Iklan Gratis
Home / Jawa Tengah / Demak / Morosari Demak-Objek Wisata Desa Yang Tenggelam

Morosari Demak-Objek Wisata Desa Yang Tenggelam

Objek Wisata Morosari merupakan objek wisata yang berupa pantai, hutan dan kuliner yang berada di satu tempat. Konon katanya tempat tersebut dulu merupakan sebuah kampung kecil namun sejak tahun 1998 sudah mulai terkikis oleh air laut hingga akhirnya kampung tersebut tenggelam. Sebanyak 80 keluarga memilih untuk pindah dan menetap di Purwosari. Namun, ada 7 keluarga yang masih bertahan di kampung tersebut. Mereka mengubah rumahnya menjadi rumah apung dan membuat jembatan dari kayu sebagai penghubung dengan daratan. Meski air laut telah menenggelamkan desa tersebut namun, masih tersisa bangunan yang kini dijadikan sebagai wisata ziarah yaitu Makam Syekh Abdullah Mudzakir, seorang penyebar agama Islam di desa setempat.

Sebelum memasuki kawasan wisata, terlepas dari jalan raya kita akan melalui pertambakan, kampung pesisir dan hutan mangrove. Jika kita ingin menikmati objek wisata Hutan Mangrove yang lebih luas, kita harus naik perahu menuju ke sebrang pantai sekitar 30 menit dengan tarif Rp15.000,- per orang untuk pulang pergi. Disepanjang perjalanan kita akan dimanjakan dengan panorama laut yang membentang dengan pemandangan kampung pesisir yang tampak dari kejauhan serta panorama hutan mangrove yang terlihat semain dekat dengan kita. Begitu kita sampai di Hutan Mangrove, suasana sejuk dengan pemandangan alam yang hijau seolah menuntun kita untuk menyusuri jembatan kayu yang membelah hutan tersebut. Suara burung yang bersahutan semakin menambah riuhnya suasana hutan yang berfungsi mencegah abrasi laut ini. Tak jarang kita juga akan melihat beberapa satwa kecil yang berkeliaran disekitar kita.

Foto: nik300.wordpress.com

Foto: nik300.wordpress.com

Photo0194

Tak terasa lamanya, sampailah kita diujung jembatan sepanjang 280 m ini. Kita bisa kembali dan melanjutkan perjalanan untuk ziarah makam. Kita akan melewati lintasan jembatan kayu sejauh 135 m. Di kawasan makam kita tidak diperbolehkan mengambil foto. Kita harus mematuhi peraturan yang berlaku. Dan karena kawasan tersebut kawasan makam maa, kita dianjurkan untuk tetap berperilau yang sopan. Disepanjang lintasan ini kita bisa melihat puing-puing rumah yang tersisa.

wisata-religi-pantai-morosari-demak

Setelah puas menikmati objek wisata yang ada kemudian kita bisa bersantai melepas lelah sambil menikmati kuliner seafood yang ada di rumah makan apung. Rumah maan apung ini merupakan milik Perusda Anwusa Demak. Warung yang dikenal dengan warung pesisir ini mampu menampung 50-60 orang. Kita bisa menikmati berbagai olahan laut yang lezat dengan harga yang terjangkau, berkisar Rp7.000,- sampai Rp50.000,-.

restoran-apung-pantai-morosari-demak

pantai_morosari_demak

Objek wisata Morosari ini tepatnya berada di Jl. Raya Semarang-Demak KM 9. Kita bisa menempuhnya dari Simpang 5 Semarang sekitar 20 km ke arah Timur menuju ke Alun-Alun Demak. Dari Demak melaju terus sampai bertemu dengan Jembatan Sayung. Dari Jembatan Sayung belok ke kiri sekitar 4 km menuju ke arah utara menuju laut. Adapun akses jalan yang akan kita laluiĀ  sudah baik namun, masih ada beberapa jalan yang berlubang. Selain itu kita juga bisa menempuhnya melalui Jalur Pantura Semarang-Demak sekitar 2,5 km atau sekitar 10 menit.

Meski fasilitasnya sudah perlahan memadai namun, untuk urusan penginapan belum tersedia di kawasan ini. Jia kita ingin menginap kita harus mencarinya ke pusat Kota Demak maupun pusat Kota Semarang untuk mendapatkan pilihan penginapan yang beragam.

 

Tips Saat Berwisata Ke Morosari:

-Jika hendak ziarah makam, pastikan minta izin dahulu.

-Patuhi peraturan yang berlaku.

-Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

-Bawa uang tunai yang cukup, karena objek wisata ini jauh dari ATM.

-Sebaiknya membawa kendaraan pribadi, disarankan motor agar bisa masuk langsung ke kampung pesisir.

 

HTM: Rp5.000,- per orang

Perahu: Rp15.000,- pulang pergi

Membawa Kamera saat ke makam: Rp25.000,-

Parkir: Rp2.000,-

Fasilitas: pos istirahat, parkir luas, kamar mandi, rumah maan terapung, olahraga air, mushola.

Lokasi: Objek Wisata Morosari

Jl. Raya Semarang-Demak KM 9,

Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Selamat Berwisata…

 

 

 

 

Supported by Auto Travel Software
Software Accounting yang dirancang khusus untuk perusahaan Tour & Travel dengan kemampuan dan feature yang memudahkan dalam melaporkan perkembangan bisnis Anda. Juga membantu Anda melakukan pencatatan keuangan dengan mudah, otomatis dan akurat