balai Arkeologi Bandung, STTnas Yogyakarta, Laboratorium Geologi Kuarter P3G Bandung, serta University of Tennesse dan Auburn University Amerika Serikat pada saat dilakukan ekskavasi di Tebing Cisanca pada kedalaman 333 cm di bawah permukaan tanah lapisan batu pasir kebiruan.

Dalam rangka penyelamatan dan penyimpanan temuan fosil-fosil itu, maka Pemerintah Kabupaten Ciamis pada awal tahun 2001 membangun sebuah museum yang dinamakan Gedung Penyelamatan Benda Cagar Budaya Tambaksari. Museum ini diharapkan dapat membantu kegiatan  penelitian dan memberikan informasi yang diperlukan pengunjung.  Lokasinya berada di Kampung Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Terletak cukup jauh dari keramaian kota, berada di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*