Iklan Gratis
Home / Jawa / Banten / Mercusuar Anyer-Bermulanya Titik 0 Jalan Anyer Panarukan

Mercusuar Anyer-Bermulanya Titik 0 Jalan Anyer Panarukan

Jalan Anyer-Panarukan, tampaknya sudah tidak asing lagi bagi kita.Mercusuar Anyer-Bermulanya titik 0 Jalan Anyer Panarukan. Jalan tersebut dibuat pada pemerintahan Belanda dengan kerja paksa (rodi). Pembuatan jalan tersebut bermula dari sebuah tempat yang kini menjadi tempat berdirinya mercusuar atau menara suar. Mercusuar berfungsi untuk navigasi pelayaran Selat Sunda. Mercusuar Anyer dikelola penuh oleh Ditjen Hubla (Direktorat Jenderal Perhubungan Laut).

Mercusuar Anyer

Dibangun pada tahun 1806 sebelum dibangun Jalan Anyer. Kemudian, Jalan Anyer dibangun pada tahun 1825. Namun, pada saat gunung meletus tahun 1883 mercusuar anyer hancur. Dan pada tahun 1885 mercusur tersebut dibangun ulang. Tidak jauh dari lokasi utama pembangunan mercusuar yaitu sekitar 500 meter ke arah daratan.



Bekas mercusuar yang lama kemudian diberi tanda berupa tugu nol km. Tugu tersebut tepat berada di tepi pantai. Tugu nol km menandakan dimulainya penghitungan jarak Jalan Anyer. Tugu nol km berupa ikon “titik nol km” dengan replika tangan menggenggam bumi. Dengan tidak melupakan jejak yang ada, sisa bangunan mercusuar yang runtuh juga dijadikan sebagai ikon di dekat titik nol km sekitar 50 meter. Ikon tersebut berupa reruntuhan bangunan berbahan dasar batu bata.

Untuk bangunan mercusuarnya sendiri setinggi sekitar 70 meter. Terdiri dari 18 lantai dengan 256 anak tangga. Di setiap lantai terdapat benda-benda bersejarah yang masih lestari. Terdapat gambar mercusuar yang tersebar di seluruh Indonesia yang berbeda daerah. Terdapat bangunan awal Mercusuar Anyer sebelum runtuh. Mercusuar Anyer mempunyai banyak sejarah di dalamnya namun, pengunjung hanya diperbolehkan sampai di lantai 2 saja. Dari kedua lantai tersebut nampak pemandangan pantai dan laut menghampar luas di depan mata.

Letaknya yang berada di tepi laut membuat suasana di sekitar mercusuar terasa sangat menyejukkan. Meskipun cuaca sedang panas. Deburan ombak memeriahkan suasana pesisir yang tidak begitu ramai. Jajaran warung beratap rumbia menyajikan beraneka ragam kuliner yang siap memanjakan lidah pengunjung. Sambil menikmati kuliner, Anda bisa duduk menghadap ke laut dan menikmati sensasi yang begitu menyejukkan.


Berbagai fasilitas juga sudah tersedia dengan baik. Terdapat banyak penginapan dengan harga yang beragam disekitar mercusuar. Terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam jajanan. Tersedia mushola yang cukup untuk beribadah. Terdapat parkiran yang cukup luas dan juga terdapat toilet berbayar.

 

Untuk sampai di Mercusuar Anyer, Anda bisa menempuhnya dari Anyer sekitar 5 km atau sekitar 30 menit melalui jalur Cilegon.

 

Lokasi: Cikoneng, Anyer, Serang, Banten, Indonesia

HTM: Rp5.000,-






Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*